Desa Wisata Tanah Kuning
Local Experiences

Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan Tempat Tepat Nikmati Akhir Pekan di Pinggir Lautan

Desa wisata Tanah Kuning Bulungan telah tersohor sebagai destinasi liburan akhir pekan

Desa wisata Tanah Kuning Bulungan telah tersohor sebagai destinasi liburan akhir pekan. Terutama bagi mereka penggemar vitamin sea. Ada beragam homestay dengan berbagai harga dan fasilitas, bisa dipilih berdasarkan budget dan keperluan Kawanjo.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya, budaya yang beragam, dan kearifan lokal yang unik. Salah satu contoh dari perpaduan semua aspek ini adalah Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan, sebuah destinasi yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi para wisatawan yang mencari petualangan dan keindahan alam sekaligus ingin memahami lebih dalam tentang budaya setempat

Desa Wisata Tanah Kuning

Desa Wisata Tanah Kuning
Desa Wisata Tanah Kuning

Menjadi bagian dari bumi Bulungan Kalimantan Utara, desa Tanah Kuning memiliki lingkungan indah. Terutama daerah pesisir dan laut lepas. Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, Tanah Kuning menyabet juara harapan kategori Souvenir. Sebuah prestasi yang membanggakan, mengingat desa wisata Tanah Kuning beserta 74 desa lainnya berhasil menyisihkan 3000 lebih pendaftar dalam ajang bergengsi Kemenparekraf ini.

Berbagai potensi membuat desa di tepi laut Sulawesi ini layak sebagai destinasi wisata unggulan. Apalagi lokasinya yang strategis, siap menerima pelancong baik lokal maupun internasional.

Baca Juga : Favorit Peselancar, Pantai Sorake Punya Ombak 15 Meter dengan 5 Tingkat Berbeda

Lokasi Desa Wisata Tanah Kuning

Lokasi Desa Wisata Tanah Kuning
Lokasi Desa Wisata Tanah Kuning

Desa wisata Tanah Kuning berada di Jalan Lappaleng, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Dimana desa ini bisa dicapai dengan dua jalur. Yakni jalur darat dengan titik pemberangkatan dari Tanjung Selor, selama 2 jam. Sementara itu jalur kedua yakni melalui perjalanan air, bila berangkat dari Kota Tarakan. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dengan mengendarai speedboat. 

Desa Tanah Kuning merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal tersebut membuat desa ini memiliki kesempatan besar untuk menjadi objek wisata yang didatangi para tamu baik dari kota lain di Indonesia maupun mancanegara.

Baca Juga : Kalahkan Tacos dan Karaage, Siomay Jadi Jajanan Terenak di Dunia

Daya Tarik Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan

Daya Tarik Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan
Daya Tarik Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan

Selain karena letaknya yang strategis, berada dalam bagian Proyek Strategis Nasional, desa wisata Tanah Kuning juga memiliki beberapa alasan untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah makam keramat yang sudah ditetapkan menjadi cagar alam dan budaya. Kemudian, ada tradisi bernama Mappanre Tassi yang merupakan pesta pantai tahunan, sebagai bentuk rasa syukur atas pemberian Tuhan kepada masyarakat. Khususnya para nelayan.

Letak desa wisata Tanah Kuning yang berada di pesisir juga memiliki banyak pantai menarik. Yang paling terkenal adalah Pantai Tanah Kuning. Memiliki air laut yang bersih dan berwarna kebiruan serta pasir putih di pantai yang luas. Dilengkapi dengan semilir angin dari berbagai pohon yang tumbuh subur. Cobalah datang kala senja terpampang. Pantai Tanah Kuning sekejap akan berubah menjadi lokasi romantis dengan panoramanya yang menarik.

Selain menikmati lukisan Tuhan. Di area pantai wisatawan juga bisa melakukan banyak aktivitas. Mulai dari berolahraga hingga memancing. Jika beruntung, akan terlihat hiu tutul di area Bagan Tancap milik warga. Ohya, penduduk desa yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan juga terkenal ramah. Wisatawan akan dipersilakan mengamati aktivitas warga dalam membuat perahu atau mempersiapkan diri untuk berlayar.

Baca Juga : Trip Andalan, 3 Hari Eksplor Labengki-Sombori Cuma Sejutaan

Bagi penggemar snorkeling, bisa mengamati kegiatan rehabilitasi terumbu karang buatan. Selanjutnya bagi para penggemar kuliner, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi aneka seafood khas Bulungan. Seperti cumi-cumi dan udang asam manis, saus kepiting, ikan bakar, kapah dan akai-akai masak sereh, serta aneka camilan lainnya.

Bila ingin berlama-lama di pinggir pantai, tak perlu ragu memesan homestay di desa wisata Tanah Kuning. Berbagai harga bisa dipilih, lengkap dengan fasilitas dan aneka pelayanan yang diberikan.

Menghabiskan waktu akhir pekan di desa wisata Tanah Kuning adalah keputusan tepat saat berada di Bulungan. Salah satu pemenang ADWI 2023 ini selain memberikan homestay dengan nuansa pinggir pantai, juga memiliki beberapa tempat menarik untuk dikunjungi.

Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan adalah tempat yang cocok bagi kawanjo yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dan mendalam. Ini adalah perpaduan yang harmonis antara keindahan alam dan kearifan lokal yang memukau, membuatnya menjadi salah satu destinasi tersembunyi yang perlu dijelajahi di Indonesia.

0 comments on “Desa Wisata Tanah Kuning Bulungan Tempat Tepat Nikmati Akhir Pekan di Pinggir Lautan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.