7 Destinasi Wisata di Uang Kertas Baru, Mana yang Jadi Favoritmu?
PigiNews

7 Destinasi Wisata di Uang Kertas Baru, Mana yang Jadi Favoritmu?

Suka penasaran nggak sih sama pemandangan yang ada di uang kertas baru? Yuk kita bahas!

Kawanjo, sudah tahu kan ya saat ini telah beredar uang kertas baru? Ya, bertepatan dengan momen HUT RI yang ke-77, Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan 7 uang baru yang disebut sebagai Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) yang terdiri dari pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000, Kamis (18/8) .

Meskipun hadir dengan desain baru, gambar-gambar pahlawan nasional di uang kertas baru masih sama. Tak lupa tetap dihiasi juga dengan kebudayaan Indonesia seperti tarian, flora, dan juga pemandangan alam.

Baca juga: Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga, Hemat Budget!

Nah, fakta lain yang wajib kamu tahu, pemandangan alam yang dipilih untuk ditampilkan pada desain baru Uang TE 2022 adalah destinasi wisata Indonesia yang terkenal cantik dan juga unik. Apa saja ya? Yuk kita bahas desain uang kertas baru! 

1. Banda Neira pada pecahan Rp1.000

destinasi wisata uang kertas baru 6
Banda Neira di uang pecahan Rp 1000,-

Kawanjo, tahu nggak? Nama Banda Neira sudah masyhur sejak zaman penjajahan lho, karena tempat ini kaya akan rempah-rempah. Nah, buat yang hobi snorkeling atau diving, Banda Neira wajib banget masuk wishlist kamu, karena pesona lautnya yang cantik dijamin bakal bikin kamu susah move on!

2. Ngarai Sianok pada pecahan Rp2.000

destinasi wisata uang kertas baru 7
Ngarai Sianok

Ngarai terbentuk akibat proses turunnya sebagian lempengan bumi yang menimbulkan patahan berwujud jurang yang curam. Namun, Ngarai Sianok di Bukittinggi memiliki pemandangan hijau yang epik lho! Kawanjo bisa menikmati keindahannya dari tebing-tebing setinggi 100 meter.

3. Gunung Bromo pada pecahan Rp5.000

destinasi wisata uang kertas baru 1
Pemandangan Bromo yang familiar.

Kawanjo pasti sudah tahu bahwa Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur sudah lama menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain kamu bisa mendaki trek gunung yang tidak terlalu jauh, kamu juga bisa mendatangi beberapa bukit indah seperti Bukit Teletubbies. Tak hanya eksplor keindahan lanskapnya, kamu juga bisa eksplor budaya dan masyarakat yang ada di sekitar Gunung Bromo, yaitu Suku Tengger.

4. Taman Nasional Wakatobi pada pecahan Rp10.000

destinasi wisata uang kertas baru 4
Wakatobi, surganya para diver.

Destinasi wisata yang ada di uang kertas baru selanjutnya adalah Taman Nasional Wakatobi yang merupakan destinasi para pecinta snorkeling dan diving nih. Kawanjo pasti sudah sering dengar bahwa Wakatobi di Sulawesi Tenggara, memiliki gugusan terumbu karang indah dan beragam biota laut yang siap memanjakan matamu. Sudah pernah ke sana?

Baca juga: Harus Coba, Makanan Khas Wakatobi Berbahan Hasil Laut

5. Derawan pada pecahan Rp20.000

destinasi wisata uang kertas baru 5
Lihat penyu di Derawan? Keren!

Destinasi wisata selanjutnya adalah Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Selain memiliki pemandangan bawah laut yang apik, di pulau ini Kawanjo juga bisa menyaksikan penyu bertelur lho! Karena memang, Derawan dikenal sebagai tempat budidaya penyu. Wah, seru banget, ya!

6. Taman Nasional Komodo pada pecahan Rp50.000

destinasi wisata uang kertas baru 2
Harus berapa Rp 50.000 untuk sampai ke Pulau Komodo?

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari destinasi yang satu ini adalah satwa komodo yang merupakan satwa endemik Nusa Tenggara Timur, sehingga hanya dapat Kawanjo temukan di sana. Nah, Taman Nasional Komodo ini terdiri atas 3 pulau, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain berinteraksi dengan Komodo, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lain lho, yaitu trekking, snorkeling, dan diving.

7. Raja Ampat pada pecahan Rp100.000

destinasi wisata uang kertas baru 3
Surga perairan ada di Raja Ampat.

Nah, Kawanjo pasti tahu banget destinasi wisata yang satu ini, karena namanya sudah tersohor hingga seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, Raja Ampat tidak hanya menyuguhkan lanskap yang indah, tetapi juga punya pesona bawah laut yang megah. Dapat dikatakan, bahwa tempat ini merupakan surga buat Kawanjo pecinta snorkeling dan diving!

Well, lihat uang kertas baru jadi kepingin ke salah satu destinasinya nggak sih? Buat yang bingung mau ke sana, Pigijo ada nih paket wisatanya. Gampang banget, tinggal pilih tanggal dan nikmati fasilitas yang bisa kamu dapat. Perjalananmu akan ditemani sama guide yang sudah tersertifikasi. Yuk cek di sini. Selamat berpetualang Kawanjo!

Penulis: Pristina Putri Kamaludin

0 comments on “7 Destinasi Wisata di Uang Kertas Baru, Mana yang Jadi Favoritmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.