Rekomendasi Event Budaya di Pulau Sumatra bulan Juli
Local Experiences PigiUpdate

Berikut Jadwal 12 Event Budaya di Pulau Sumatra Selama Bulan Juli

Event Budaya di Pulau Sumatra jadi salah satu jurus jitu untuk menaikkan pamor pariwisata Indonesia.

Event budaya memang menjadi jurus jitu untuk menaikkan pamor pariwisata Indonesia. Dengan menunjukkan beragam potensi daerah, wisatawan semakin tertarik untuk menyaksikan ragam penampilan dan hasil kreasi masyarakat setempat. Apabila mengetahui rekomendasi event budaya di pulau Sumatra bulan Juli, sangat bisa dijadwalkan untuk mengisi liburan sambil menonton festival budaya.

Event Budaya di Bulan Juli

Event Budaya di Pulau Sumatra, Event Budaya di Bulan Juli
Event Budaya di Bulan Juli

Ada beragam acara budaya di Indonesia hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat KEN (Kharisma Event Nusantara). Sebuah program kerjasama antara pemerintah pusat dengan daerah untuk mewujudkan acara lokal yang bisa dinikmati oleh wisatawan nasional bahkan internasional. Event ini berasal dari seluruh pelosok negeri. Tak terkecuali pulau Sumatra, daerah dengan bermacam-macam budaya yang terjaga keluhurannya.

Meskipun tak masuk KEN, di bulan Juli ini terdapat beberapa event budaya di pulau Sumatra. Kawanjo bisa menyusun jadwal sehingga bisa menyaksikan bahkan terlibat dalam gelaran meriah acara-acara tersebut. Sebab bulan Juli memang memiliki hari-hari penuh kesenangan. Karena waktu libur panjang ada di dalamnya!

Baca Juga : Seru, 3 Hari Naik Gunung Prau Cuma Rp700 Ribu!

Rekomendasi Event Budaya di Pulau Sumatra Bulan Juli

Event Budaya di Pulau Sumatra, Rekomendasi Event Budaya di Pulau Sumatra Bulan Juli
Rekomendasi Event Budaya di Pulau Sumatra Bulan Juli

Sekilas, acara budaya dikhususkan untuk golongan lanjut usia. Padahal jangan salah. Pengelola event memang sengaja bertujuan melestarikan budaya luhur para leluhur tempo dulu. Namun, dengan pengemasan yang kekinian, diharapkan para generasi muda mau mengenal tradisi. Serta turut mempertahankan nilai-nilai bijak yang terkandung di dalam hasil kreasi yang ada sejak zaman dahulu kala.

Pulau Sumatra sebagai pulau terbesar keenam di Indonesia, memiliki banyak sekali suku bangsa dalam masyarakatnya. Sehingga tumbuh beragam budaya di tengah penduduk pulau berjuluk Swarna Dwipa ini. Guna melestarikan kebiasaan luhur sekaligus mengenalkan pada generasi sekarang, seringkali dilaksanakan event menarik. 

Ternyata, manfaatnya tak hanya untuk kelestarian budaya. Namun juga mampu menjadi magnet yang menarik kunjungan wisatawan ke masing-masing daerah pelaksana. Dengan begitu, keunggulan masyarakat semakin nampak. Baik faktor alam, budaya, maupun sosial ekonominya. Sehingga tak salah bila Kawanjo meluangkan waktu dan menyusun jadwal untuk hadir dalam event budaya di pulau Sumatra pada bulan Juli. Berdasarkan postingan di akun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, inilah urutan pelaksanaannya:

  1. Festival Bakar Tongkang pada 2-4 Juli 2023
Event Budaya di Pulau Sumatra, Festival Bakar Tongkang
Event Budaya di Pulau Sumatra, Festival Bakar Tongkang

Setelah vakum akibat pandemi, Festival Bakar Tongkang diadakan lagi di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. Acara ini dilaksanakan untuk memperingati kedatangan suku Tionghoa di Riau. Sedangkan, ritual membakar perahu tongkang adalah simbol bahwa mereka tak akan kembali ke negeri asalnya di dataran China.

Baca Juga : Destinasi Wisata Menarik di Sumatera Barat yang Bisa Kawanjo Kunjungi

  1. Festival Buah dan Bunga pada 7-9 Juli 2023
Event Budaya di Pulau Sumatra, Festival Buah dan Bunga
Event Budaya di Pulau Sumatra, Festival Buah dan Bunga

Festival yang satu ini akan diselenggarakan di Taman Mejuah-juah, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Tujuan utamanya adalah memperkenalkan wisata alam daerah Karo yang merupakan penghasil buah dan bunga.

  1.  Malam Budaya Batak pada 8 Juli 2023

Acara di Simalungun, Sumatra Utara ini menampilkan berbagai tradisi dan kebiasaan suku Batak. Masyarakat yang berdomisili di Pulau Sumatra ini memang terkenal dengan budaya khasnya. Dengan mengadakan event besar seperti ini, diharapkan bisa mempererat persaudaraan antar warga. Sekaligus mengenalkan dan mempertahankan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

  1. Dempo Ekraf Festival pada 8-9 Juli 2023

Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan yang terkenal dengan pesona Gunung Dempo akan mengadakan acara ekshibisi produk ekonomi kreatif masyarakatnyabpada bulan ini.

  1.  Payakumbuh Botuang Festival pada 13-15 Juli 2023

Selanjutnya, event budaya di pulau Sumatra ini masuk dalam daftar 110 KEN 2023. Dilaksanakan di Payakumbuh, Sumatra Barat, acara ini mengambil tema Bambu (Botuang). Yang diaplikasikan pada agenda seperti lomba mainan tradisional dan penampilan musik khas Payakumbuh.

  1. Aceh Culinary Festival pada 14-17 Juli 2023

Para penggemar kuliner siap merapat di Banda Aceh pertengahan bulan Juli ini. Sebab Aceh Culinary Festival akan digelar lagi. Bersiaplah untuk menyantap berbagai masakan kaya rempah khas Aceh.

  1.  Festival Budaya Kasultanan Pagaruyung pada 19-22 Juli 2023

Rekomendasi event budaya di pulau Sumatra bulan Juli salah satunya adalah Festival Budaya Kasultanan. Diadakan di Tanah Datar, Sumatra Barat, dengan acara ini diharapkan bisa melestarikan budaya para pendahulu. Dengan cara mengenalkan pada generasi sekarang. Sehingga nilai-nilai luhur bisa diterapkan dalam kehidupan mereka.

Baca Juga : Geopark Ngarai Sianok Sumatera untuk Generasi Mendatang 

  1. Festival Tabut pada 19-28 Juli 2023 

Prosesi Tabut Sakral dan Tabut Budaya menjadi agenda tetap festival di Bengkulu ini. Selain itu akan juga ada penampilan tari tarian kolosal, bazar Tabut dan stand UMKM, parade drumband. Tak lupa dilaksanakan lomba desain dan peragaan busana kain besurek.

  1. Festival Tabuik Piaman pada 19-30 Juli 2023 

Event budaya di bulan Juli satu ini ternyata telah dilakukan sejak abad 18. Sehingga menjadi bagian dari kalender pariwisata Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Festival Tabuik merupakan peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW. Yang bernama Hussein bin Ali  pada tanggal 10 Muharram.

  1.  Festival Batanghari pada 22-25 Juli 2023

Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra. Jambi adalah salah satu kota yang dilewatinya. Sehingga festival Batanghari di Jambi ingin menonjolkan tradisi kehidupan masyarakat sekitar sungai. Yang dikemas dalam pertunjukan seni dan budaya dan bazar UMKM serta agenda lainnya.

  1. Tubaba Art Festival pada 27-29 Juli 2023

Tubaba Art Festival (TAF) 2023 digelar ketujuh kalinya di Tulang Bawang Barat, Lampung. Kegiatan tahunan sejak 2016 ini mengusung induk tema Self and Space. Tema ini menggambarkan persoalan antara diri pribadi seseorang dengan lingkungan yang saling membentuk dan dibentuk. Acara yang akan dilaksanakan berupa penampilan seni pertunjukan, teater, tari dan musik. Juga ada bazar UMKM, launching dan diskusi buku, pameran seni rupa & kriya “Keramik Tanoh Nughik’ serta pemutaran film dan lokakarya. 

  1. Pentas Danau Toba Vol.1 pada 29 Juli 2023

Danau Toba masuk dalam daftar Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia. Karena itulah, berbagai cara dilakukan untuk menggenjot promosi daerah ini. Salah satunya adalah pentas Danau Toba Vol.1 yang akan dilakukan di Simalungun, Sumatra Utara. Agenda yang ada di dalamnya adalah pementasan kreasi seni seperti tari-tarian dan atraksi musik.

Ternyata ada banyak rekomendasi event budaya di pulau Sumatra bulan Juli ini. Mengikuti salah satu atau beberapa bisa jadi wisata menarik dan membentuk pengalaman menarik. Sehingga bisa meningkatkan pula rasa nasionalisme yang ada dalam jiwa raga. 

0 comments on “Berikut Jadwal 12 Event Budaya di Pulau Sumatra Selama Bulan Juli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.