wisata Pasir Gibug
Local Experiences

5 Daya Tarik Wisata Pasir Gibug Brebes

Pasir Gibug Brebes merupakan taman luas yang menawan di perbukitan berhawa sejuk nan menenangkan. Penasaran? Baca sampai tuntas ya!

Ada tempat wisata hits yang baru buka nih. Sempat viral di dunia maya sehingga mampu mendatangkan banyak massa. Pasir Gibug Brebes nama tempatnya. Destinasi wisata di Brebes ini cocok untuk keluarga atau bahkan berbagai usia. Tak hanya siang hari, kamu bisa menikmati keindahan di dalamnya hingga malam.

Sejarah Pasir Gibug Brebes

Pasir Gibug Brebes, Sejarah Pasir Gibug
Sejarah Pasir Gibug Brebes.

Lokasi yang menjadi tempat wisata ini adalah lahan milik Pondok Pesantren Mubarokal Ulum Desa Penanggapan. Sebelumnya, di perbukitan ini merupakan taman yang memiliki gazebo untuk para santri. Ada di dua sisi, masing-masing untuk para santri perempuan dan santri laki-laki. 

Ketika waktu berkunjung tiba, banyak orang tua santri yang menggunakan taman beserta gazebo untuk istirahat dan jalan-jalan. Karena pemandangan di lahan seluas 38 hektar ini sangatlah indah, lambat laun banyak masyarakat yang tahu dan ikut berkunjung di sini. 

Karena pemandangan di sekitar yang bagus, akhirnya banyak pihak  mengusulkan supaya lahan tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata. Maka, proses pembangunan pun berlangsung. 

Hingga akhirnya jadilah Pasir Gibug Penanggapan. Sebuah wisata alam kekinian yang dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Seperti spot foto instagenic yang justru menjadi alat untuk mempromosikan potensi Pasir Gibug Brebes ke dunia maya.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Alamat Pasir Gibug Brebes

Pasir Gibug Brebes, Alamat Pasir Gibug
Alamat Pasir Gibug Brebes.

Terkenal juga dengan sebutan Pasir Gibug Banjarharjo Brebes, tempat wisata ini berada di Desa Penanggapan, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Jalan menuju Pasir Gibug sudah layak untuk dilalui kendaraan bermotor. Baik roda empat maupun sepeda motor roda dua. Dari alun-alun kota Brebes, butuh waktu 1 jam lebih untuk sampai di tempat ini. Karena berada di perbatasan, perjalanan juga bisa dimulai dari alun-alun kota Kuningan. Waktu yang diperlukan juga hampir sama, yaitu sekitar 1 jam.

Daya Tarik Pasir Gibug Brebes

Pasir Gibug Brebes, Daya Tarik Pasir Gibug
Daya Tarik Pasir Gibug Brebes.

Pasir Gibug merupakan taman luas yang menawan di perbukitan berhawa sejuk menenangkan. Ditambah polesan fasilitas kekinian, membuat tempat wisata di Brebes ini semakin membuat hati tertawan.

Banyak orang yang datang karena penasaran dengan daya tarik yang ditawarkan. Yakni:

  1.  Wisata alam yang instagenic

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam sekitarnya, Pasir Gibug Brebes melengkapi lokasinya dengan berbagai fasilitas. Ada jalur pejalan kaki yang nyaman dan gazebo yang menanti di setiap sudut. Di sekelilingnya terdapat taman yang asri dengan rumput hijau dan aneka ragam tanaman hias. Dari kejauhan tampak Waduk Malahayu dan perbukitan lainnya. Sungguh bingkai lukisan Tuhan yang menakjubkan.

Tak lupa ada juga bermacam-macam spot selfie yang menambah keelokan suasana. Seperti balon udara, jembatan, sayap kupu raksasa, dan lainnya. Warna-warni cerah dari berbagai alat permainan, di antara pemandangan alam juga memberikan ide tersendiri untuk memotret. Jangan lupa pasang di media sosial seperti instagram, guna mengabarkan pada dunia luas, tentang pengalaman mengesankan saat di Pasir Gibug Penanggapan.

Baca Juga : Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Bikin Senang, Segar dan Sehat

  1.  Kolam Renang Pasir Gibug 

Bayangkan betapa asyiknya berenang dengan view menarik di sekeliling. Apalagi kolam renang Pasir Gibug dibuat berwarna-warni, sehingga makin menarik hati.

Terdapat dua jenis kolam yaitu untuk anak dan dewasa. Khusus kolam anak-anak memiliki sarana bermain di air yaitu seluncuran dan lainnya.

  1. Food court Pasir Gibug

Sejak bulan Mei 2023, pengunjung bisa menikmati wisata kuliner hingga malam hari di bukit Pasir Gibug, sambil memandang syahdunya kota Brebes dari ketinggian. Meski begitu, bila ingin menyantap kuliner di siang hari pun tetap bisa dilakukan. Karena pasti menarik bila menyantap hidangan sambil menikmati keindahan alam di sekitar.

  1. Wahana Outbound

Yang juga terbaru, yaitu sarana outbound di area Pasir Gibug. Siap digunakan untuk menguji adrenalin pengunjung. Terdapat belasan jenis permainan, seperti panjat tali, jembatan tali, flying fox, ayunan raksasa, dan lainnya.

  1. Penginapan Pasir Gibug

Tersedia juga cara guna berada di Pasir Gibug lebih lama. Yaitu dengan menginap di villa yang terdapat di area wisata. Dengan desain bangunan dari kayu jati, tipe villa pertama cocok bagi yang datang sendirian atau berpasangan. Karena hanya memiliki satu tempat tidur.

Bagi yang ingin menyewa villa untuk keperluan perusahaan juga bisa. Tipe Palem memiliki 4 ruang tidur dan satu meeting room yang luas nan nyaman.

Tiket Masuk Pasir Gibug 2023 

Pasir Gibug Brebes, Tiket Masuk Pasir Gibug 2023
Tiket Masuk Pasir Gibug 2023

Tak perlu galau. Tiket masuk Pasir Gibug masih terjangkau. Cukup dengan Rp 15.000 bisa berwisata di dalamnya. Ada tambahan biaya lagi untuk parkir, masuk kolam renang, dan pastinya bagi yang bermalam.

Baca Juga : 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Jam Buka Pasir Gibug Brebes
Pasir Gibug Brebes, Jam Buka Pasir Gibug
Jam Buka Pasir Gibug

Perlu diperhatikan untuk datang ke sini pada jam buka saja. Yaitu pukul 08.00-17.00. Namun bila ingin menikmati pemandangan di malam hari, silakan langsung menuju ke food court yang tutup hingga pukul 21.00.

Pasir Gibug merupakan salah satu tempat menarik di kota Brebes. Destinasi wisata yang menyuguhkan penampilan menarik dari sudut kota bawang ini. Apalagi sekarang food court nya buka sampai malam, sehingga bisa menikmati keindahan sekitar meski langit telah gelap. 

0 comments on “5 Daya Tarik Wisata Pasir Gibug Brebes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.