tempat wisata di garut
Local Experiences

Yuk ke Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Berolahraga Sambil Olahrasa

Tempat wisata di Garut yang lagi hits kini sering jadi tujuan wisatawan lokal. Ada 5 tempat wisata favorit yang akan Kami hadirkan dalam ulasan kali ini. Traveling ke sini yuk Kawanjo!

Garut adalah salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan potensi alamnya. Keindahan ciptaan Tuhan ini kemudian menjadikan beberapa tempat menjadi destinasi wisata di Garut yang terkenal. Berikut beberapa tempat wisata di Garut yang lagi hits.

Wisata alam kota yang terkenal dengan julukan kota potong rambut ini, ada beragam. Mulai dari pantai hingga gunung. Mulai dari sungai hingga waduk. Kesemuanya membuat Kawanjo bisa memacu raga untuk bergerak. Sekaligus menyenangkan jiwa dengan mengolah rasa.

Tempat wisata di Garut yang lagi hits

Berikut adalah 5 tempat wisata di Garut yang lagi hits. Pastikan kesemuanya segera dikunjungi ya! 

  1. Situ Bagendit
Tempat wisata di Garut yang lagi hits Situ Bagendit
Tempat wisata di Garut yang lagi hits, Situ Bagendit.

Wisata Garut yang sudah dibuka kembali ini tampil lebih memukau. Setelah direvitalisasi selama setahunan, tempat wisata di Garut yang lagi hits 2022 ini pun semakin menarik banyak pengunjung.

Baca juga : Leuwi cantik di Indonesia

Situ Bagendit adalah danau dengan banyak tumbuhan enceng gondok dan teratai yang terapung. Keindahannya dilengkapi dengan pegunungan yang terlihat di pinggir-pinggir danau. Pembangunan yang dilakukan memberi polesan sehingga obyek wisata yang terkenal dengan legendanya ini menjadi semakin bagus.

Kini wilayah Situ Bagendit dibagi menjadi tiga bagian. Bagendit 1 memiliki banyak bangunan baru dan ramai dikunjungi wisatawan. Yang menjadi favorit adalah bangunan dome dan dermaga di tengah danau. Dermaga dari kayu dibentuk melingkar-lingkar seperti tumbuhan sulur. Di tepiannya banyak perahu yang tertambat. Kawanjo bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Sedangkan Bagendit 2 dan 3 lebih sepi, sehingga cocok untuk menepi. Bersantai di gubuk – gubuk yang banyak dijumpai di bagian ini. Pandangan bisa dilepas ke arah danau. Sungguh cara pas untuk menenangkan diri, mengusir penat dan jenuh.

Untuk sampai di situ Bagendit, Kawanjo cukup datang ke lokasi jl. Raya KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi, Garut.  

  1. Leuwi Tonjong 
Tempat wisata di Garut yang lagi hits Leuwi Tonjong
Tempat wisata di Garut yang lagi hits Leuwi Tonjong

Pantas apabila tempat wisata di Garut yang terkenal ini pernah mendapat penghargaan sebagai surga tersembunyi terbaik kedua se Indonesia dari kemenparekraf. Sebab keindahannya benar-benar nyata, mampu membius mata yang memandang.

Leuwi Tonjong adalah sebuah lubuk dangkal, diapit dua tebing batu yang menjulang setinggi 90-120 meter. Air lubuk yang masih jernih berpadu serasi dengan eksotisme tebing. Pantas bila daerah ini dianggap sebagai tiruannya daerah Phuket Thailand. 

Baca juga : Wisata di Jawa Barat yang sudah buka

Letaknya masih belum banyak terjamah manusia. Sebab itulah keindahannya masih alami. Untuk sampai di Leuwi Tonjong, Kawanjo harus menyiapkan tenaga ekstra. Karena tidak ada kendaraan yang bisa melintasi jalan menuju tempat ini, kecuali sepeda khusus pendakian yang bisa disewa. Itupun Kawanjo masih harus berjalan kaki selama 30 menit. 

Namun jangan khawatir, sebab rasa capek akan terbayar dengan keindahan alam yang terpampang. Kawanjo bisa segera bermain air atau berenang sepuasnya. Adapula sampan/gethek yang bisa disewa untuk menyusuri sungai. 

Leuwi Tonjong berada di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota. Usaha untuk mencapainya memang keras. Namun ini sebanding dengan keindahan yang terpampang secara maksimal.

Wisata alam Garut kekinian

  1. Sungai Cikandang
daftar Tempat wisata di Garut yang lagi hits Sungai Cikandang
daftar Tempat wisata di Garut yang lagi hits Sungai Cikandang

Penghobi rafting bisa mencoba sungai di kaki gunung Papandayan ini. Dengan tingkat kesulitan pada grade III hingga IV dan ketinggian gelombang sampai 3 meter, Kawanjo akan tertantang mengalahkannya. Apalagi kemiringan sungai Cikandang ini bervariasi. Sayangnya, dengan kondisi ini, para pemula tidak disarankan. Hanya para penggemar rafting profesional yang boleh mencoba menaklukkan sungai ini. 

Baca juga : Trekking wisata alam Leuwi Hejo dan Leuwii Goong Bogor

Airnya yang masih jernih belum tercemar oleh polusi serta lingkungan perbukitan yang alami, menambah daya tarik sungai ini. Tak pelak bila banyak yang gemar rafting di sungai yang mengalir dari gunung Papandayan hingga ke daerah laut Cijayana Garut.

Bila tak melakukan rafting, masih ada aktivitas lain. Yaitu trekking atau berpiknik menikmati keindahan alam. Apalagi udaranya masih sejuk, mengunjungi sungai ini sangat cocok  untuk menghapus penat. 

  1. Kamojang Ecopark
Tempat wisata di Garut yang lagi hits Kamojang Ecopark
Tempat wisata di Garut yang lagi hits Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark bisa menjadi pilihan tepat untuk semua anggota keluarga. Paket lengkap berwisata di tengah hutan pinus yang indah. Wisata Garut Kamojang ini semakin membuat nyaman dengan aneka aktivitas yang bisa menyenangkan hati.

Cobalah minum kopi khas Kamojang sambil duduk santai menikmati kesegaran udara. Setelah itu, Kawanjo bisa mencoba beberapa wahana yang disediakan. Seperti mobil ATV, flying fox, panahan, maupun kereta mini. Apabila hendak berlama-lama di sana, Kawanjo pun bisa berkemah. Sebab camping ground di sini muat sampai 100 tenda.

Baca juga : Pengalaman wisata ke Geopark

Jangan lupa terus mengabadikan aktivitas Kawanjo ini ya! Sekaligus mengabadikan momen sambil berpose di spot-spot instagenic yang unik. Seperti replika balon udara, jembatan jala, dan pintu udara. 

Lokasi dari Kamojang Ecopark ini ada di Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kabupaten Garut. Sekitar 1 jam dari pusat kota Garut. Untuk masuk ke dalam tempat wisata Garut ini, Kawanjo cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 di jam bukanya. Yaitu pukul 08.00-16.00.

  1. Talaga Bodas
Rekomendasi wisata ke Talaga Bodas
Rekomendasi wisata ke Talaga Bodas

Dulunya tempat ini merupakan tempat wisata untuk orang Eropa. Namun lambat laun, talaga Bodas juga dinikmati oleh penduduk sekitar. 

Di tempat ini Kawanjo bisa menikmati danau yang berwarna biru jernih. Dipadu dengan deretan perbukitan yang menghijau. Sungguh sangat sedap dipandang mata. Apalagi bila Kawanjo menikmatinya sambil berendam di air panas yang mengandung belerang di sana. 

Bila ingin berkemah telaga Bodas juga cocok untuk mendirikan tenda. Begitu pula bagi pecinta trekking dan hiking, cobalah untuk melakukannya di sekitar sana.

Baca juga : Desa wisata terbaik di Jawa Barat Indonesia juara level ASEAN

Telaga Bodas terletak di desa Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kabupaten Garut. Harga tiket masuknya antara Rp. 7000 sampai dengan Rp. 10.000 sesuai dengan hari. Apakah akhir pekan atau hari biasa.

Wisata di Garut memang mempesona. Terutama keindahan alamnya. Beberapa memerlukan fisik yang sehat untuk menjelajahinya. Namun ketika menikmati pemandangan yang terhampar ketika sampai, ketenangan rasa dan jiwa akan tercipta. Segera jadwalkan kunjungan ke kota yang terkenal akan dodol, kuliner tradisional di sana.

0 comments on “Yuk ke Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Berolahraga Sambil Olahrasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.