batam wonderfood ramadan 2024
PigiNews PigiUpdate

Batam Wonderfood Ramadan 2024 Masih Berlangsung, Jom Balek Kampung!

Untuk kelima kalinya, event tahunan Batam Wonderfood Ramadan dilaksanakan. Artinya, masyarakat Kota Industri ini memiliki tempat yang tepat untuk berbuka bersama keluarga atau handai taulan.

Untuk kelima kalinya, event tahunan Batam Wonderfood Ramadan dilaksanakan. Artinya, masyarakat Kota Industri ini memiliki tempat yang tepat untuk berbuka bersama keluarga atau handai taulan. Berbagai makanan dan minuman ditawarkan. Dilengkapi dengan sarana prasarana yang memberikan kenyamanan. Dibalik itu, ternyata ada tujuan mulia selain melayani para pengunjung yang datang.

Batam Wonderfood Ramadan 2024 adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh pemerintah setempat setiap bulan berpuasa tiba. Tahun ini sudah pelaksanaan kelima, sehingga konsep dan pelaksanaannya pun lebih matang. Antusiasme masyarakat pastinya lebih tinggi dan perhatian pada potensi Kota Batam semakin kuat.

Jadwal Pelaksanaan Batam Wonderfood 2024

Jadwal Pelaksanaan Batam Wonderfood 2024
Batam Wonderfood 2024

Selama 30 hari, warga Batam tak perlu gusar mencari makanan buka serta sahur. Secara terpusat, pedagang dari seantero daerah berkumpul dan menyajikan menu-menu andalan. Mulai dari tanggal 9 Maret 2024, Batam Wonderfood Ramadan siap memberikan pilihan mulai dari masakan Melayu hingga makanan dan minuman kekinian. Tinggal memilih sesuai kebutuhan dan keinginan, event ini membuat suasana berpuasa jadi semakin menyenangkan.

Baca juga: Anti-Mainstream, Berikut Rekomendasi Wisata Batam Paling Hits 2022

Lokasi Batam Wonderfood Ramadan 2024

Lokasi Batam Wonderfood Ramadan 2024
Batam Wonderfood Ramadan 2024

Masih seperti tahun lalu, Batam Wonderfood Ramadan 2024 juga dilaksanakan di Taman Dang Anom.  Taman yang berada di samping jalan layang Laluan Madani tepatnya beralamatkan di Jalan Sudirman, Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ruang publik masyarakat sebagai tempat pelaksanaan Batam Wonderfood Ramadan ini sangatlah menarik. Posisinya strategis, karena Taman Dang Anom berada di jalan utama, yang menghubungkan beberapa wilayah Batam. Seperti bandara hingga ke pusat bisnis di Nagoya Batam. Hal ini mempermudah akses masyarakat untuk sampai dan menikmati bazar Batam Wonderfood Ramadan.

Selain mudah dicapai, pemilihan tempat juga dengan alasan lain. Yakni fungsi Taman Dang Anom sebagai magnet pariwisata. Tempat umum ini memang menarik karena memiliki berbagai spot instagenic. Pengunjung bisa berfoto dengan berbagai ornamen instagramable seperti menara hias setinggi 11 meter, miniatur sayap burung garuda, juga payung hias dengan latar belakang samping Laluan Madani. Apalagi saat malam, suasana jadi semakin indah dengan adanya lampu hias aneka warna.

Adapun fasilitas yang memberikan kenyamanan para pengunjung juga dimiliki oleh Taman Dang Anom ini. Seperti parkir yang luas, toilet bersih, masjid yang nyaman, juga fasilitas area bermain anak.

Baca juga: 4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

Tujuan Batam Wonderfood Ramadan 2024

Tujuan Batam Wonderfood Ramadan 2024
Batam Wonderfood Ramadan 2024

Jom Balek Kampung merupakan tema Batam Wonderfood Ramadan. Maknanya adalah mengajak para perantau untuk pulang kampung ke Batam. Sesuai dengan hal tersebut, pantas kiranya bila tenant yang mengikuti bazar menyajikan berbagai makanan khas Melayu. Seolah mengobati rindu, diharapkan pengunjung semakin bangga terhadap daerahnya.

Kuliner Batam pun terangkat lebih tinggi sehingga jadi favorit di hati masyarakat. Jadi apabila ada warga luar daerah yang turut datang, sama halnya dengan mengabarkan kelezatan potensi kuliner daerah. Dengan pelaksanaan selama sebulan, tentunya menu yang ditawarkan adalah beragam. Menjadikan keinginan untuk mencicipi dan menikmati semakin tak terhenti.

Di sisi lain, fakta bahwa peserta bazar adalah UMKM dari Kota Batam membawa tujuan mulia. Yakni meningkatkan perputaran roda perekonomian lokal. Dengan menyediakan alternatif pilihan tempat berbuka puasa untuk warga, Batam Wonderfood Ramadan 2024 diharapkan bisa menggerakkan ekonomi UMKM dan kreatif.

Satu lagi tujuan diadakannya Batam Wonderfood Ramadan ini, berhubungan dengan sektor pariwisata. Kuliner menjadi potensi tersendiri bagi sebuah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi tempat pelaksanaan acara adalah destinasi wisata di Batam yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Cafe Tepi Danau Batam

Acara Batam Wonderfood Ramadan 2024

Acara Batam Wonderfood Ramadan 2024
Acara Batam Wonderfood Ramadan 2024

Bazar Batam Wonderfood Ramadan memang dinantikan oleh warga. Di sini mereka bisa berburu kuliner kesukaan sambil menunggu buka. Masyarakat juga bisa menghabiskan waktu sembari menunggu tarawih ataupun sahur dengan berjalan-jalan mengelilingi venue. Jadi pengunjung tak hanya bisa membeli makanan untuk dibawa pulang tapi juga bisa sembari makan di tempat. Di sisi lain, terdapat 100 stand lebih yang bisa dijelajahi dan tak cukup hanya dalam sehari.

Menariknya, selain kulineran pengunjung juga bisa menikmati live music yang membawakan lagu rohani islami. Sambil duduk di meja dan kursi yang disediakan panitia, sangatlah nyaman bersantap buka sambil menonton aksi para musisi.

Jangan khawatir tertinggal waktu sholat. Sebab di lokasi Batam Wonderfood Ramadan juga tersedia mushola yang bersih. Terdapat pula imam yang bertugas sehingga sholat jamaah bisa terjamin. Pengunjung tak perlu takut ketinggalan sholat berjamaah saat berkunjung di event ini.

Batam Wonderfood Ramadan 2024 ternyata bukan hanya bermanfaat bagi pengunjung. Di mana masyarakat mendapatkan pengalaman ngabuburit dan berbuka puasa bersama keluarga atau handai taulan. Sedangkan bagi penjual tentunya bermanfaat dalam menggerakkan roda perekonomian. Sedangkan bagi daerah, event tahunan ini bisa mengakibatkan peningkatan kunjungan wisatawan.

0 comments on “Batam Wonderfood Ramadan 2024 Masih Berlangsung, Jom Balek Kampung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.