Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela
Local Experiences

Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela

Desa Wisata Pela adalah tempat yang istimewa untuk nikmati sunset sembari melihat pesut.

Indonesia seakan tak pernah kekurangan wisata baru. Tiap saat selalu muncul lokasi wisata anyar yang menjadi trend. Saat ini, ngetrip di desa wisata tengah digilai oleh para pelancong, pasti juga termasuk Kawanjo.

Bukan tanpa sebab ngetrip di desa wisata makin populer. Kawanjo yang sudah pernah ke desa wisata di mana pun letaknya, pasti menemukan pengalaman baru saat berkunjung ke tempat tersebut. Ngetrip di desa wisata menawarkan paket wisata lengkap yang lekat dengan budaya lokal setempat.

Yang mesti kawanjo ketahui, desa wisata tidak cuma berada di Pulau Jawa atau Bali. Desa wisata tersebar luas di hampir seluruh pulau di Indonesia, termasuk Kalimantan. Salah satu desa wisata yang menjadi andalan Borneo adalah Desa Wisata Pela yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Desa Wisata Pela di Kaltim
Desa Wisata Pela di Kaltim

Desa Wisata Pela tepatnya berlokasi di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kertanegara. Untuk ngetrip ke Desa Wisata Pela, jarak tempuh yang Kawanjo akan lalui kurang lebih 89.1 kilometer atau sama dengan 2 jam 27 menit perjalanan darat.

Perjalanan jauh tersebut pastinya akan terbayar saat Kawanjo tiba di Desa Wisata Pela. Pasalnya, desa wisata ini menawarkan pengalaman ngetrip berbeda dari tempat wisata sejenis lainnya. Sebab, Desa Pela merupakan satu dari sedikit desa wisata di Nusantara yang menjadikan wisata air sebagai andalannya menarik turis.

BACA JUGA: Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Desa Wisata Pela yuk kita gali fakta-fakta menarik serta apa saja yang bisa dilakukan saat Kawanjo ngetrip di Desa Wisata Pela. Namun, sebelum itu kita terus ingetin Kawanjo displin protokol kesehatan dan segera divaksin. Langkah-langkah itu agar pandemi COVID-19 segera usai, terus kita bisa berwisata normal lagi kala sebelum pandemi COVID-19 melanda.

  • Dirintis Sejak 2018
Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela
Keindahan ngetrip di Desa Wisata Pela

Desa Wisata Pela dirintis jadi objek wisata unggulan di Kabupaten Kutai Kertanegara sejak 2017 lalu. Pencetusnya adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela.

Kala itu, beberapa masyarakat sekitar melihat potensi unik Desa Pela yang diyakini bisa menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. Dari 2017 sampai 2018 Pokdarwis mencoba membangun pondasi agar Desa Wisata Pela bisa masuk objek wisata prioritas di Kutai Kertanegara. Upaya mereka berbuah manis. Pada 2018 Pemkab Kukar akhirnya resmi menyempatkan predikat Desa Wisata pada Desa Wisata Pela.

  • Surga Pesut Mahakam
Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela
Desa Wisata Pela yang jadi surga pesut

Lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan nama lain, pesut merupakan mamalia langka yang hanya hidup di perairan Kalimantan, India, Filipina dan Australia. Saat ini status konversi pesut masuk kategori rentan. Jadi, untuk dapat melihat pesut secara langsung adalah anugerah yang tak semua orang bisa mengalami. Tapi, Kawanjo jangan khawatir, bila berkesempatan ngetrip di Desa Wisata Pela maka peluang melihat pesut secara langsung terbuka lebar.

BACA JUGA: 4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat

Desa Wisata Pela dikenal sebagai surga pesut. Mamalia air tawar lucu ini mendiami Danau Semayang di Desa Wisata Pela. Pesut-pesut di danau tersebut biasanya akan menampakkan diri pada pagi dan sore hari. Jikalau Kawanjo ingin berfoto jarak dekat dengan rombongan Pesut maka disarankan menyewa kapal kecil ke tengah danau. Tetapi ingat, karena pesut masuk status dilindungi maka untuk berfoto dengan pesut ada aturan-aturan yang mesti ditaati.

  • Panorama Sunset di Desa Wisata Pela
Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela
Sunset di Desa Wisata Pela

Selain pesut, salah satu daya tarik di Desa Wisata Pela adalah menikmati sunset. Momen matahari terbenam di Desa Wisata Pela disebut-sebut sebagai yang terbaik di Kalimantan Timur. Untuk menikmati sunset Kawanjo tinggal menuju Tanjung Tamannoh.

Di Tanjung Tamannoh, Kawanjo akan melihat betapa indahnya pancaran sinar matahari saat terbenam ketika hari mulai berganti malam. Selain bisa menikmati sunset, Tanjung Tamannoh adalah tempat berkemah. Ngertip di Desa Wisata Pela khusus di Tanjung Tamannoh pun pastinya terasa makin lengkap jika Kawanjo bisa melihat sunset sembari menginap di padang rumput hijau nan memanjakan mata.

Desa Wisata Pela merupakan salah satu paket wisata andalan kami. Selain di Desa Wisata Pela kalau Kawanjo berencana ngetrip, jangan lupa dilirik paket wisata kami yang lain di sini.

0 comments on “Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela

Leave a Reply

Your email address will not be published.