Bukit Jipang Curup
Local Experiences

Wisata Bukit Jipang Curup yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2024

Sedang mencari ide mau ngabisin weekend yang lebih bermakna? Yuk, coba camping di wisata Bukit Jipang Curup Bengkulu

Sedang mencari ide mau ngabisin weekend yang lebih bermakna? Yuk, coba camping di wisata Bukit Jipang Curup Bengkulu. Disamping mendapatkan udara segar pegunungan, Kawanjo bisa menepi dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Apalagi ditambah dengan mendapat suguhan keindahan alam dari ketinggian.

Salah satu view terbaik ketika berada di Bukit Jipang Bengkulu adalah ketika sunrise dan sunset. Dari puncak, lukisan Tuhan tampak lebih menakjubkan. Saat matahari mulai muncul di pagi hari, kabut yang masih menyelimuti membuat diri seolah sedang berada di atas lautan awan.

Sedangkan ketika matahari hendak tenggelam, terlihat cahaya keemasan yang menerangi pemandangan di sekitarnya. Bayangan panjang dari pohon-pohon dan lekukan bukit membuat suasana terasa damai, seolah dunia sedang bersiap untuk beristirahat. Keduanya adalah momen yang menawarkan ketenangan dan keindahan yang mengisi jiwa. Menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat berada di wisata Bukit Jipang Curup Bengkulu.

Lokasi Wisata Bukit Jipang Curup

Lokasi Wisata Bukit Jipang 
Lokasi Wisata Bukit Jipang Curup

Ternyata dulunya tempat ini merupakan lahan yang dipenuhi semak belukar. Namun kini telah menjelma jadi salah satu objek wisata alam di Bengkulu. Untuk mendapatkan pengalaman mengeksplorasi ketinggian di Bukit  Jipang, cukuplah menuju ke lokasinya. Yaitu di Jalan Bukit Jalal Desa, Air Meles Atas, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Baca Juga: Peluang dan Tantangan Pengembangan Wisata Halal di Indonesia, Siap Jadi yang Utama! 

Jalan Menuju Lokasi Bukit Jipang. 

Jalan Menuju Lokasi Bukit Jipang. 
Jalan Menuju Lokasi Bukit Jipang.

Waktu tempuh dari pusat kota Bengkulu ke Bukit Jipang memakan waktu 4 jam. Dimulai dari Kota Bengkulu, ambil arah ke Jalan Halmahera, lalu lanjutkan ke Polres Bengkulu Tengah. Dari sana, lanjutkan perjalanan melalui Soekarame, Tambahpenandjung, kemudian Kepahiang. Setelah melewati Jalan Kepahiang-Curup, tibalah Bukit Jipang.

Meskipun lama, tapi sepanjang perjalanan, pemandangan yang menakjubkan tersaji nyata di pinggir jalan. Cocok bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam Bengkulu. Bukit Jipang juga menyediakan tempat berkemah, vila, serta glamping dengan fasilitas yang cukup lengkap, termasuk warung makan dan area parkir yang luas.

Aktivitas yang Bisa dilakukan di Wisata Bukit Jipang

Aktivitas yang Bisa dilakukan di Wisata Bukit Jipang
Aktivitas yang Bisa dilakukan di Wisata Bukit Jipang

Banyak orang yang menggemari wisata di ketinggian. Salah satunya adalah beraktivitas di pegunungan atau bukit. Begitu juga dengan Bukit Jipang, memberikan peluang pada Kawanjo untuk melakukan banyak hal disini. Di antaranya:

  1. Hiking. Bukit Jipang menjadi tujuan mendaki yang ramah untuk pemula. Dengan ketinggiannya, Kawanjo bisa mendaki tanpa harus kecapaian. Sebab dengan ketinggian kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut, jalur menuju puncak bukit aman bagi pemula. Meski sedikit menantang tapi pastilah menambah keseruan. Apalagi di sepanjang perjalanan naik, Kawanjo disuguhi dengan pemandangan sekeliling yang indah.
  2. Camping. Pihak pengelola menyediakan sarana camping. Tempat ini juga menjadi favorit bagi para penggemar berkemah. Bermalam di atas Bukit Jipang, artinya Kawanjo harus bersiap untuk pengalaman menarik. Menyaksikan sunrise dan sunset dari ketinggian dan bermalam di alam dengan atap terbuka. Terlihat bintang-bintang yang berjajar dengan indah di langit kelam yang hangat.
  3. Hunting Foto. Menariknya, di tempat ini terdapat banyak spot selfie dimana Kawanjo bisa puas mengabadikan pesona Bukit Jipang. Ditunjang dengan pemandangan yang indah, Kawanjo akan mendapatkan hasil foto yang menarik hati.
  4. Bersepeda gunung. Bagi para pecinta olahraga bersepeda, Bukit Jipang di Curup menawarkan pengalaman bersepeda gunung yang menantang sekaligus memuaskan. Dengan jalur yang bervariasi, mulai dari tanjakan yang curam hingga turunan yang mendebarkan, Bukit Jipang menjadi tempat yang ideal untuk menguji keterampilan bersepeda Anda. Pemandangan alam yang indah, udara segar, dan trek yang mengitari perbukitan membuat setiap kayuhan terasa menyenangkan. Selain itu, bersepeda di sini memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi sudut-sudut tersembunyi dari keindahan alam Bengkulu yang jarang terjamah, menjadikannya aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Kue Khas Palembang Bolu Kojo dan Khasiat Daun Pandan Bahan Utamanya

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Jipang

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Jipang
Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Jipang

penting juga untuk memperhatikan harga tiket masuknya. Tiket masuk Bukit Jipang dibagi menjadi dua kategori: tiket untuk masuk ke area bukit dan tiket untuk berkemah.

Mengetahui harga tiket ini dapat membantu Kawanjo dalam merencanakan anggaran dan persiapan dana untuk liburan Kawanjo. Berikut rincian harga tiket Bukit Jipang:

  • Tiket Masuk Bukit Jipang: Rp10.000 per orang
  • Tiket Berkemah di Bukit Jipang: Rp35.000 per malam

Dengan harga yang relatif terjangkau ini, Kawanjo dapat menikmati keindahan alam Bukit Jipang dan pengalaman berkemah yang menyenangkan tanpa menguras kantong.

Bukit Jipang adalah destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Bengkulu. Keindahan alamnya yang masih asri dan udara yang sejuk akan membuatmu merasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota.

0 comments on “Wisata Bukit Jipang Curup yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.