banjarmasin sasirangan festival, bsf, banjarmasin,
Local Experiences

Ribuan Warga Antusias Ramaikan Banjarmasin Sasirangan Festival 2023

Event rutin Banjarmasin Sasirangan Festival 2023 banjir antusiasme warga. Yuk, baca artikel ini untuk intip kemeriahannya!

Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai, karena di pinggir kotanya terdapat banyak aliran sungai yang melintas. Banjarmasin merupakan kota terbesar di Kalimantan Selatan. Nah, Kawanjo tahu nggak, kalau di Banjarmasin ada event rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya? Event ini adalah Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang merupakan ajang pelestarian kain sasirangan yang ada di Banjarmasin! Kegiatan BSF ini sendiri telah diselenggarakan dari tahun 2016 lalu dan masih berlanjut sampai di tahun 2023 ini. BSF tahun ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Maret 2023 lalu. 

Pada opening ceremony Banjarmasin Sasirangan Festival ini, Gubernur Kalimantan Selatan, Shabirin Noor atau yang biasa disapa Paman Birin, menyampaikan sebuah apresiasi kepada Pemerintah Kota Banjarmasin yang telah melaksanakan BSF tahun ini. Sambutan tertulis itu disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Husnul Hatimah di Siring 0 KM Banjarmasin pada hari Jum’at, 10 Maret 2023 lalu.

Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ini juga sebagai bentuk bahwa seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman di era modern ini, Banjarmasin tetap bisa mempertahankan kearifan lokalnya. Paman Birin juga menyampaikan bahwa event ini mampu menaikkan pamor kain kebanggaan dari Kalimantan Selatan di kancah nasional hingga mancanegara. Jadi, bisa dibilang kalau Banjarmasin Sasirangan Festival ini berperan penting ya dalam sektor Pariwsata dan Ekonomi Kreatif, karena selain mengeapresiasi kain sasirangan, tetapi pada kegiatan ini memberikan ruang kepada pada perlaku UMKM di sana untuk memperkenalkan eksistensinya.

Baca juga: Fakta Unik Pasar Terapung di Banjarmasin Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

banjarmasin sasirangan festival, bsf, banjarmasin,
Opening Ceremony Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) tahun 2023.
(sumber: wasaka.kalselprov.go.id)

By the way, Kawanjo juga harus tahu kalau Banjarmasin Sasirangan Festival ini juga termasuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023, yang dibentuk Kementrian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 28 Januari lalu, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat launching KEN 2023!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S. Uno menyebutkan 110 event yang lolos kurasi dan salah satunya adalah Banjarmain Sasirangan Festival ini. Pak Menteri juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Banjarmasin Sasirangan Festival ke dalam KEN 2023. Selain itu Menparekraf berharap acara ini dapat memberikan kontribusi dalam memajukan ekonomi nasional demi terbukanya sebuah peluang usaha dan lapangan kerja yang seluas-luasnya, serta dapat memperkenalkan keindahan sungai Kalimantan, agar semakin dikenal dan mendatangkan lebih banyak wisatawan. 

Oiya.. Banjaramasin Sasirangan Festival kemarin mengusung tema “Warna Warni Wastra Nusantara” atau “The Colours of Life”. Acara ini merupakan ruang terbuka bagi Wastra Nusantara (kain tradisional nusantara) dan para pelaku UMKM yang merupakan pengrajin sasirangan lokal dengan menyediakan sebanyak 66 stand. Tak hanya itu, terdapat pula 28 stand untuk Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan, serta 13 stand untuk UMKM food and beverage binaan Kota Banjarmasin.

Baca juga: Kue Khas Banjarmasin yang Dijual di Pasar Terapung, Nyaman Banar!

banjarmasin sasirangan festival, bsf, banjarmasin,
Peserta dari Jember Fashion Carnaval pada Karnaval dan Parade Massal Basasirangan di BSF 2023 (Sumber: foto.tempo.co)

Nah, salah satu hal yang membuat warga sangat antusias untuk datang adalah pameran busana-busana unik di karnaval yang mengekspos budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Untuk rangkaian acaranya di antaranya ada pameran UMKM sasirangan, fashion show sasirangan, carnaval & pawai sasirangan, forum diskusi sasirangan, pemilihan putra dan putri sasirangan, menjelujur massal sasirangan, lomba desain sasirangan, hingga atraksi acil pasar terapung.

banjarmasin sasirangan festival, bsf, banjarmasin,
Panggung di atas tongkang (sungai) 
(sumber: antaranews.com)

Acara Banjarmasin Sasirangan Festival kemarin juga turut dimeriahkan sederet talent asal Banjarmasin, di antaranya ada Tommy Kaganangan, Jef Banjar, Annisa Cahayani, Aria Dinata, Suara Selatan Borneo dan guest star Nasionalnya dihadirkan Ifan Govinda dan Pasha Ungu serta fashion designer Nasional Ariy Arka dan Erdan.

Well, itu dia beberapa fakta tentang Banjarmasin Sasirangan Festival yang berhasil diselenggarakan pada 10-12 Maret lalu. Semoga BSF ini bisa terus rutin diselenggarakan, ya! Siapa tahu kan, tahun depan Kawanjo dan Minjo bisa datang ke Banjarmasin dan merasakan langsung meriahnya event yang luar biasa ini.

Kita patut untuk bangga dan mendukung event-event seperti ini untuk  melestarikan budaya Indonesia. Nah, jadi gimana nih Kawanjo, kalau di daerah kamu ada event rutin apa aja?

By the way, untuk tahu informasi lainnya seputar dunia pariwisata Indonesia, kamu bisa baca PigiBlog yang lain, ya!

Penulis: Juwita Qhalby H.

0 comments on “Ribuan Warga Antusias Ramaikan Banjarmasin Sasirangan Festival 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.