Tempat Camping di Solok Terbaik 2022
Local Experiences

Tempat Camping Terbaik di Solok 2022, Cara Jitu Menikmati Alam dengan Sensasi Berbeda

Rekomendasi tempat camping terbaik di Solok Sumatera Barat. Bukan sekedar tanah lapang, namun lengkap dengan fasilitas berwisata lainnya.

Solok adalah kota penghasil beras terkenal. Bareh Solok namanya, dengan cita rasa yang khas. Sehingga tak salah bila alamnya didominasi dengan persawahan dan pepohonan hijau nan asri. Maka otomatis, pemandangan menawan yang tersuguh dalam pandangan. Salah satu cara untuk menikmati keindahan kota Solok adalah dengan berkemah. Aktivitas menetap di alam terbuka bisa memberikan keleluasaan untuk mengagumi ciptaan Tuhan. Berikut Tempat Camping Terbaik di Solok 2022 yang bisa jadi referensi.

Tempat Camping Terbaik di Solok

Tempat camping di Solok Sumatera Barat tak hanya memberikan tempat luas yang datar. Ada banyak area berkemah yang menyajikan beragam sensasi, sehingga Kawanjo tak sekedar puas bermalam di sana. 

4 Lokasi Tempat Camping Terbaik di Solok 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Solok memiliki beberapa tempat yang cocok untuk berkemah. Diantaranya adalah :

Danau Talang camping

  1. Camping Ground Danau Talang
Tempat Camping di Solok Terbaik Camping Ground Danau Talang
Camping Ground Danau Talang

Danau Talang adalah tempat wisata yang sedang viral di Solok. Bagaimana tidak, keindahan alam di sana membuat banyak orang ingin mengunjungi. 

Panorama hijau sekitar danau yang jernih sangat elok dinikmati. Terutama ketika matahari terbit dan tenggelam. Dua momen alam inilah yang kemudian menjadikan banyak pengunjung ingin bermalam di sekitar danau Talang. Apalagi danau Talang termasuk danau yang paling sepi, sekitarnya belum terlalu banyak dihuni orang. Karena memang tempat wisata di Solok Sumatera Barat ini merupakan destinasi danau terbaru.

Baca juga : Perbedaan Camping dan Glamping untuk Pilihan Berkemah

Meski begitu, jangan khawatir karena tempat camping di Solok danau Talang ini sudah memiliki fasilitas. Seperti adanya kios-kios makanan, kayu bakar, tenda, dan kasur. Dinginnya udara di sana bisa teratasi dengan hangatnya api unggun dan makan yang cukup.

Selain itu, ada juga kamar mandi dan area untuk sholat. Bahkan istimewanya, pengelola juga menyediakan perahu yang bisa dinaiki pengunjung untuk mengelilingi danau. 

Maka, tak ragu lagi, cara lain menikmati danau Talang adalah dengan camping . Untuk menuju ke sana, Kawanjo hanya perlu pergi ke lokasi tepatnya. Yaitu di Nagari Kampung Batudalam, Kecamatan Danau Kembar.

Tempat camping Danau Singkarak

  1. Danau Singkarak
Tempat camping Danau Singkarak
Tempat camping Danau Singkarak

Danau yang satu ini sudah terkenal akan keindahannya di kabupaten Solok. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menyaksikan dari atas ketinggian. Lereng Green view namanya. 

Dari sana Kawanjo bisa melihat danau dengan jelas. Bahkan nampak pula dari ketinggian, indahnya alam Solok bagian utara. Apalagi ketika matahari terbit atau terbenam. Sungguh panorama yang menenangkan jiwa.

Baca juga : 5 Kesalahan Yang sering Terjadi Saat Camping

Tak heran bila kemudian banyak yang ingin berkemah di sana. Di saat malam pun, pemandangannya tak kalah indah. Bintang – bintang yang bersinar nampak berhasil menghiasi gelapnya malam. Sebaliknya, bila menundukkan pandangan ke bawah lereng, akan nampak kerlip lampu rumah penduduk yang teratur berjajar.

Untuk berkemah di sekitar danau Singkarak ini, tak perlu khawatir lagi. Ada banyak warung, kafe, dan persewaan alat camping. Bahkan bila hendak uji nyali, Kawanjo bisa mencoba wahana unggulan di wisata danau Singkarak Solok ini. Yaitu paralayang, dengan biaya sewa Rp. 300.000 per 20 menit dan ditemani pemandu profesional.

Tak usah lama-lama, mari menuju lokasi Lereng Green View di lereng bukit di Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. 

Camping di Solok radjo

  1. Solok Radjo
Salah satu Tempat Camping di Solok Terbaik adalah Solok Radjo
Solok Radjo

Glamping di tengah kebun kopi? Hanya di Solok Radjo tempatnya! Selain menginap, Kawanjo juga bisa nongkrong di cafe sambil minum kopi istimewa. Hawa dingin khas perkebunan kopi bisa diminimalisir dengan kehangatan secangkir minuman hitam pekat ini. Jangan lupa melengkapi dengan sajian masakan khas daerah Solok. 

Baca juga : The Kaldera Toba tawarkan wisata alam, trekking dan glamping.

Dikatakan minuman istimewa karena berasal dari biji kopi yang dipetik dari kebun sendiri. Kemudian pengelola pun mengolah biji kopi sendiri, hingga menjadi minuman untuk para pembeli. Ya, di sini Kawanjo tak akan sendirian. Banyak sekali pengunjung bahkan turis mancanegara pun ada. 

Puas menghangatkan badan, saatnya menikmati keindahan alam di sekitar lokasi glamping. Kawanjo akan menyaksikan pemandangan permukimam penduduk yang dikelilingi sawah dan area perkebunan. Bila ingin berkeliling lebih jauh, sewa saja ATV atau cukup berjalan kaki untuk menikmati view danau Diatas dengan latar belakang gunung Talang. 

Bila Kawanjo berkunjung saat hari Sabtu, akan ada pasar tempat berburu kue tradisional seperti cindua, onde-onde, sate, pinukuik, dan lainnya. Bagi penggemar sayurayur mayur pun bisa leluasa membeli yang segar langsung dari petaninya.

Paket lengkap untuk sebuah glamping, kan? Yuk datang saja ke Aie Dingin, Kec. Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Camintoran Solok selatan

4. Camping Ground Camintoran

lokasi Camping Ground Camintoran
lokasi Camping Ground Camintoran

Tempat camping di Solok selanjutnya adalah Camping Ground Camintoran. Perkemahan ini adalah favorit para camper. Salah satunya adalah karena keindahan pemandangan dengan view gunung Kerinci dari kejauhan.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Samosir yang Indah

Dengan ketinggian 1.240 mdpl di daerah Lubuk Gadang Timur, camping ground ini sering dinamakan sebagai wisata di atas awan. Sebab dari sini, sejauh mata memandang, panorama kota Solok nampak dari ketinggian sungguh menakjubkan. Ditunjang dengan suhu bisa sampai 12°c dan mendatangkan kabut, berwisata di ketinggian benar – benar terasa.

Alasan kedua adalah mudahnya akses ke lokasi. Jalan dari kota menuju lokasi sudah beraspal dan mulus. Meski, perjalanan menuju area camping jalannya masih berbatu dan belum diaspal. Lokasi lebih tepatnya adalah di Lubuk Gadang, Kec. Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat

Di tempat ini ternyata juga menyimpan sejarah masa penjajahan Belanda. Karena telah ditemukan bak dan saluran kuno yang dipercaya merupakan peninggalan Belanda. Ada pula pohon teh setinggi 5 meter dengan praduga telah ditanam sejak zaman Belanda.

Baca juga : Paket wisata Sumatera barat 4 hari 3 malam

Tak salah bila kemudian pengelola menambah taman bunga, kincir angin, dan ayunan untuk memberikan tampilan ala negeri Belanda. 

Ya, di atas adalah beberapa rekomendasi tempat camping di Solok Sumatera Barat. Bukan sekedar tanah lapang luas, tempat – tempat di atas sudah lengkap. Lengkap dengan beberapa fasilitas dan sensasi berwisata lainnya.

0 comments on “Tempat Camping Terbaik di Solok 2022, Cara Jitu Menikmati Alam dengan Sensasi Berbeda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.