Jember Fashion Carnaval
Local Experiences

Seistimewa apa Jember Fashion Carnaval tahun ini? 

Dibalik kemegahan karnaval, kostum-kostum yang ditampilkan ternyata mengandung makna mendalam berdasarkan tema yang up to date. Itulah mengapa, Jember Fashion Carnaval terus langgeng dilaksanakan.

Bukan JFC namanya jika menyajikan hal yang biasa saja. Dibalik kemegahan karnaval, kostum-kostum yang ditampilkan ternyata mengandung makna mendalam berdasarkan tema yang up to date. Itulah mengapa, Jember Fashion Carnaval terus langgeng dilaksanakan. Setiap periode selalu ada yang beda dan istimewa. Lalu, tahun ini ada apa ya dalam salah satu Karisma Event Nusantara ini?

Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024

Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024
Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024

Selalu dilaksanakan sekitar akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus, JFC 2024 juga begitu. Tepatnya pada tanggal 2 hingga 4 Agustus 2024. Mulai hari Jumat hingga Minggu, penonton akan memadati lokasi pelaksanaan. Yakni di Central Park yang beralamat di Sawahan Cantian, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tema JFC 2024

Tema dalam karnaval memberikan arah, memudahkan penyampaian pesan budaya atau sosial. Tema juga menjadi kesatuan dalam menentukan segala macam pendukung seperti kostum, tata rias, dan lain sebagainya. Tema yang spesifik juga bisa meningkatkan daya tarik visual dan pengalaman bagi peserta dan penonton.

Setiap tahun selalu berbeda, pemilihan tema Jember Fashion Carnaval 2024 tidak main-main. Selalu ada makna mendalam yang ingin disampaikan. Seperti tahun ini, ‘Algorithm’ menjadi kesatuan yang harus diwujudkan dalam penampilan karnaval. Tagline ‘Beyond Binary of Our Story’ memperkuat keberadaan tema. Dapat diartikan bahwa JFC tahun ini mengangkat cerita tentang perjalanannya sejak awal diadakan hingga sekarang. Di dalamnya terdapat keterhubungan multi komponen di setiap pelaksanaan karnaval. Juga mengangkat tentang keterhubungan multi komponen dalam kehidupan manusia.

Baca Juga: Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah

Defile Jember Fashion Carnaval 2024

Defile Jember Fashion Carnaval 2024
Defile Jember Fashion Carnaval 2024

Guna memaknai tema yang diangkat, ada defile atau sub tema yang ditampilkan dalam karnaval. Pada Jember Fashion Carnaval 2024, total ada sepuluh defile. Masing-masing memiliki pesan mendalam, memberikan penguatan bahwa JFC adalah lebih dari acara fashion show. Namun juga turut mengedukasi masyarakat melalui karya-karya spektakuler. Kesepuluh defile itu adalah Wayang, Catur, Versailles, Media, Climate Change, Zodiac, Betta Fish, Fairy, Jember, dan Rio.

Peserta JFC 2024

Yang tak kalah ditunggu adalah artis atau talent yang turut berlenggok di catwalk sepanjang 3,6 kilometer. Tahun ini Jember Fashion Carnaval menghadirkan artis nasional Raisa dan Tiara Andini. Turut hadir pula para Puteri Indonesia sebagai Stunning Line Up. 

JFC 2024 talent juga terdiri dari para artis dari Jepang. Seperti Namui, grup Finally, Aoi, Houkago Princess,  dancer group Kadokawa Dreams, dan lain-lain.

Tak ketinggalan, JFC Jember 2024 juga menampilkan kreativitas dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka membawakan karakteristik khas daerah dalam seri WACI. Lengkap sudah bukti bahwa tujuan Jember Fashion Carnaval bukan hanya untuk menghibur. Namun juga menyampaikan pesan-pesan kebajikan. Salah satunya adalah menghargai perbedaan dan meyakini bahwa setiap kita adalah istimewa.

Kostum JFC 2024

Jember Fashion Carnaval menjadi inspirasi pelaksanaan karnaval di berbagai daerah. Terutama untuk urusan kostum. Dimana kostum JFC terkenal megah, besar dan tinggi menjulang ke atas. Beratnya mencapai puluhan kilogram.

Pada tahun 2024, ada syarat yang harus dipenuhi. Bahan kostum JFC haruslah dengan proporsi 20 persen dari daur ulang. Jika tidak sesuai secara tegas akan ditolak dan tidak dimasukkan dalam proses penjurian. Dibutuhkan pemikiran dan kreativitas desainer dalam mengolah daur ulang untuk menghasilkan kostum mewah dan bermakna. Adapun unsur daur ulang ini adalah salah satu bentuk kepeduliam JFC untuk lingkungan sekitar.

Baca Juga: Inilah Daftar 110 KEN tahun 2024, Saatnya Budaya Indonesia Sebagai Panggung Dunia

Jadwal JFC 2024

Jadwal JFC 2024
Jadwal JFC 2024

Dalam rangka melestarikan budaya dan memperkuat citra Jember sebagai kota Karnaval, event ini dilaksanakan. Dengan kolaborasi antara seniman, desainer, juga komunitas global, JFC 2024 dilaksanakan sebentar lagi. Berikut adalah jadwal dan rutenya:

  1. World Kids Carnival
    Tanggal 2 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Rutenya Zona A – Sultan Agung – Gajah Mada – (KCM).
  2. WACI & Pets Carnival
    Tanggal 3 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB. Dengan rute di Zona A – Sultan Agung – Gajah Mada – (KCM).
  3. Artwear Carnival
    Tanggal 3 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB. Dengan rute di Zona A (Jl. Sudarman).
  4. Grand Carnival
    Tanggal 4 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB. Dengan rute di Zona A – Sultan Agung – Gajah Mada – Gedung Serbaguna Kaliwates.

 

Yang istimewa, saat gelaran Artwear di malam hari, tahun ini JFC menghadirkan pertunjukan kembang api terbesar yang pernah ada di Indonesia. Sebagai hasil kolaborasi  ahli kembang api tradisional dari Jepang wakinoartfactory dan artis kembang api lokal Indonesia nolimitsfireworks. Jangan lewatkan pertunjukan spektakuler yang akan menerangi langit kota Jember!

Cara Beli Tiket Jember Fashion Carnaval 2024

Jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan event karnaval terbesar di Indonesia ini! Belilah tiket acara Jember Fashion Carnaval 2024  secara online melalui situs resminya. Berikut cara pembelian tiket Jember Fashion Carnaval 2024.

  1. Buka situs https://jemberfashioncarnaval.com/
  2. Klik ‘Get Tickets’ atau ‘Beli Tiket’.
  3. Silakan pilih agenda acara
  4. Pilih jenis tiket yang ingin dibeli
  5. Kemudian, masukkan jumlah pembelian tiket
  6. Isi data diri yang diperlukan
  7. Pilih metode pembayaran tiket
  8. Setelah melakukan pembayaran, tiket Jember Fashion Carnaval 2024 sudah dikantongi.

Harga Tiket JFC 2024 Jember

Satu tiket hanya berlaku untuk satu agenda. Adapun jenis tiket yang bisa dipilih adalah:

  1. Tiket Platinum seharga Rp. 500.000
  2. Tiket Diamond seharga Rp. 350.000
  3. Tiket Gold Grand Carnival seharga Rp. 250.000
  4. Tiket Masuk seharga Rp. 50.000

Perbedaan antara Tiket Masuk, Tiket Platinum, dan Tiket Gold terletak pada fasilitas yang ditawarkan. Tiket Platinum menawarkan tempat duduk utama di panggung utama (runway A), memberikan pengalaman menonton yang terbaik. Tiket Gold, meskipun masih menawarkan pemandangan yang luar biasa, menyediakan tempat duduk di panggung sekunder (runway B).

Sedangkan Tiket Masuk biasa tidak mendapatkan tempat duduk, namun masih memungkinkan penonton untuk menikmati pertunjukan dan hiburan yang menarik.

Side Event JFC 2024

Selain untuk mendongkrak popularitas pariwisata, tujuan JFC juga untuk menggerakkan roda perekonomian. Salah satunya adalah dengan adanya bazar UMKM di sepanjang pelaksanaan karnaval. Pengunjung bisa menjelajahi pasar yang ramai. Banyak pilihan produk dan layanan inovatif dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Mulai dari kerajinan tangan unik hingga makanan jalanan yang menggugah selera.

Jember Fashion Carnaval atau JFC 2024 memang spesial. Ada banyak perbedaan yang istimewa bila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Jadi, tak ada alasan untuk melewatkan event berharga ini!

 

0 comments on “Seistimewa apa Jember Fashion Carnaval tahun ini? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.