5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Local Experiences

5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih

Mayoritas terowongan di Indonesia dibangun di zaman kolonial dan bahkan ada yang masih dipakai hingga saat ini.

Indonesia merupakan negara dengan kontur geografis yang bergunung dan berbukit. Kontur tersebut berpenguruh pada salah satu transportasi massal yaitu kereta api. Dengan banyak bukit dan gunung maka semakin banyak pula terowongan kereta api di seluruh penjuru tanah air.

Terowongan tentunya bakal memudahkan perjalanan kereta api. Sebab, dengan adanya terowongan maka perjalanan melewati wilayah berbukit akan lebih mudah tidak lagi menjadi halangan.

BACA JUGA: Libur Telah Tiba, Danau Toba Pilihannya!

Salah satu fakta menarik mengenai terowongan kereta api di Indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah panjangnya yang luar biasa. Kawanjo harus banget tahu di Indonesia ada terowongan kereta api yang panjangnya hingga mencapai 1 kilometer lebih. Hebatnya lagi terowongan super panjang itu bukan cuma, ada beberapa terowongan kereta api dengan panjang luar biasa di Indonesia.

Fakta lain soal terowongan kereta api ada pada tahun pembuatannya. Mayoritas terowongan kereta api di Indonesia sudah dibangun sekitar abad ke-18 sampai abad-19. Hebatnya terowongan kuno ini ada beberapa yang masih aktif digunakan sampai saat ini.

Untuk memuaskan rasa penasaran Kawanjo, kita ungkap daftar 5 terowongan api terpanjang di Indonesia:

  1. Terowongan Wilhelmina, Jawa Barat
5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Terowongan Wihelmina

Terowongan kereta api terpanjang nomor satu di Indonesia ditempati terowongan Wilhelmina. Kawanjo jangan kaget panjang Terowongan Wihelmina 1208 meter atau 1,2 kilo meter.

Terowongan Wihelmina berada di jalur kereta api di Jawa Barat yaitu jalur Pangandaran dari Banjar menuju Cijulang. Saat ini, terowongan Wihelmina yang dibangun pada zaman kolonial Belanda sudah tidak berfungsi. Hal ini dikarenakan kerusakan rel karena faktor usia maupun beberapa ruas rel yang hilang. Kondisi diperparah dengan tanaman liar yang tumbuh di area Terowongan Wihelmina.

Saat ini, meski sudah tidak berfungsi lagi Terowongan Wihelmina masih ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan kemegahan infrastruktur bekas zaman kolonial dahulu.

Baca Juga: 5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

  1. Terowongan Sasaksaat, Jawa Barat
5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Terowongan Sasaksaat

Panjang Terowongan Sasaksaat mencapai 949 meter atau hanya berbeda sedikit dari yang ada di nomor satu Terowongan Wihelmina. Namun ada perbedaan mencolok dua terowongan terpanjang di Indonesia ini. Terowongan sampai sekarang masih digunakan. Oleh karenanya, Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan kereta api aktif terpanjang di Indonesia.

Sasakasaat terletak Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sama seperti Terowongan Wihelmina infrakstruktur transportasi ini dibangun pada 1903 atau tepat ketika Indonesia masih di bawah pemerintahan kolonial Belanda.

  1. Terowongan Eka Bakti Karya, Jawa Timur
5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Terowongan Eka Bakti Karya

Terowongan terpanjang ketiga di Indonesia ditempati Terowongan Eka Karya Bakti. Terowongan sepanjang 850 meter ini terletak 5 kilometer selepas Stasiun Sumber Pucung di Malang Jawa Timur.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang

Sumber Karya Bakti merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Terowongan ini adalah terowongan paling panjang pertama hasil pembangunan anak bangsa. Pembangunan Sumber Karya Bakti bersamaan dengan pembanguna Bendungan Karangkates pada 1969.

  1. Terowongan Lubang Kalam Sawahlunto, Sumatera Barat
5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Terowongan Sawahlunto

Terowongan terpanjang keempat di Indonesia diduduki Terowongan Sawahlunto di Sumatera Barat. Terowongan sepanjang 827 meter ini merupakan yang terpanjang di Pulau Sumatera.

Masyarakat lokal mengenal Terowongan Sawahlunto dengan nama terowongan Lubang Kalam. Dibangun pada 1892, Terowongan Sawahlunto dulunya dipakai untuk mengangkut batu bara ke pelabuhan.

Baca Juga: 11 Hotel Unik dan Anti-Mainstream Untuk Staycation di Jakarta

Kini, Terowongan Sawahlunto sudah tidak berfungsi lagi. Infrastruktur bersejarah ini sudah beralih guna menjadi tempat wisata dengan status cagar budaya.

Mau bisa dapatkan paket trip ke Desa Wisata Rantih di Sawahlunto di sini.

  1. Terowongan Mrawan, Jawa Timur
5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih
Terowongan Mrawan

Berlokasi di dekat Stasiun Mrawan di Jember, Jawa Timur, Terowongan Mrawan diketahui memiliki panjang 690 meter. Terowongan ini dibangun perusahaan kereta api Belanda Staatsspoorwegen (SS).

Terowongan ini dikenal sebagai salah satu yang istimewa di Indonesia. Sebab, terowongan yang membelah Gunung Gumitir ini saat dilewati akan menampilkan pemandangan alam luar biasa yang memanjakan mata siapa saja penumpang kereta api yang sedang lewat di sana.

Baca Juga: 5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia

Itu tadi lima terowongan kereta api terpanjang di Indonesia. Setelah mengetahui fakta ini, favorit Kawanjo yang mana? tulis di kolom komentar ya.

Sekarang waktunya Kawanjo intip paket wisata menarik dari kami. Jangan ragu klik link ini.

BACA JUGA: Hobi Memancing? Wajib Kunjungi 5 Lokasi di Bogor Ini!

0 comments on “5 Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Mencapai 1 Kilometer Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published.