Local Experiences

Tempat Wisata di Tanjung Selor Bulungan Ada yang Jadi Venue Musik Alam Fest

Wisata di Tanjung Selor

Kalimantan Utara merupakan provinsi yang usianya masih muda di Indonesia. Namun jangan salah sangka. Potensinya pun unggul. Tempat wisata di Tanjung Selor Kota Bulungan memberikan penggambaran bagaimana bagian utara Pulau Borneo ini sungguh memikat hati.

 

Tempat Wisata di Tanjung Selor

Tempat Wisata di Tanjung Selor
Tempat Wisata di Tanjung Selor

Tanjung Selor merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Keindahan alam dan keragaman budayanya menjadi alasan untuk Kawanjo bisa datang. Guna mengeksplorasi dan menjelajahi berbagai sajian tempat menarik di dalamnya. Beberapa diantara destinasi wisata Tanjung Selor Bulungan adalah:

 

  1. Tugu Cinta Damai

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Tugu Cinta Damai
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Tugu Cinta Damai

    Destinasi wisata Bulungan yang wajib dikunjungi adalah sebuah bangunan ikonik di tepi sungai Kayan. Tepatnya ada di alamat Namanya Tugu Cinta Damai, sebuah simbol toleransi dan persatuan antar berbagai etnis yang ada di Kalimantan Utara.

    Tugu ini berdiri megah dengan Ukiran motif Khas  Kalimantan. Terdapat tulisan Tugu Cinta Damai dan di ujungnya ada patung Burung Enggang, Satwa terkenal di pulau Borneo. Dengan bentuknya yang indah, sangat cocok bila digunakan sebagai spot foto instagenic. Apalagi ketika cahaya senja nan syahdu tiba, atau saat malam datang dengan kerlip lampu yang berbinar-binar.

    Baca Juga : Geopark Meratus Kalimantan Selatan Memang Pantas ‘Go Global’ 

  2. Crown Water Sport

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Crown Water Sport
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Crown Water Sport

    Disebut juga sebagai obyek wisata Sungai KM 16, letaknya berada di kilometer 16 Jalan Poros Bulungan – Berau. Pada tahun 2017, Musik Alam Fest dilaksanakan di sini untuk pertama kalinya.

    Crown Water Sport menyuhuhkan keindahan panorama sungai dengan airnya yang jernih. Ditambah dengan pemandangan alam hutan yang masih tampak sangat asri. Terdapat pula air terjun dengan kolam yang cukup dalam. Kawanjo bisa berendam atau berenang, memancing,ataupun melakukan cliff jumping tertinggi dengan hati-hati.

  3. Air Terjun Idaman KM 18

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Air Terjun Idaman KM 18
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Air Terjun Idaman KM 18

    Nama ini diberikan karena letaknya yang berada di kilometer 18 Jalan Poros Bulungan- Berau. Lingkungannya sangat asri dengan hawa sejuk. Sebab masih banyaknya pepohonan di sekitar air terjun. Kawanjo bisa mendapatkan madu asli dari hutan sini.

    Air terjun Kilometer 18 memiliki tiga buah air terjun. Ketinggiannya masing-masing adalah 10 meter, 3,5 meter, dan 1,5 meter. Air yang turun tampak segar dan jernih. Membuat siapa yang menyaksikan jadi bahagia. Dengan pemandangan yang indah nan alami serta hawa yang sejuk dan suasana tenang. Pas sekali untuk menepi dari gemuruh kesibukan sehari-hari.

    Baca Juga : Camping di Kampung Bambu Tandilang Kalimantan Selatan dan Aktivitas Menarik Lainnya 

  4. Taman Tepian

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Taman Tepian
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Taman Tepian

    Taman Tepian merupakan wisata di Tanjung Selor Bulungan yang wajib didatangi. Lokasinya berada di Jalan Katamso, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Tepatnya berada di tepian Sungai Kayan. Karena buka 24 jam, Kawanjo bisa memilih waktu sore hari untuk menikmati pemandangan sungai dan bersantai di sini.

    Jangan mengkhawatirkan ketidaknyamanan. Sebab di sini ada banyak tempat duduk atau gazebo. Lebih nikmat lagi bila sambil menikmati kuliner dari pedagang kaki lima di tempat khusus yang disediakan. Selain tempat bersantai, taman ini juga memiliki taman bermain untuk anak-anak. Ada juga jogging track bagi yang ingin berlari atau berjalan santai sambil menikmati pemandangan.

  5. Kulteka

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Kulteka
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Kulteka

    Puas berkeliling, saatnya mengisi perut yang keroncongan. Bila sudah di Tanjung Selor, pilihan paling tepat adalah menuju ke Kulteka alias Kuliner Tepi Kayan. Lokasinya berada di Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Pusat penjualan makanan dan minuman ini selalu ramai dikunjungi orang.

    Bagaimana tidak. Sudah lengkap dengan banyak menu pilihan, sensasi yang diberikan sungguh menyenangkan. Yakni bersantap di atas aliran Sungai Kayan. Angin yang berhembus jadi terasa membelai badan. Gemericik air di bawah lantai seolah jadi background irama alam. Perut kenyang, hatipun jadi semakin tenang.

  6. Hutan Kota Bunda Hayati

    Tempat Wisata di Tanjung Selor Hutan Kota Bunda Hayati
    Tempat Wisata di Tanjung Selor Hutan Kota Bunda Hayati

    Waktu paling tepat guna mengunjungi tempat yang satu ini adalah ketika Musik Alam Fest Tanjung Selor berlangsung. Yakni pada tanggal 29 dan 30 September 2023. Pelaksanaan festival ini memang di hutan kota bunda hayati.

    Dengan mengusung tema ‘Kolaboraksi’, tahun ini Musik Alam Fest Tanjung Selor menitik beratkan pada isu lingkungan hidup. Jadi, rangkaian acara tidak melulu penampilan musik serta ragam seni dan budaya. Melainkan juga diskusi dan praktik langsung program penyelamatan lingkungan. Itulah mengapa Musik Alam Fest selalu berbeda dengan pagelaran seni lainnya.

Baca Juga : Budget Cuma 3 Juta Tapi Pengen Jelajah Sumba? Bareng Pigijo Aja!

Hutan kota bunda hayati sendiri merupakan tempat tepat untuk wisata di Tanjung Selor. Di alamat Jalan Sengkawit, Tanjung Selor Hilir, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, sedang dalam proses peralihan status menjadi kebun raya. Harapannya, tempat ini bisa jadi Ikon green city di Bulungan.

 

Wisata di Tanjung Selor Bulungan ternyata benar-benar merepresentasikan keindahan Kalimantan Utara. Mulai dari alam hingga budayanya berhasil memikat hati banyak orang untuk datang dan mengeksplorasi potensi daerahnya.

 

0 comments on “Tempat Wisata di Tanjung Selor Bulungan Ada yang Jadi Venue Musik Alam Fest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.