Semarak Festa Raden 2022 di Desa Cisande
PigiNews

Semarak Festa Raden 2022 di Desa Cisande

Peringatan ulang tahun ke-2 Desa Cisande yang menghadirkan banyak gelak tawa dan kehangatan.

Hari Ulang Tahun menjadi momen yang spesial bagi setiap orang. Menjadi hal wajar apabila banyak orang memperingatinya dengan mengadakan acara spesial ataupun perayaan.  Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Desa Cisande, Cicantayan, Sukabumi yang mengadakan Festa Raden sebagai bentuk perayaan ulang tahun Desa Cisande yang ke-2. Festival ini berlangsung selama 2 hari, yakni Minggu dan Senin, 6 dan 7 Februari 2022. Asal nama Festa Raden diambil dari Festival Wisata Kampung Raden.

Baca Juga : Inilah Alasan Desa Wisata Cisande Mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

“Festa Raden 2022 ini berlangsung selama dua hari, yakni Minggu dan Senin, 6 dan 7 Februari 2022. Yang menarik dari kegiatan kali ini adalah dibantu oleh sepuluh orang mahasiswa Vanguard Desa Wisata yang merupakan peserta dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbudristek yang bekerjasama dengan Desa Wisata Nusantara Provinsi Jawa Barat dan travel marketplace Pigijo,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Cisande, Maman Mulyana.

Vanguard Desa Wisata program MKBKM membuat layang-layang dari home industri di Desa Wisata Cisande.
Sumber: radarsukabumi.com

Dalam Festa Raden 2022 yang berlangsung selama dua hari ini, pada hari pertama digelar beberapa perlombaan kaulinan barudak seperti Geubuk Bantal, Lomba Egrang, dan Lomba Layangan. Antusias anak-anak setempat dalam meramaikan lomba pun mengundang gelak tawa dan keasyikan yang menghadirkan kesan hangat kekeluargaan. Lomba ditutup dengan aksi kocak dua finalis Geubuk Bantal, yaitu Ratu dan Fauzi yang mampu bertahan di laga permainan selama belasan menit hingga akhirnya permainan dihentikan dengan Ratu sebagai pemenangnya.

Lomba Geubuk Bantal dalam Festa Raden di Desa Wisata Cisande.
Sumber: radarsukabumi.com

Tak kalah serunya dengan hari pertama, hari kedua yang mana sebagai puncak acara dari pelaksanaan event Festa Raden 2022 ini dimeriahkan oleh beberapa penampilan menarik seperti tari-tarian tradisional, pencak silat, dan yang paling ditunggu oleh warga sekitar adalah penampilan Drumband Oma Opa. 

Drumband Oma Opa di hamparan persawahan Desa Wisata Cisande, Sukabumi.
Sumber: travel.kompas.com

Peserta magang Vanguard Desa Wisata yang collab dengan pemuda setempat juga turut mempersembahkan penampilan Tari Engklak untuk memeriahkan acara Festa Raden 2022. Bahagia sekali rasanya melihat antusias dan apresiasi dari warga sekitar akan pelaksanaan Festa Raden 2022. Nantinya, kata Maman lagi, Festa Raden akan masuk ke kalender event tahunan Desa Wisata Cisande. Tentu yang menjadi evaluasi ke depan adalah agar event ini digarap secara lebih profesional dan menampilkan semua potensi budaya dan wisata masyarakat setempat.

Wah, Festa Raden 2022 di Desa Wisata Cisande seru banget, ya! Minjo jadi ingin hadir secara langsung di sana, deh. Kawanjo juga? Kalau gitu langsung saja klik link ini. Jangan lupa cek juga paket wisata lainnya di Pigijo! Selamat liburan.

Baca Juga : 5 Jajanan Tradisional Wajib Coba Saat di Desa Wisata Cisande, Sukabumi

0 comments on “Semarak Festa Raden 2022 di Desa Cisande

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.