Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Local Experiences

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan

Kawasan yang menghadirkan liburan seru dengan berbagai aktivitas di alam bebas , inilah Taman Nasional Bali Barat

Liburan akhir tahun sudah di depan mata, bila kawanjo ingin menikmati liburan ke Bali di dalam satu kawasan namun menghadirkan beragam spot menarik, kawanjo bisa kunjungi Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Tak sekedar datang dan melihat, tapi di tempat ini, ada banyak aktivitas seru yang bisa kawanjo lakukan untuk mengisi waktu liburan.

Sekilas tentang Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan

Kawasan ini pada tahun 1917, masih berupa nature park yang dibuat Pemerintah Belanda untuk menjaga kelestarian alam di Bali. Baru pada tahun 1941 resmi menjadi Taman Nasional Indonesia. Di tahun 1982, namanya berganti menjadi Taman Nasional Bali Barat sekaligus menjadi satu-satunya taman nasional yang ada di Provinsi Bali.

Kawasan dengan luas sekitar 19.000 hektare ini, berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi berbagai jenis flora dan fauna serta menjadi salah satu pusat kegiatan konservasi dan edukasi alam di Bali.

Di taman nasional ini kawanjo bisa menjelajah padang savana, hutan mangrove, pegunungan, dan hutan musim campuran. Ekosistem lautnya juga bervariasi, mulai dari laut dangkal, terumbu karang, biota laut, hingga padang lamun.

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Hamparan savana di Taman Nasional Bali Barat

Tak hanya itu, kawasan yang berjarak 2 km dari pelabuhan Gilimanuk ini, pada tahun 2018, telah ditetapkan sebagai bagian dari “Best Top 100 Destination,” untuk kategori Best of the Planet di Asia-Pacific oleh Internationale Tourismus Borse (ITB) yang digelar di Berlin, Jerman.

Di masa pandemi Covid-19, area yang berlokasi di dua kawasan, Kabupaten Buleleng dan Jembrana ini, sudah dibuka kembali untuk umum sejak 14 September 2021, dengan menerapkan kebijakan protokol kesehatan hingga aplikasi PeduliLindungi.

Inilah beberapa aktivitas seru yang bisa kawanjo lakukan selama liburan di Taman Nasional Bali Barat:

1. Menunggang kuda, menjelajah alam di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Berkuda dengan santai sembari menikmati keindahan alam

Menjelajah keindahan alam dengan menunggang kuda jadi sensasi tersendiri saat liburan. Berkeliling selama 3 hingga 4 jam ke berbagai area di dalam Taman Nasional Bali Barat, kawanjo akan didampingi pemandu yang telah disediakan oleh pengelola taman nasional, sekaligus menjelaskan kekayaan alam yang ada.

2. Mengunjungi area titik terdekat antara Bali dan Jawa

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Dari Pantai Pura Segara Rupek bisa melihat Pulau Jawa

Pantai Pura Segara Rupek merupakan wilayah paling barat Pulau Bali dan sering disebut “lampu merah” lantaran terdapat mercusuar dengan lampu berwarna merah. Kawasan ini menjadi titik terdekat antara pulau Bali dan pulau Jawa.

Berkunjung ke pantai yang relatif terbuka ini, kawanjo bisa melihat pulau Jawa dikejauhan dengan jelas, sekaligus lebih mudah menyaksikan satwa liar di alam bebas, seperti rusa timor, babi hutan dan monyet ekor-panjang.

3. Diving dan snorkeling di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Pulau Menjangan, surga para penyelam

Salah satu spot diving dan snorkeling terkenal Bali adalah teluk Menjangan yang berada di Pulau Menjangan. Pulau ini sangat populer karena keindahan terumbu karangnya. Pulau dengan luas sekitar 175 hektar, memiliki biota laut yang beragam di kedalaman 10 hingga 60 meter.

Liburan pasti jadi lebih seru lagi, karena ada 8 spot diving maupun snorkeling yang bisa kawanjo jelajahi untuk menikmati keindahan terumbu karang, bergam jenis ikan dan penyu di kawasan ini. Selain itu, pulau ini juga merupakan rumah bagi rusa liar, jadi jangan heran, bila kawanjo menemukan sekawanan rusa yang tengah bersantai di pantai.

Baca juga: Jelajah Keunikan Bali yang Tak dimiliki Daerah Lain

4. Berkemah area pantai di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Liburan tambah asyik dengan berkemah di pantai

Ada beberapa area berkemah yang disediakan pengelola TNBB. Salah satunya, kawanjo bisa menuju pantai Karang Sewu di bagian ujung barat taman nasional. Pantai dengan teluknya yang indah yang dikelilingi hutan mangrove. Kawanjo bisa berkemah dilokasi yang alamnya masih asri dengan pemandangan yang menakjubkan saat sunset, sekaligus bisa menyaksikan berbagai satwa menarik.

5. Mengamati hewan dari dekat di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Populasi Jalak Bali hingga September 2020, sudah mencapai 355 ekor

Liburan sambil menambah wawasan tentang fauna bisa dilakukan di taman nasional ini. Kawanjo dapat mengunjungi area Tegal Bunder yang menjadi kawasan penangkaran khusus bagi burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi). Kawanjo bisa menyaksikan dari dekat burung nan eksotik yang merupakan satu-satunya spesies burung endemik Pulau Bali yang sempat dinyatakan terancam punah.

6. Mengunjungi pura di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Pura Pelaki, pura dengan arsitektur unik

Di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat terdapat 22 pura, 14 pura berada di Kabupaten Buleleng dan sisanya berada di Kabupaten Jembaran. Salah satu pura yang menarik buat dikunjungi adalah Pura Pelaki, dibangun pada abad ke 16, di pinggir tebing bukit batu karang. Saat berada di area bangunan pura yang unik ini, kawanjo bisa menikmati indahnya laut biru berpasir putih.

7. Berendam di sumber air panas di Taman Nasional Bali Barat

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Pemandian Yeh Panes (Air Panas) Banyuwedang

Usai menikmati aktivitas di alam bebas, kawanjo bisa bersantai dan berendam di sumber air panas di kawasan Banyuwedang. Kolam pemandian air panas ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Bisa dipastikan liburan kawanjo makin asyik karena pemandian air panas ini menyatu dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau dan asri.

8. Tak sulit mencari penginapan

Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan
Penginapan yang nyaman membuat liburan semakin lengkap

Penginapan jadi salah satu faktor penting yang harus ada dalam daftar rencana liburan. Di kawasan ini kawanjo bisa memilih tempat menginap yang dekat atau bahkan berada di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Mulai dari penginapan sederhana yang nyaman hingga resort mewah dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Nikmati keindahan Taman Nasional dengan bijak. Jangan memberi makan atau minum kepada satwa liar dan jangan membuang sampah sembarangan di kawasan konservasi ini demi kelestarian alam dan potensinya. Jangan lupa, cek juga berbagai pilihan paket wisata menarik di sini agar liburan kawanjo semakin berkesan.

Baca juga: Mengapa Kita Selalu Liburan di Tempat yang Sama?

0 comments on “Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published.