Jajanan oleh-oleh khas Semarang
Local Experiences

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh

Semarang punya banyak jajanan yang bisa jadi opsi oleh-oleh.

Semarang memiliki banyak jajanan kuliner khas yang wajib banget dicoba sama Kawanjo. Tapi enggak hanya makanan berat, mereka juga punya banyak banget makanan ringan yang patut diicip. Makanan ringan atau yang dikenal dengan camilan ini, dapat dijadikan oleh-oleh. Rasanya dijamin banget enak dan cocok di lidah pecinta kuliner.

BACA JUGA: Tips Ngetrip Aman di Musim Hujan

Penasaran enggak sih apa saja camilan khas Semarang yang dapat dijadikan oleh-oleh? Pigijo sudah rangkumkan beberapa camilan khas Semarang dari berbagai sumber. Cek di bawah ini ya!

1. Jajanan Lumpia Semarang

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh
Lumpia

Kurang afdol rasanya kalau ke Semarang enggak nyobain lumpia khas mereka. Lumpia merupakan camilan goreng yang dibalut kulit dari tepung beras yang berisi rebung, telur orak-arik, dan irisan ayam atau udang. Teksturnya crispy di luar dan lembut di dalam.

Lumpia biasanya disajikan dengan saus atau cabai yang menambah rasa dan nikmat. Ada beberapa lumpia legendaris seperti Lumpia Cik Me Me, Lumpia Mbak Lien, dan lain-lain. Lumpia juga dapat ditemui hampir di semua tempat makan maupun pedagang kaki lima. Jajanan ini enak banget deh.

2. Bandeng Presto

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh
Bandeng

Buat yang enggak suka makan ikan karena males misahin durinya, wajib cicip kuliner khas Semarang satu ini. Bandeng Presto merupakan kuliner Semarang yang memiliki cita rasa gurih. Bandeng presto terdiri dari bandeng tanpa tulang yang dimasak dalam daun pisang dengan dibumbui kunyit, bawang putih, dan garam.

Kuliner ini dimasak secara pressure-cooked, yaitu dalam panci bersuhu tinggi untuk menghasilkan ikan yang empuk dan bumbu meresap sempurna. Kamu akan menikmati daging dan duri ikan yang melunak, sehingga aman untuk dimakan.

3. Jajanan Wingko Babat

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh
Wingko Babat

Wingko Babat merupakan camilan populer lainnya dari Semarang. Walaupun ada kata ‘babat’nya, jajanan ini buat terbuat dari babat sapi kok. Wingko babat adalah sejenis kue bundar yang terbuat dari kelapa parut, gula pasir, ketan, santan. Campuran tersebut kemudian dipanggang dan dipotong kecil-kecil.

WIngko babat bisa menjadi pilihan makanan ringan yang mengganjal perut. Memiliki rasa lezat dan tahan lama. Beberapa merk Wingko Babat yang terkenal di Semarang, antara lain Wingko Babat cap Kereta Api, dan Wingko Babat Tiga Kelapa Muda. Jangan lupa beli jajanan ini kalau ke Semarang.

4. Jajanan Kue Sarang Madu

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh

Kue Sarang Madu merupakan jajanan tradisional kuno khas Semarang. Kue ini sudah ada di Semarang sejak beberapa abad lalu, lho! Bentuknya enggak beraturan sehingga banyak juga yang menyebutkan Kue Sarang Burung. Bahan dasar kue sarang madu terdiri dari tepung beras, santan, dan bumbu tertentu. Rasa yang dihasilkan gurih dengan tekstur renyah. Disajikan dengan lumuran cairan gula atau madu yang menjadi lebih nikmat saat memakannya.

5. Jajanan Tahu Bakso Ungaran

5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh
Tahu Bakso

Camilan dan jajanan berupa Tahu Bakso menjadi hal yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Karena oleh-oleh dari Ungaran ini sangat nikmat dan pas dijadikan oleh-oleh. Merk ternama adalah Tahu Bakso Bu Pudji yang berada di Jl. Jendr Sudirman No 156 Langensari. Buah tangan ini ada yang versi goreng dan rebus sehingga bisa dipilih sesuai selera anda.

Tahu Bakso ini juga termasuk oleh-oleh yang awet dan tahan dibawa perjalanan. Itu tadi lima jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Semarang yang wajib Kawanjo bawa saat ngetrip ke sana. Kini, waktunya Kawanjo lihat paket wisata menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: Ngetrip ke Curug di Musim Hujan? Simak Tips Berikut Ini

0 comments on “5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh

Leave a Reply

Your email address will not be published.