takjil, kolak pisang,
Local Experiences

5 Takjil Legendaris Khas Indonesia

Di Bulan Ramadhan ini, pastinya sudah melekat dengan menu pembuka saat berbuka puasa yaitu takjil, ini dia 5 takjil jajanan khas Indonesia!

Bulan Suci Ramadhan 1444 H ditetapkan dimulai pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Nah Kawanjo, kalau ngomongin tentang bulan Ramadhan, hal yang terlintas di benak kita tuh pasti santapan berbuka puasa atau takjil. Biasanya sih, di sore hari saat menunggu adzan maghrib akan banyak penjual takjil di sekitar lingkungan kita yang berjualan, karena mereka yang berpuasa biasanya akan mencari takjil sambil ngabuburit.

Nah, biasanya makanan yang identik menjadi takjil itu jajanan khas Indonesia dari berbagai daerah! Jajanan khas Indonesia ini memiliki ciri khasnya masing-masing, tapi yang biasanya dijadikan takjil itu makanan atau minuman yang memiliki rasa manis atau gurih.

Baca juga: Siap Berwisata di Pulau Dewata dengan Kulit Menawan Setelah Ramadhan 

2413
Lezatnya takjil jajanan khas Indonesia saat Ramadhan
(Sumber: kabarbumn.com)

Jajanan khas Indonesia yang selalu dijadikan menu andalan takjil sudah Minjo rangkum, nih! Di antaranya ada apa saja, ya? Yuk, mari disimak, 5 takjil yang berasal dari jajanan legendaris khas Indonesia.

  1. Kolak

“Berbukalah dengan yang manis-manis”, kurang lebih seperti itu yang dianjurkan Rasulullah. Orang Indonesia biasanya berbuka dengan takjil kolak. Kolak sendiri sangat identik dengan Bulan Suci Ramadhan. Kolak terbuat dari bahan dasar santan yang dicampur dengan gula aren, diisi dengan potongan ubi, pisang atau labu. Jajanan khas Indonesia yang selalu dijadikan takjil saat buka puasa ini mempunyai banyak variasi, tapi yang paling sering kita jumpai adalah kolak pisang yang menjadi pilihan. Rasanya yang manis, gurih dan bertekstur lembut bisa disantap saat masih hangat, tapi tak sedikit juga dari mereka yang menyantap kolak dengan ditambahkan es batu dan akan menjadi es kolak. Nah, by the way kolak ini berasal dari Sumatera Barat, lho! 

Baca juga: Kegiatan Seru Anti Bosan Selama Ramadhan

kolak, takjil, ramadhan
Kolak yang selalu menjadi menu pembuka andalan saat berpuasa
(Sumber: tokopedia.com
  1. Es Pisang Ijo

Minuman tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan ini juga menjadi pilihan favorit masyarakat untuk berbuka puasa, lho! Es pisang ijo disajikan dengan santan, sirup coco pandan, dan es serut dan isian utamanya adalah pisang yang balut dengan adonan tepung beras menjadi kulit berwarna hijau yang berasal dari air daun pandan. Lezatnya es pisang ijo sangat cocok dijadikan dessert ketika bebruka puasa, saat masuk ke dalam mulut, maka akan terasa lembutnya pisang, manis dan dingin yang akan membuat buka puasa kamu terasa nikmat!

Pisang yang biasa digunakan dalam pembuatan es pisang ijo adalah pisang raja, ambon, atau kepok yang sudah matang. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat es pisang ijo jajanan khas Makassar ini pun sangat mudah ditemukan di warung sekitar rumah kamu, jadi.. kamu ingin mencoba membuat takjil ini sendiri?

Baca juga: Tips Berwisata di Bulan Puasa Ramadhan

es pisang ijo, ramadhan, takjil
meronanya es pisang ijo khas Makassar
(Sumber: kompasiana.com)
  1. Kicak 

Takjil yang satu ini berasal dari Yogyakarta yaitu daerah Kauman, jajanan legendaris ini hanya ada atau hanya disajikan saat Ramadhan aja lho, Kawanjo! Jajanan kicak ini memiliki aroma khas, yaitu aroma nangka dan rasanya yang manis sehingga bisa menggugah selera. Kicak ini berbahan dasar ketan yang dimasak, ditumbuk dengan taburan kelapa parut, gula pasir, vanili, daun pandan, dan potongan kecil nangka yang dibungkus daun pisang. 

kicak, yogyakarta, takjil, ramadhan
Takjil khas Kauman, Yogyakarta
(Sumber: liputan6.com)
  1. Es Buah

Siapa yang tidak tahu es buah? minuman yang dicampur denga berbagai macam buah-buahan ini selalu menjadi takjil favorit semua kalangan yang berpuasa. Bahkan, saat tidak di bulan Ramadhan pun, tak sedikit yang minat untuk membeli es buah untuk menghilangkan dahaga. Jangan salah, es buah ini juga mengandung gizi yang kaya, lho! Di antaranya vitamin C, yang terkandung dalam buah stroberi dan buah naga, serat yang terdapat di dalam buah alpukat, Fitonutrien yang ada di dalam buah apel dan alpukat, dan Bromelain yang terkandung dalam buah nanas. So, dengan es buah yang dijadikan santapan pembuka saat berbuka puasa, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat!

es buah, takjil, ramadhan
Segarnya es buah yang dipadukan dengan berbagai macam buah-buahan
(Sumber: media.bakingworld.id)
  1. Sotong Pangkong

Terakhir, takjil legendaris ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat! Sotong pangkong ini berasal dari bahasa melayu yang terdiri dari kata sotong yang berarti sejenis ikan yang mirip dengan cumi-cumi, lalu pangkong yang berarti dipukul dengan palu. Pembuatan sotong pangkong ini dengan cara dipanggang di atas api arang dan disajikan dengan dua jenis sambal, yang satu dari cabai dan cuka lalu yang kedua dari kacang, cabai, dan cuka.

sotong pakong, pontianak, takjil, ramadhan
Nikmatnya sotong pakong khas yang dijadikan takjil khas Pontianak
(Sumber: pontinesia.com)

Well, itu dia beberapa jajanan legendaris tradisional Indonesia yang biasa dijadikan takjil saat bulan Ramadhan, Kawanjo! Tak perlu diragukan lagi ya, Indonesia ini memang kaya akan kuliner khasnya yang selalu berhasil menggugah selera, apalagi di saat seperti ini, yang pastinya banyak yang memburu takjil untuk menjadi menu pembuka saat berbuka puasa. Nah, jadi di antara ke 5 takjil tadi, kamu paling suka yang mana nih, Kawanjo?

Untuk kamu yang ingin selalu up to date tentang informasi seputar dunia pariwisata, jangan lupa untuk selalu memantau  artikel terbaru di PigiBlog, ya! Minjo ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, bagi yang menunaikan!

Penulis: Juwita Qhalby H.

0 comments on “5 Takjil Legendaris Khas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.