5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Local Experiences

5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara

Yuk rasain sensasi wisata di sekitar ibu kota baru Nusantara.

Indonesia bakal punya ibu kota baru. Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, ibu kota baru ini akan menyandang nama Nusantara atau nama resminya, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Rencananya Nusantara akan resmi menjadi pusat pemerintahan Indonesia pada 2024 mendatang, atau dua tahun lagi dari sekarang. Saat ini seluruh adminstrasi mau pun regulasi pendukung untuk pemindahan sampai pembangunan kawasan seluas 2.561.42 meter persegi sedang disiapkan.

BACA JUGA: 5 Kafe Outdoor di PIK Ini, Jadi Tempat Nongkrong yang Lagi Ngehits

Untuk tahap awal, Istana Keperesidenan beserta sejumlah Kementerian adalah rombongan awal yang akan pindah ke IKN. Setelahnya baru pemindahan secara bertahap sampai akhirnya IKN beroperasi penuh dilakukan secara perlahan sampai 2045 mendatang.

Meski Pemerintah Indonesia membuka lahan baru demi berdirinya IKN, dipastikan pembangunan sampai penjalanan fungsi IKN sebagai sebuah kota tidak akan merusak hutan. Bahkan IKN disebut-sebut sebagai kota hijau yang ramah lingkungan, dan ramah bagi pejalan kaki sampai pesepeda.

Dari fakta-fakta di atas ada fakta mengejutkan lagi terkait IKN yang belum terungkap. Kendati kota yang benar-benar dibangun dari nol, sejatinya di sekitar IKN sudah banyak objek wisata yang populer bagi masyarakat Kalimantan Timur.

Penasaran apa saja tempat wisata di sekitar IKN? yuk simak artikel ini:

  1. Pantai Nipah Nipah
5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Pantai Nipah Nipah salah satu destinasi wisata favorit di dekat IKN.

Tak cuma di tengah hutan, luas IKN sampai pada pesisir pantai wilayah Kabupaten Penajem Paser Utara di Kalimantan Timur. Tak heran sudah banyak pantai wisata yang berada di sekitar lokasi IKN berdiri. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Nipah Nipah. Jika pembangunan IKN berjalan maka Nipah Nipah menjadi objek wisata paling dekat dengan lokasi Istana Negara di IKN hanya berjarak 5,2 kilometer atau 10 menit perjalanan dari sana.

Saat ini Pantai Nipah Nipah menjadi primadona wisata di Penajem Paser. Warga sekitar kerap menghabiskan waktu senggang di pantai tersebut. Selain indah, para pengunjung di Pantai Nipah Nipah bisa melihat panorama kota Balikpapan dari pantai ini.

  1. Keraton Sambaliung
5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Salah satu koleksi Keraton Sambaliung

Selain wisata pantai di dekat IKN, Kawanjo bisa pula menikmati wisata sejarah. Tak jauh dari IKN terdapat sebuah wilayah di Kalimantan Timur bernama Kabupaten Berau. Di sini terdapat Keraton Sambaliung peninggalan Kesultanan dengan nama serupa.

Kini, Keraton Sambaliung sudah difungsikan sebagai museum. Di dalam museum Keraton Sambaliung Kawanjo bisa melihat berbagai benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Sambaliung. Selain benda-benda bersejarah, yang patut dikagumi dari Keraton Sambaliung tentunya rancangan keraton itu sendiri. Jika dilihat dengan saksama maka arsitektur Keraton Sambaliung di dekat IKN terpengruh budaya Tionghoa.

  1. Bukit Bangkarai
5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Jembatan gantung di Bukit Bangkarai.

Wisata dekat IKN lainnya yang wajib banget dikunjungi Kawanjo yaitu Bugkit Bangkarai. Tempat wisata alam ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara. Daya tarik utama Bukit Bangkirai tak lain dak bukan adalah wisata hutan tropis.

Di Bukit ini Kawanjo akan melihat pohon-pohon besar yang menjulang dan juga beberapa sarana penunjang wisata lainnya, seperti jembatan gantung. Saat ini Bukit Bangkarai menjadi salah satu wisata andalan baik oleh Kabupaten Kutai mau pun Provinsi Kalimantan Timur.

  1. Mangrove Penajam
5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Mangrove Penajam yang ternyata lokasinya dekat dengan IKN.

Terletak di Kelurahan Kampung Baru di Penajam Paser Utara, terdapat sebuah tempat wisata menakjubkan, Mangrove Penajam. Objek berupa ekowisata ini cuma berjarak 12 kilometer atau 23 menit berkendara dari sang ibu kota baru IKN. Ada segudang kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Mangrove Penajam.

Selain berfoto dan menikmati keindahan alam di sana, jika beruntung Kawanjo bisa melihat kehidupan satwa liar di Mangrove Penajam. Wah, kalau gini jadi enggak sabar deh pengin cepat-cepat ngetrip ke sana.

  1. Pulau Gusung Tanjung Jumlai
5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara
Gusung Tanjung Jumlah selalu menjadi magnet wisatawan.

Gusung Tanjung Jumlai merupakan pantai yang berada di sekitar Kabupaten Penajem Paser. Jarak dari IKN ke Gusung Tanjung Jumlai cuma 23 menit perjalan darat. Daya tarik utama Gusung Tanjung Jumlai ada pada keindahan bawah lautnya.

Bagi Kawanjo yang hobi snorekling kalian bisa melihat keindahan terumbu karang di sini yang enggak kalah dari tempat wisata serupa di Indonesia. Bagi yang mau nyantai-nyantai saja di pinggir pantai Pulau Gusung pastinya menjadi pilihan tepat.

Itu tadi lima wisata di sekitar IKN, enggak perlu ibu kota pindah lho, untuk ngetrip ke sini. Sekarang pun Kawanjo sudah bisa untuk jajal keindahan kelima tempat wisata di atas.

Setelah melihat keindahan kelima tempat wisata itu, kini giliran Kawanjo untuk intip paket wisata menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: Trip ke Jambi, Wajib Coba Salah Satu dari 11 Kuliner ini. Nomor 9 Legendaris Banget!

0 comments on “5 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi di Sekitar Ibu Kota Baru Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.