Olahan Ikan Khas Gorontalo
Lifestyle Local Experiences

5 Olahan Ikan Khas Gorontalo Ini Bikin Tidur Nyenyak

Buat Kalian Pecinta Kuliner, Kalian Harus Coba Olahan Ikan Khas Gorontalo

Gorontalo memiliki sumber kekayaan gizi dari perairan. Sebutlah ikan dan hewan lainnya. Salah satunya adalah danau Limboto yang menjadi anugerah untuk masyarakat provinsi yang berada di Pulau Sulawesi. Danau ini menjadi tempat hidup beragam ikan air tawar. Seperti mujair, nila, tawes, dan gabus. Terdapat banyak juga dari laut seperti cakalang dan tuna yang memperkaya khazanah olahan ikan khas Gorontalo. Berwisata ke sini, wajib mencoba pula makanan khas Gorontalo dari bahan ikan.

Manfaat Makan Ikan

Sebagaimana diketahui, ikan merupakan sumber gizi tinggi. Ikan mengandung asam lemak omega-3 sehat, yang mampu membantu melindungi jantung dan mencegah penyakit kronis. Lemak baik omega-3 juga bisa meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata.

Baca Juga : Panen Seru di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara!

Ikan juga mengandung vitamin D yang tinggi. Sehingga dapat membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Dan bagi yang sering insomnia, disarankan untuk lebih sering mengonsumsi ikan. Supaya mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Olahan ikan khas Gorontalo

Olahan Ikan Khas Gorontalo 1
Olahan Ikan Khas Gorontalo

Sebagaimana daerah lain, Gorontalo juga kaya akan produk kulinernya. Indonesia yang memang memiliki banyak sekali rempah dan bahan alam lain, menjadikan tiap wilayah mempunyai ragam kreasi makanan khas.

Baca Juga : Wisata 5 Dimensi Sungai Karajae, Wujud Teori Telapak Kaki Parepare

Gorontalo yang kaya akan ikan juga punya beberapa macam masakan istimewa. Baik itu yang diolah dengan resep turun temurun maupun hasil kreasi kekinian. Kesemuanya menyajikan kelezatan dan kandungan gizi yang tinggi pastinya.

Inilah olahan ikan khas Gorontalo yang siap membuat kekenyangan:

  1. Bilenthango
Olahan Ikan Khas Gorontalo Bilenthango
Olahan Ikan Khas Gorontalo Bilenthango

Olahan ikan khas Gorontalo ini berbahan ikan mujair, yang termasuk ikan air tawar. Ikan ini dibelah dan dibersihkan, lalu dilumuri bumbu khas. Kemudian ikan dibungkus daun pisang sebelum digoreng atau dibakar.

Baca Juga : Saatnya Merdeka Liburan dengan Pigijo Merdeka Sale!

Setelah matang, bilenthango bisa langsung dimakan. Beberapa orang menyajikannya dengan disiram kuah rempah.

  1. Sate ikan tuna
makanan khas Gorontalo Sate ikan tuna
makanan khas Gorontalo Sate ikan tuna

Nah, ini dia makanan yang memiliki banyak fans. Mulai dari sate bahan daging hewan darat dan udara, hingga sate ikan tuna khas Gorontalo.

Baca Juga : Ini Dia, Paket Wisata Sekaligus Menginap di Pulo Cinta, Maldives-nya Indonesia

Tekstur daging ikan tuna sangat lembut. Sehingga memiliki penggemar dari semua kalangan usia. Apalagi ditambah dengan bumbu khas Gorontalo yang lezat, sate ikan tuna siap dimakan dengan nasi hangat!

  1.  Binte Buluhuta
Olahan Ikan Khas Gorontalo Binte Buluhuta
Olahan Ikan Khas Gorontalo Binte Buluhuta

Gorontalo sebenarnya merupakan daerah penghasil jagung yang besar. Salah satu kegunaan komoditi ini tentunya untuk dikonsumsi masyarakatnya.

Baca Juga : Kenali 556 Destinasi Wisata Hutan Konservasi di Indonesia

Salah satu kuliner khas Gorontalo yang enak adalah binte biluhuta. Semangkuk sup segar dengan bahan utama jagung dan ikan cakalang. Bisa juga dilengkapi dengan udang.  Tak lupa saat memasak, makanan ini diberi bumbu rempah khas. Ketika menyajikan, sup binte biluhuta diberi topping berupa cabai, daun kemangi, dan irisan tomat. Jangan lupa diberi perasan air jeruk atau lemon. Hmm, segar sekali!

  1. Lalampa
makanan khas Gorontalo Lalampa
makanan khas Gorontalo Lalampa

Mirip dengan lemper yang diisi dengan ayam atau abon sapi, lalampa diisi dengan ikan tongkol yang disuwir.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Memiliki Pemandangan Alam Terindah

Selebihnya bahan yang digunakan pun hampir sama. Yaitu beras ketan yang ditambah dengan garam dan santan supaya gurih. Setelah semua bahan dibungkus dengan daun pisang, saatnya untuk mengukus. Sebenarnya hanya dengan dikukus, lalampa sudah matang. Namun akan lebih nendang rasanya bila mau bersabar sedikit, menunggu lalampa kukus dibakar terlebih dahulu.

  1. Ikan Goreng Bala Rica
olahan makanan khas Gorontalo Ikan Goreng Bala Rica
olahan makanan khas Gorontalo Ikan Goreng Bala Rica

Satu lagi makanan khas Gorontalo yang berbahan ikan. Yaitu ikan goreng bala rica yang memadukan rasa pedas cabai dan rempah khas Gorontalo.

Baca Juga : Menyingkap Cantiknya 17 Danau di Indonesia, Dijamin Kamu Suka!

Ikan yang bisa digunakan adalah gabus atau jenis lainnya. Pertama ikan harus dibelah dari punggungnya. Kemudian diberi perasan jeruk lemon dan garam untuk mengurangi bau amisnya.

Setelah beberapa saat, ikan siap digoreng. Siapkan minyak di penggorengan, jangan sampai melebihi ketebalan ikan, ya! Sembari menunggu minyak panas, letakkan  bumbu yang dihaluskan plus kemangi, ratakan di seluruh badan. Bisa juga dengan membungkus ikan sekaligus bumbunya dengan daun pisang.

Kemudian masukkan ikan ke wajan. Siram – siram terus ikan hingga matang bila tidak menggunakan daun pisang. Bila sempat membungkus, selain mengurangi kerepotan menggoreng, daun pisang yang digunakan bisa menambah aroma serta rasa. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil supaya ikan matang dengan sempurna.

Mengonsumsi ikan memang sudah umum bagi masyarakat Indonesia. Istimewanya, di berbagai daerah ada banyak cara memasak sehingga menghasilkan produk kuliner lezat yang menggugah selera. Tentunya dengan gizi tinggi, makanan dari hewan laut ini menjadi semakin banyak disukai. Olahan ikan khas Gorontalo adalah makanan – makanan yang juga memiliki banyak penggemar karena kelezatan dari rempah dan bumbu spesialnya. Bila berwisata ke sini, wajib menyempatkan untuk mencicipinya!

0 comments on “5 Olahan Ikan Khas Gorontalo Ini Bikin Tidur Nyenyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.