Frugal Living dalam Traveling
Lifestyle

Tips Frugal Living dalam Traveling, Tetap bisa bersenang-senang saat liburan

Fenomena ini sedang naik daun, yuk kita bahas tuntas fenomena penerapan frugal living dalam traveling!

Di jagad maya semakin hari makin banyak artikel yang mengupas frugal living. Berbagai cerita sukses dipaparkan sebagai penguat, betapa metode hidup berhemat ini sangatlah penting dalam mengatur perekonomian. Meski sedikit mengekang, konsep hidup ini juga menghargai para pelakunya. Termasuk untuk menerapkan frugal living dalam traveling. Bersenang-senang namun tetap hemat dan nyaman.

Pengertian Frugal Living

Pengertian Frugal Living
Pengertian Frugal Living

Sedang naik daun, fenomena penerapan frugal living dalam kehidupan terus diangkat di media. Mulai dari orang umum dengan variasi usia dewasa, sampai artis  yang menerapkan frugal living.

Frugal living adalah pendekatan gaya hidup hemat yang bertujuan untuk mengelola keuangan dengan bijaksana dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Dengan menerapkan metode ini, Kawanjo dapat menghemat uang tanpa harus mengorbankan kualitas hidup.

Baca Juga: Cuma Rp5000,- Bisa Naik Boeing di Rumah Pintar Juanda Sidoarjo 

Ingatlah, frugal living bukan berarti mengorbankan segala kenikmatan dalam hidup. Tujuan utamanya adalah mengambil keputusan yang bijaksana dalam pengeluaran sehingga Anda dapat menikmati kehidupan dengan lebih tenang secara finansial.

Sekali lagi, prinsip frugal living bukan berarti mengorbankan segala kenikmatan dalam hidup. Masih ada banyak cara untuk berhemat meski dengan lingkup kegiatan yang sama.

Teknik ini berorientasi pada bagaimana menghabiskan uang, fokus pada kebutuhan daripada keinginan, dan mencari cara untuk menghemat tanpa mengorbankan kualitas hidup atau kenyamanan. Frugal living adalah tentang hidup dengan bijaksana dan penuh kesadaran terhadap keuangan pribadi tanpa pemborosan.

Tips Frugal Living dalam Traveling

Tips Frugal Living dalam Traveling
Tips Frugal Living dalam Traveling.

Berwisata bagi sebagian besar orang nampak sebagai keputusan untuk menghambur-hamburkan uang. Padahal bukan begitu. Traveling merupakan salah satu cara dalam menghargai diri dan segala upaya yang telah diraih. Dengan menerapkan frugal living dalam traveling atau frugal travel, berhemat masih bisa dilakukan sehingga liburan terasa lebih aman tanpa takut menghabiskan banyak uang.

Baca Juga: Tak Perlu Malu, yuk Jualan Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan prinsip frugal living dalam traveling:

  1. Rencanakan dengan Matang

Sebelum berangkat, buatlah rencana perjalanan yang terperinci. Cari tahu tentang destinasi yang akan  dikunjungi. Termasuk harga tiket masuk, biaya transportasi, dan biaya akomodasi. Dengan merencanakan dengan matang, Kawanjo bisa memperkirakan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan selama liburan. Atau bila tidak ingin ribet, Kawanjo bisa memilih open trip atau paket wisata. Dimana semua kebutuhan wisata telah diatur oleh agen traveling. Kawanjo tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang ada. 

  1. Manfaatkan Promo dan Diskon atau pilih low season 
tips frugal living Manfaatkan Promo dan Diskon atau pilih low season
tips frugal living Manfaatkan Promo dan Diskon atau pilih low season

Cari promo atau diskon khusus untuk objek wisata atau akomodasi yang Anda rencanakan kunjungi. Banyak tempat wisata atau hotel menawarkan harga khusus untuk pemesanan lebih awal atau paket-paket tertentu. Kawanjo juga bisa berlibur ketika datang low season, dimana biasanya biaya berwisata turun jadi lebih murah.

  1. Pilih Akomodasi yang Terjangkau
tips frugal living Pilih Akomodasi yang Terjangkau
Tips frugal living dalam traveling, pilih akomodasi yang terjangkau.

Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan anggaran. Alih-alih hotel, Kawanjo bisa memilih motel, hostel, penginapan, atau apartemen sewa. Kesemua itu memiliki harga yang lebih rendah.

Baca Juga : Open Trip Tanjung Puting, Harganya Gak Bikin Pusing

  1. Cari Makanan Lokal yang Terjangkau

Cobalah makanan lokal yang lebih terjangkau daripada mencari restoran mewah. Makan di warung atau tempat makan kaki lima bisa memberi pengalaman kuliner lokal yang autentik dengan harga yang lebih rendah. Hindari membeli makanan di sekitar area wisata, karena biasanya lebih mahal.

  1. Memanfaatkan Transportasi Umum

Tips frugal living dalam traveling lainnya adalah gunakan transportasi umum atau berjalan kaki untuk menjelajahi destinasi wisata. Transportasi umum biasanya lebih murah daripada taksi atau menyewa mobil.

  1. Cari Aktivitas Gratis

Banyak destinasi wisata menawarkan atraksi atau acara gratis yang bisa dinikmati. Kawanjo juga bisa mendatangi pameran seni, pertunjukan musik, atau festival lokal. Sebuah pilihan liburan, lebih murah dan tanpa biaya tambahan.

  1. Bawa Air Minum dan Camilan
tips frugal living Bawa Air Minum dan Camilan
tips frugal living Bawa Air Minum dan Camilan

Bawa botol air minum yang dapat diisi ulang dan camilan dari rumah. Ini akan membantu menghemat uang daripada harus membeli air minum dan makanan di tempat wisata yang biasanya lebih mahal.

  1. Gunakan Aplikasi Perbandingan Harga

Sebelum membeli suvenir atau barang lainnya, gunakan aplikasi perbandingan harga untuk memastikan Kawanjo mendapatkan harga terbaik. Jangan lupa memilih oleh-oleh yang lebih mengutamakan manfaat ketimbang sekedar memberi.

  1. Pilih Wisata Alam atau Aktivitas Luar Ruangan

 Nikmati aktivitas di alam bebas, seperti hiking, berenang di pantai, atau berpiknik di taman. Ini seringkali lebih murah bahkan banyak yang gratis. Meski begitu, destinasi alam memberikan pengalaman yang menyegarkan.

Menerapkan hidup hemat bukan berarti menghilangkan kesempatan bersenang-senang. Liburan salah satu contohnya. Dengan menerapkan prinsip frugal living dalam traveling, Kawanjo bisa menikmati liburan dengan tetap hemat. Ingatlah bahwa liburan yang berharga adalah tentang menciptakan kenangan indah tanpa harus menghabiskan uang secara berlebihan. 

0 comments on “Tips Frugal Living dalam Traveling, Tetap bisa bersenang-senang saat liburan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.