Sanur Village Festival 2022, Momentum Bangkitnya Pariwisata Pulau Dewata
Local Experiences

Sanur Village Festival 2022, Momentum Bangkitnya Pariwisata Pulau Dewata

Sanur Village Festival 2022 dikunjungi 100.000 orang selama 5 hari. Hal ini jadi tanda kebangkitan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali

Fantastis! Dalam lima hari berturut – turut, Sanur Village Festival 2022 dikunjungi 20.000 orang! Angka tersebut diambil dari data jumlah penjualan tiket, yaitu rata – rata 15.000 per hari ditambah dengan jumlah penggratisan masuk untuk anak – anak dan masyarakat Sanur. Hal ini menjadi optimisme baru untuk membangkitkan perekonomian  masyarakat dan wisata di Sanur, Denpasar, Bali.

Salah satu bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ini telah mencapai kali ke-15. Pertama kali diadakan pada tahun 2005, acara tahunan ini terhenti 2 tahun karena pandemi. Sekarang, dengan mengusung tajuk ‘Surya Sewana’ atau ‘Pemujaan Matahari’ , Sanur Festival Village kembali diadakan pada 17 – 21 Agustus 2022. Bertempat di pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali.

Baca juga: Alasan Pelaksanaan G20 di Bali

Menparekraf Sandiaga Uno Buka Sanur Village Festival 2022

Menteri Sandiaga Uno dalam Pembukaan Sanur Village Festival

Gelaran akbar di daerah Sanur ini resmi dimulai setelah menparekraf Sandiaga Uno memberi speech pada upacara pembukaan di tanggal 18 Agustus 2022. Beliau mengungkapkan rasa optimisme bahwa Sanur Village Festival bisa membangkitkan pariwisata dan perekonomian kreatif masyarakat sekitar. 

Selain itu, menteri Sandiaga juga menjelaskan bahwa Sanur Village Festival ke-15 ini merupakan event yang masuk KEN selain 6 acara lainnya di Bali. Berupa Bali Spirit Festival, Ubud Village Jazz Festival, Denpasar Festival, Pesta Kesenian Bali, Penglipuran Village Festival, dan Pemuteran Bay Festival. Setiap acara yang masuk KEN bisa menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Sehingga geliat pariwisata dan perekonomian kreatif bisa terasa.

Terbukti dengan data dari panitia tentang penjualan tiket, kepuasan tenant UMKM yang mengikuti bazar, sampai peningkatan jumlah tamu di penginapan atau hotel di dekat lokasi acara. 

Selanjutnya menteri Sandiaga berharap Sanur Village Festival dapat menghadirkan keunikan tersendiri, sehingga bisa turut berperan dalam mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada Sanur dan sekitarnya.

Ujar beliau, “Pariwisata dan ekonomi kreatif Sanur ini penuh dengan potensi wisata bahari, kuliner, budaya, kriya dan saya harapkan Sanur Village Festival 2022 akan memunculkan keunikan dan kreativitas lokal.” 

Jadwal Sanur Village Festival 2022

Jadwal Sanur Village Festival Tanggal 17-21 Agustus 2022

Sejak tanggal 17 Agustus 2022, Sanur Village Festival ke-15 telah dibuka untuk umum. Stand bazar UMKM sudah terisi, meja kursi untuk menikmati kuliner sudah siap, bahkan panggung utama telah berdiri tegak. Pengunjung bisa menikmati semuanya setiap harinya termasuk terlibat dalam alunan nada musik dari artis yang berpentas.

Setiap harinya ada artis lokal maupun nasional yang menghibur pengunjung. Ada dua panggung yang mereka gunakan secara bergantian setiap sore hingga malam. Yaitu Surya Stage dan Sewana Stage.

Baca juga: Pilihan Paket Wisata Denpasar Bali Hits 2022

Dilansir dari rundown yang dibuat panitia, berikut adalah jadwal music performance sekaligus penampilan atraksi seni budaya:

Rabu, 17 Agustus 2022: 

Ardhito Pramono, Mahalini, Tude & Friends, Gus Teja World Music, Underground Jazz Movement, Melyananda Putu, Bali Drum Holics feat Mamar, Beleganjur Saba Yowana Intaran, Assia Keva, Bread Hot.

Kamis 18 Agustus 2022: 

Gigi, Hydra, The Universe, Alien Child, Underground Jazz Movement. Sajian khusus: Kita Poleng Art Performance.

Jumat, 19 Agustus 2022

Navicula, Pongki Barata, The Overtune, Made Mawut, Soul Food, Tri Brothers, Gustu Mrahmantia Trio, BMTC.

Sabtu, 20 Agustus 2022: 

Crazy Horse feat Balawan-Gus Darmadi & Gus Bas, Gus Agung Gotama-Suci Siren with Friends, Nostress, Nymphea, Old Trao, The Resident. Sajian khusus: body painting dan ice carving.

Minggu, 21 Agustus 2022

Joni Agung & Double T, The Small Axe feat Bobbi Dinar, Jun Bintang & The Strongking, Tjok Bagus & Kawannya, The Jings dan sajian khusus Sanggar Paripurna-Jro Dalang Sidia. Sajian khusus; painting on the spot.

Kegiatan di dalam Sanur Village Festival 2022

Pidato Menteri Sandiaga Uno

Juga dalam pidato pembukaan Sanur Village Festival ke-15, menteri Sandiaga Uno menjelaskan bahwa pagelaran musik dalam sebuah festival memang mampu menarik perhatian. Selain bisa mendatangkan wisatawan, juga turut menyumbang PDB. 

Namun bukan hanya pagelaran musik, ada lagi beberapa kegiatan yang masuk dalam Sanur Village Festival 2022. Yaitu:

Culture Show dan Body Painting 

Penampilan Musik dan Tari Tradisional

Beberapa tarian tradisional ditampilkan di atas panggung Sanur Village Festival 2022. Misal ada tari  Maha Bajra Sandi dan pertunjukan seni Kita Poleng saat pembukaan acara. Sedangkan saat penutupan ada tari kolosal yang dibawakan oleh para seniman setempat.

Yang menarik saat gelaran hari ke-4. Ada agenda body painting. Yaitu melukis di badan model. Seniman yang mengikuti pagelaran seni ini bukan hanya dari Indonesia. Namun juga dari luar negeri. Yaitu dua seniman dari Rusia di antara 13 pelukis lokal. 

Melukis dengan media tubuh model tak bisa sembarangan. Karena untuk menghasilkan karya seni dengan tema semangat matahari terbit ini harus memperhatikan jenis cat alami, supaya tidak merusak kulit. Selain itu juga tentang etika antara pelukis dan modelnya. 

Sanur International Kite Festival 

Sanur International Kite Festival

Aktivitas melayang atau menerbangkan layang-layang menjadi ciri Sanur. Begitu juga yang namanya event lomba layang-layang internasional. Menjadi bagian dari Sanur Village Festival 2022, event ini sukses menarik banyak peserta dari luar negeri.

Tak hanya dari Indonesia, ada banyak peserta pula dari negeri  Australia, Polandia, Jepang dan Filipina. Mereka berusaha menjaga layang-layang berbagai bentuk dan ukuran, tetap bertahan di langit kawasan Pantai Mertasari, Sanur. 

Mulai dari tanggal 11 hingga 14 Agustus 2022, festival ini menyajikan berbagai lomba.  Mulai dari lomba layangan tradisional dan layangan kreasi modern. Ada juga lomba pindekan atau baling-baling, ogoh-ogoh mini, lomba foto, dan lomba tabuh musik pengiring terbangnya layang-layang.

Sanur bazar dan Food Festival 

Sanur Bazar and Food Festival

Bukti kebermanfaatan Sanur Village Festival untuk masyarakat sekitar adalah adanya bazar UMKM dan Food Festival. Panitia menggandeng kira – kira 25-30 stand yang menjual makanan lokal khas Sanur. 

Baca juga: Oleh – oleh Khas Bali , Kuliner yang Wajib dibeli

Selain untuk membantu perekonomian masyarakat, acara ini juga bermanfaat untuk mengenalkan makanan tradisional khas Sanur dan Bali pada umumnya. Seperti olahan ikan laut, tipat cantok, toro-toro, bulung atau rumput laut, dan lain sebagainya. 

Selain mewadahi food heritage, ada pula tenant UMKM yang menjual berbagai produk. Mulai dari fashion dan pernik – perniknya hingga kerajinan tangan hasil kreativitas masyakarat Sanur dan sekitarnya.

Lainnya

Selain acara di atas, ada beberapa agenda penting dan tak kalah menarik. Ada Sanur open golf tournament, yoga, corak plantation, baby turtle release, dan village cycling tour. Kesemuanya berhasil menyedot perhatian dengan bukti banyaknya pengunjung yang menghadiri gelaran Sanur Village Festival ke-15 2022.

Tiket Masuk Sanur Village Festival 2022

Sanur Village Festival 2022 memprioritaskan kenyamanan dalam  area festival. Protokol kesehatan diterapkan, venue ditata sedemikian rupa sehingga memudahkan akses dan membuat pengunjung betah. Menonton konser sambil menyantap hidangan, menyimak seniman berkarya sambil mendengarkan alunan musik. Sungguh perpaduan yang mengasyikkan.

Tak heran bila tiket acara ini laku keras. Tiket yang dibanderol dengan harga Rp. 30.000 ini terjual rata – rata sebanyak 15.000 lembar selama 5 hari. Pembelian dilakukan melalui situs online. Pengunjung tinggal menunjukkan barcode yang didapat setelah pembelian ketika hendak memasuki gerbang Sanur Village Festival.

Kemeriahan Sanur Village Festival membawa harapan baru. Tema ‘Surya Sewana’ mampu menjadi doa dan mantra menyongsong mentari pagi. Sebuah wujud rasa syukur atas bangkitnya kehebatan pariwisata di pulau Dewata.

Untuk melihat destinasi wisata menarik di Bali, yuk cek di sini ya!

0 comments on “Sanur Village Festival 2022, Momentum Bangkitnya Pariwisata Pulau Dewata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.