Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Local Experiences PigiNews PigiUpdate

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah

Pemerintah kota Jember membuat terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian daerahnya yang sempat melemah karena pandemi. Salah satu caranya adalah memaksimalkan potensi wisata daerah. Karena sebagaimana diketahui, Jember memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dinikmati baik wisatawan lokal maupun internasional.

Setelah dua tahun dalam batasan new normal, kini saatnya ada upaya peningkatan sektor perekonomian di Jember.  Salah satunya adalah dengan terobosan dinas pariwisata Jember pada libur lebaran kali ini. Beberapa wisata Jember gratis biaya masuk. Adapula program kekinian yang berskala nasional hingga internasional.

Jember adalah salah satu kota dalam wilayah tapal kuda di selatan pulau Jawa. Dengan luas 3.306,689 km2, Jember memiliki potensi alam yang menarik. Mulai dari fakta bahwa ada banyak bukit hingga Jember mendapatkan julukan sebagai kota seribu bukit. Kemudian dataran tingginya yang menghasilkan banyak tembakau, kopi, coklat, dan teh. Jember juga berbatasan dengan laut sehingga pas untuk menaikkan potensi wisata pantainya. 

Bicara masalah pariwisata, Jember yang dihuni oleh tiga suku bangsa (Jawa, Madura, Osing) sampai-sampai disebut kota Pendhalungan ini, tengah berusaha menaikkan geliatnya. Beragam obyek wisata baik dari keberagaman kondisi alam maupun wisata budaya sedang didongkrak oleh pemerintah setempat. Tujuan utamanya adalah meningkatkan perekonomian warga, setelah melemah gara-gara pandemi.

1. Jember Festival sebagai Awal

Baru-baru ini, digelarlah Jember Festival (J-Fest) 2022. Yaitu pada tanggal 7 Mei 2022 di Sevendream City, Jl. Slamet Riyadi No.168, Baratan Wetan, Baratan, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. J-Fest ini merupakan pagelaran yang menggabungkan kekayaan musik, kuliner, street art, UMKM, dan CSR di Jember.

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Performa Tulus di J-Fest di Sevendream Jember, 7 Mei 2022 (sumber: instagram @wisatajember)

Lagu ‘Ruang Sendiri’ dibawakan langsung oleh penyanyinya, Tulus, berhasil menarik perhatian kawula muda yang menghadiri acara. Menyusul 9 lagu sisanya diperdengarkan, malam itu penonton yang berada di lokasi J-Fest menjadi bukti semangat warga Jember untuk bergotong royong memajukan daerahnya. Ohya, selain Tulus, tampil juga Pamungkas yang mengajak duet seniman dari Bali dan Jember. 

Selain pertunjukan musik, ada juga bazar produk UMKM di arena acara. Hal ini menunjukkan naiknya geliat industri kreatif kota. Adapun beberapa produk atau jasa yang disuguhkan adalah mulai dari klinik kecantikan, baju, minuman, sepatu, tanaman, obat, hingga booth photo.

Pemkab setempat menyatakan bahwa festival dengan tiket yang dijual jauh hari sebelum pelaksanaan mulai dari harga 200 ribu ini, merupakan awal dari beberapa rencana program peningkatan perekonomian kota. Tepatnya melalui sektor pariwisata dan perekonomian kreatif.

2. Penggratisan empat tujuan wisata pada libur lebaran 2022

Di sisi lain kota Jember, ada empat tempat wisata Jember yang gratis masuk lokasinya. Program inipun sama, bertujuan meningkatkan perekonomian warga sekitar tempat wisata. Syaratnya adalah pengunjung harus ber-KTP Jember dan datang pada jadwal yang ada. Yaitu pada tanggal 4-18 Mei 2022.

Adapun empat wisata gratis di Jember selama libur lebaran adalah: 

2.1 Pantai Watu ulo

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Batu panjang bersisik seperti ular
di Pantai Watu ulo
(sumber: Instagram @wisatajember)

Pantai Watu ulo memiliki landskap berupa lengkungan besar, terbentuk dari garis pantai yang berbelok dari arah timur menuju selatan di ujungnya. Dengan  perbukitan di sekelilingnya dan langit biru berhiaskan awan putih, tercipta lukisan alam yang aduhai. Maka layak banyak yang ingin berkunjung ke sana.

Baca juga: Jaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Selama Traveling

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, keunikan yang juga membuat penasaran pengunjung adalah adanya batu panjang yang mirip ular di sana. Panjangnya lebih dari 100 meter dengan lebar sekitar 4 meter. Batu-batu yang berada di atasnya seolah menjadi sisik ular. 

Itulah mengapa, pantai berpasir hitam ini dinamakan watu ulo. Yang berarti batu seperti ular. Tertarik mengunjungi? Silakan menuju ke kecamatan Ambulu, 37 km dari pusat kota dengan lama tempuh satu jam. Jika hari-hari biasa pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,-, pada libur lebaran ini tak ada pungutan biaya.

2.2 Pantai Papuma

Terpisah dengan sebuah bukit kecil dari pantai Watu ulo, ada satu pantai yang juga menarik untuk dikunjungi. Pantai Papuma sebutannya. Namanya merupakan kepanjangan dari Pasir Putih Malikan.

Ya, walaupun berdekatan, pantai Papuma memiliki pasir putih tidak seperti pantai Watu ulo. Warna pasir ini menjadikan air laut di sekitar pantai nampak jernih kebiruan. Apalagi didukung dengan adanya bukit yang berjejer, pemandangan di pantai ini juga mampu memanjakan mata.

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Ada karang di tengah laut
yang terlihat dari pantai Papuma (sumber: Wikipedia)

Satu keistimewaan lain dari pantai yang berjarak 45 km dari pusat kota dan memakan waktu 1,5 jam ini adalah adanya karang di tengah laut. Pengunjung bisa melihat lebih dekat dengan menaiki perahu tradisional yang disewakan. 

Pada hari biasanya, pengunjung harus membayar Rp. 15.000,- pada hari biasa dan Rp. 17.500,- pada hari libur jika ingin masuk ke pantai ini. Maka ketika tempat wisata pantai Jember ini digratiskan, banyak penduduk Jember yang berbondong-bondong datang ke sana. Sayangnya, dibandingkan tiga tempat wisata gratis lainnya, pantai Papuma hanya sampai tanggal 10 Mei bisa masuk tanpa biaya.

2.3 Puncak Rembangan

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Kolam renang di puncak Rembangan (sumber: instagram @destinasijember)

Bagi yang ingin menepi dari riuhnya kesibukan kota, puncak Rembangan bisa jadi pilihan. Berjarak 10  km dari pusat kota Jember dan memakan waktu kurang lebih 1 jam,  wisata Jember satu ini terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dengan ketinggian 600 km dari permukaan laut, pemandangan kota Jember dinikmati dari atas.

Dulunya, tempat ini merupakan tempat budidaya buah naga. Namun setelah 20 tahun, dianggap tidak produktif, pemkab setempat mengganti dengan budidaya buah kelengkeng super. Namanya Lengkeng Jember Super (Jemsu, dengan daging buah besar namun bijinya kecil. Harapannya, kelak buah jenis ini bisa jadi komoditi khas kota Suwar-suwir ini.

Selain perkebunan, di puncak Rembangan juga terdapat budidaya sapi perah. Susu sapi dari daerah ini sudah tersebar di seluruh area Jember.

2.4 Pemandian Patemon Tanggul

Patemon adalah pemandian alami yang airnya bersumber langsung dari gunung Argopuro. Maka jangan heran jika airnya sangat jernih dan terasa dingin.

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Siap berenang di kolam air alami Patemon (sumber: website pemkab Jember)

Tempat wisata alam ini memiliki empat kolam renang. Kedalamannya berbeda-beda. Sehingga pengunjung bisa menyesuaikan dengan kebutuhan berendam atau berenangnya. Mulai dari yang terdalam adalah 400cm, kemudian yang kedua 130 cm, ketiga 100 cm, dan paling dangkal adalah 50 cm.

Jika ingin ke pemandian ini, cukup ke arah barat pusat kota Jember. Sekitar 32 km atau satu jam, sampailah di Krajan II kecamatan Tanggul. Jika capek berenang, pengunjung juga bisa menikmati suguhan fasilitas lainnya. Seperti taman dan gazebo serta spot foto yang menarik lainnya. 

3. Wisata Jember Terbaru lainnya

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Jember mini zoo siap menunggu (sumber: Instagram @jemberminizoo)

Selain empat tempat wisata di atas, ada wisata Jember terbaru lainnya. Mulai dari wisata alam pantai yaitu Pantai Puger, Teluk Cinta, Pantai Payangan,  Pantai Bandealit, dan  Pulau Nusa Barong. Wisata alam pegunungan dan perkebunan seperti Puncak S89 dan Perkebunan Teh Gunung Gambir. Ada juga wisata air terjun bernama Air Terjun Antrokan, Air Terjun Tancak, Air Terjun Lereng Raung, dan Air Terjun Sumber Salak.

Ada juga wisata Jember dekat stasiun yaitu taman botani Sukorambi dan Jember mini zoo. Untuk wisata Jember kota bisa menuju ke alun-alun dan wisata edukasi Museum Huruf. Ohya, tak hanya museum huruf, ada lagi wisata edukasi di Jember yang bernama Pusat Penelitian Kakao Kebun Renteng dan Galaxy Tempurejo.

Banyak, bukan? Kesemuanya belum termasuk beberapa pusat perbelanjaan yang mengusung konsep wisata dan belanja. Seperti kampung (ala) Jepang dan kampung Korea.

Tak salah menjadikan kota Jember sebagai salah satu kota destinasi wisata di Jawa Timur.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di Surabaya Jawa timur

4. Program Unggulan Selanjutnya

Selain Jember Festival dan penggratisan tempat wisata, upaya Pemkab Jember mendongkrak perekonomian daerah adalah dengan mengadakan program lainnya. Baik nasional maupun internasional.

Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah
Event Internasional
Jember Fashion Carnival
(sumber: Wikipedia)

Yang pertama adalah Jember Fashion Carnival. Event rutin yang menunjukkan kreativitas para desainer dalam menciptakan kostum sesuai tema. JFC ini mampu menjadi magnet untuk menarik perhatian masyarakat nasional dan internasional guna datang ke Jember. Tahun ini rencananya JFC akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Agustus 2022.

Selain JFC ada juga jadwal program lainnya. Seperti Jember Pesta Rakyat yang akan dilaksanakan pada Juli 2022. Jember Ultra Marathon pada 19 – 20 Agustus 2022, J ASN saat Oktober 2022, dan Tax Award di November 2022.

Ke depannya, acara-acara yang menarik minat warga akan diadakan di tingkat kecamatan juga. Harapan pemkab setempat, sekali lagi, program-program di atas mampu menaikkan geliat perekonomian kota.

Pemkab  juga mengajak warga dari luar Jember untuk mengunjungi dan menikmati Jember. Di sana tersedia pesona lengkap, mulai dari sektor pariwisata, kuliner, dan lainnya. 

Jika ingin mendapatkan rekomendasi lengkap tentang pesona wisata di berbagai daerah di Indonesia, simpel aja. Just click it!

0 comments on “Terobosan Wisata Jember Terbaru 2022 untuk Memulihkan Perekonomian Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.