Keindahan Pulau Sumba
Local Experiences

Nikmati Keindahan Pulau Sumba Lewat Segarnya Wisata Air

Keindahan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur ada banyak ragamnya.

Keindahan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur ada banyak ragamnya. Salah satunya dipersembahkan oleh wisata air yang menyegarkan. Sebagai daerah kepulauan, Kawanjo tinggal memilih mau menuju ke mana dulu. Pantai, danau, atau air terjun?

Bermain air di tempat wisata air membuat Kawanjo bisa bersantai, menikmati keindahan alam, dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Kawanjo bisa berenang, snorkeling, atau memancing.

Air juga memiliki efek menenangkan bagi banyak orang. Sehingga bermain air bisa memberikan pengalaman yang menyegarkan dan menyenangkan. Ditunjang dengan destinasi wisata Sumba yang masih alami dan belum lama terjamah, Kawanjo akan merasakan kenyamanan maksimal.

Baca juga: Budget Cuma 3 Juta Tapi Pengen Jelajah Sumba? Bareng Pigijo Aja!

Keindahan Pulau Sumba (Wisata Air)

Wisata di Sumba Nusa Tenggara Timur mempunyai banyak pilihan. Sebagai daerah kepulauan, pantas bila wisata air menjadi unggulan. Pigijo hadir memberi kemudahan menyusun itinerary untuk mengeksplorasi berbagai tempat menarik. Termasuk diantaranya beberapa lokasi yang memungkinkan Kawanjo bisa bermain air sepuasnya. Yakni:

  1. Pantai Pero
    Pantai Pero
    Pantai Pero

    Terletak di kawasan Pero Batang, Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Pantai Pero adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terutama para anak senja, karena pantai ini terkenal dengan panorama matahari terbenam yang sangat menawan.

    Selain itu, lautnya yang biru dengan  gugusan batu karang membuat pemandangan yang indah. Ombaknya berukuran sedang hingga besar sering menabrak batu karang hingga membuat water blow atau cipratan air. Sehingga meskipun tidak disarankan berenang, Kawanjo bisa merasakan segarnya water blow tersebut.

    Jika Kawanjo merupakan penggemar fotografi, Pantai Pero Sumba juga memiliki spot yang photogenic. Mulai dari karang yang menjulang garang, laut biru yang jernih, serta pepohonan hijau di sekitar Pantai Pero. Jangan lupa sunset yang cantik juga harus diabadikan dalam sebuah potret menarik.

  2. Danau Weekuri
    Danau Weekuri
    Danau Weekuri

    Mitos yang beredar, dulunya ada perkampungan yang hilang karena tenggelam, kemudian sekarang menjadi  Danau Weekuri. Meski belum pasti kebenarannya, nama Weekuri berasal dari Bahasa Sumba yang berarti percikan air.

    Hal ini berdasarkan kepercayaan pula bahwa danau di Nusa Tenggara Timur ini terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sampai mampu menembus ke daratan. Air laut menerobos melalui lubang-lubang karang dan terjebak dalam genangan. Semakin lama genangan di dalam lingkaran karang ini semakin besar. Hingga terbentuklah danau Laguna Weekuri yang airnya terasa asin ini.

    Danau Laguna Weekuri berlokasi di Desa Kelena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat. Dari ibukota Kabupaten yakni daerah Tambaloka, jaraknya sekitar 60 kilometer. Bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Danau Weekuri Sumba berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar terjauh 50 meter. Kedalamannya berkisar 30 cm hingga 2,5 meter ketika surut. Namun saat laut pasang, kedalaman danau bisa mencapai lima meter.

    Keunikan Danau Weekuri selain airnya yang asin juga kondisi airnya yang tenang dan jernih. Jika berada di sini, Kawanjo bahkan bisa melihat langsung apa yang ada di dasar danau. Selain menikmati keindahan alamnya, Kawanjo juga bisa berenang ataupun memancing.

  3. Air Terjun Waimarang
    Air Terjun Waimarang
    Air Terjun Waimarang

    Beralih ke jenis wisata alam lainnya. Ada air terjun yang cukup tersembunyi karena dikelilingi tebing.  Sinar matahari pun tidak bisa masuk kesini seluruhnya. Meski begitu, panorama alam di air terjun Waimarang sangatlah cantik dan menarik. Warna airnya hijau toska, nampak jernih dan segar. Kawanjo pasti berhasrat kuat untuk tidak hanya membasahi kaki, tapi sekalian basah berenang.

    Airnya terjun dari sebuah kolam paling atas yang cukup sulit dicapai. Namun, dengan sampai di kolam tingkat kedua saja sudah bisa memuaskan jiwa raga. Udaranya pun sejuk, terasa bila sedang berada di lokasi ini. Kolam alami yang cukup luas aman untuk digunakan berenang, bahkan bagi anak-anak sekalipun. Jika hendak berburu foto, tempat wisata di Sumba Timur ini juga sangat recommended. Kombinasi menarik antara kolam hijau tosca dengan bebatuan dan tebing yang ada di pinggiran.

    Air terjun Waimarang terletak di Desa Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 87 kilometer dari Kota Waingapu, dengan waktu tempuh ke sekitar 3,5 jam. Setibanya di parkiran yang disediakan, Kawanjo harus  berjalan kaki melewati jalur trekking sepanjang sekitar 1 km. Kondisi jalannya sempit, curam, dan menurun. Jika musim hujan, pengunjung harus ekstra hati-hati karena licin.

Baca juga: Pulau Sumba Jadi Destinasi Pilihan 2024 Rekomendasi CNN Travel

Bagaimana, sudah memutuskan hendak kemana dulu untuk menikmati keindahan Pulau Sumba? Pantai Pero, Danau Weekuri, atau air terjun Waimarang? Yang jelas ketiganya akan dikunjungi dengan mudah bila Kawanjo bergabung dalam paket trip Sumba bareng Pigijo.

0 comments on “Nikmati Keindahan Pulau Sumba Lewat Segarnya Wisata Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.