Local Experiences

5 Aktivitas Wisata Air Kali Kesek Kendal, Tak Perlu Bayar Mahal

Wisata Air Kali Kesek

Seolah tiada habisnya, satu lagi rekomendasi destinasi healing buat Kawanjo. Kali ini, ada wisata air Kali Kesek yang memiliki banyak rekomendasi aktivitas menarik. Siap mencetak pengalaman yang tak mudah terlupakan. Menariknya, kesemuanya bisa dilakukan dengan tanpa bayar mahal.

Wisata di pedesaan memberikan manfaat besar untuk orang kota yang sibuk dengan rutinitas harian. Melarikan diri sejenak dari kebisingan dan kesibukan perkotaan, pergi ke pedesaan menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang dapat memberikan hiburan serta relaksasi. Kendal adalah salah satu kota yang masih memiliki banyak lokasi yang belum terjamah industrialisasi. Banyak destinasi wisata di Kendal yang menonjolkan potensi pedesaan.

Dengan udara segar dan pemandangan yang hijau, aktivitas rekreasi di pedesaan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Apalagi jika terjadi interaksi dengan lingkungan alam dan masyarakat lokal pedesaan. Kawanjo juga bisa memperkaya pengalaman hidup dan memberikan perspektif baru. Sebab itu, banyak tempat wisata terdekat yang mengusung nuansa pedesaan. Salah satunya adalah wisata air Kali Kesek.

Wisata Air Kali Kesek

Wisata Air Kali Kesek
Wisata Air Kali Kesek

Memanfaatkan potensi lingkungannya, Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Desa Sriwulan bersama Kelompok Sadar Wisata Pokdarwis desa Sriwulan mengelola destinasi wisata alam di Kendal ini. Dengan spot utama berupa sungai bening dengan jeram-jeram kecil dan tidak dalam. Dengan aman, pengunjung usia anak-anak dan remaja banyak yang bermain di sini. Masyarakat menyebutnya pakecehan.

Di tepi sungai terdapat banyak tempat duduk dan gazebo untuk menikmati makanan. Sedangkan di atas sungai terdapat jembatan bambu. Selain untuk menyebrang dari satu sisi ke sisi sungai yang lain, jembatan ini juga menambah estetika. Yang juga jadi favorit adalah terapi ikan, di mana ada banyak ikan yang segera menghampiri bila ada kaki yang dimasukkan ke air sungai.

Hawa sejuk pegunungan juga menjadi buruan para pengunjung. Pantas bila mereka rela berlama-lama berada di Kali Kesek yang terletak pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut ini. Raga jadi segar, pikiran jadi fresh kembali. Maka, tak ada salahnya untuk Kawanjo menjadwalkan mengunjungi destinasi wisata Kendal ini. Jangan khawatir dengan biaya, sebab semua suguhan di sini bisa didapatkan dengan harga sangat terjangkau.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Lokasi Wisata Air Kali Kesek

Lokasi Wisata Air Kali Kesek
Wisata Air Kali Kesek

Destinasi wisata pegunungan makin banyak diburu orang. Wisata air Kali Kesek menjadi salah satu pilihan untuk dituju. Tepatnya berlokasi di Dusun Kalikesek, Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Bila Kawanjo berangkat dari pusat Kota Kendal, jaraknya hanya 30 km dengan waktu tempuh satu jam. Jarak dan waktu juga sama bila Kawanjo memulai perjalanan dari Kota Semarang.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Kali Kesek Kendal

Harga Tiket Masuk Wisata Air Kali Kesek Kendal
Wisata Air Kali Kesek Kendal

Mendapatkan hasil yang maksimal dari kegiatan berwisata tidak melulu perlu biaya banyak. Coba saja Kawanjo datang ke Kali Kesek Kendal. Dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan serta beragam fasilitas yang didapatkan, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya dengan Rp6000, Kawanjo sudah bisa masuk ke destinasi wisata Kali Kesek ini. Sedangkan biaya parkir cukup membayar Rp2000 untuk sepeda motor, Rp5000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk bus.

Jam Operasional Wisata Air Kali Kesek 

Jam Operasional Wisata Air Kali Kesek
Wisata Air Kali Kesek

Di wisata Kali Kesek memang terdapat space untuk berkemah, sehingga wilayah ini buka 24 jam.  Namun, untuk tujuan wisata, tempat ini hanya beroperasi pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Selain berkemah, Kawanjo juga bisa kulineran dan berburu makanan enak di sini. Datang saja di pasar kuliner setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00-18.00 WIB.

Baca juga: 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Rekomendasi Aktivitas di Wisata Air Kali Kesek

Rekomendasi Aktivitas di Wisata Air Kali Kesek
Wisata Air Kali Kesek

Walau dengan harga terjangkau, wisata air Kali Kesek siap mencetak pengalaman mengesankan. Pastinya dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Yaitu:

  1. Bermain di Sungai
    Tempat wisata Air Kalikesek memiliki daya pikat utama yakni sungai alami. Airnya sangat jernih dan mengalir dengan tidak begitu deras. Sehingga aman apabila anak-anak hendak bermain air di sini. Jika lelah berbasah-basahan, bisa duduk sejenak di atas batu besar yang memang banyak di sungai ini.
  2. Berenang
    Selain sungai, wisata Air Kali Kesek juga memiliki kolam renang. Ada tiga kolam dengan air yang jernih dan segar. Air di dalam kolam renang berasal dari air pegunungan yang bebas klorin.
  3. Terapi Ikan
    Selain basah-basahan, Kawanjo juga bisa mencoba terapi ikan gratis. Celupkan saja kaki ke dalam air, otomatis banyak ikan mengerubungi. Mereka menggigit kulit mati yang ada di kaki. Terapi ini bisa membantu menyerap bakteri jahat, bisa mencegah bau tak sedap pada kaki dan mengurangi masalah gatal-gatal. Dengan gigitan ikan-ikan, dipercaya juga bisa menghilangkan bekas luka di kaki. Tambahan lagi, bila Kawanjo punya hobi memancing, di Kali Kesek juga menyediakan kolam pemancingan.
  4. Kulineran
    Terdapat Pasar Kuliner yang dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu di pendopo besar Arenan Kali Kesek. Kawanjo bisa menjelajah rasa aneka makanan tradisional khas Kendal Jawa Tengah. Seperti putu mayang, kue kurma, comro gambus, dan lain sebagainya. Kesemuanya dapat dinikmati dengan harga terjangkau.
  5. Berkemah
    Aktivitas terakhir direkomendasikan untuk Kawanjo yang kepincut dan ingin berlama-lama di wisata air Kali Kesek. Menikmati panorama alam dan merasakan kesegaran suasana dengan berkemah. Gemericik air sungai akan menambah damainya suasana. Kawanjo bisa membawa peralatan berkemah sendiri ataupun menyewa.

Meski dengan biaya sedikit, wisata air Kali Kesek mampu memberikan beragam aktivitas menarik. Mulai dari bermain air hingga berkemah. Dijamin pulang dari sini Kawanjo akan punya pengalaman yang sulit terlupakan.

0 comments on “5 Aktivitas Wisata Air Kali Kesek Kendal, Tak Perlu Bayar Mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.