Cara Naik Bus Macito
Local Experiences PigiUpdate

Cara Naik Bus Macito, Hati Riang Keliling Kota Malang

Begini cara naik Bus Macito, bus gratis dari dinas pariwisata ini akan membawa penumpangnya menyusuri aneka tempat menarik di Malang.

Kini berkeliling kota Malang bisa dengan cara yang mengasyikkan. Selain murah, juga mudah. Tak perlu berlelah-lelah, cukup duduk di bus lucu bernama Malang City Tour. Biasa disebut Macito, bus gratis dari dinas pariwisata ini akan membawa penumpangnya menyusuri aneka tempat menarik di Malang. Agar mendapatkan keriangan maksimal, Kawanjo harus paham cara naik bus Macito.

Bus Malang City Tour

Bus Malang City Tour
Bus Malang City Tour

Bus Malang City Tour atau Macito adalah program kreatif terobosan pemerintah kota Malang. Tujuannya adalah untuk melayani pelancong dari luar daerah maupun masyarakat Malang sendiri. Terutama dalam hal transportasi untuk wisata.

Bus Macito mengajak mereka yang naik untuk menyusuri sejumlah ruas jalan. Dimana kota Malang memang terkenal akan keindahannya. Sehingga berkeliling naik bus Macito memberikan sensasi menyenangkan dan sulit terlupakan.

Sarana transportasi wisata di Malang ini sempat terhenti. Hingga kemudian beroperasi kembali pada awal tahun 2023 tahun ini. Karena itu kemunculannya kembali menjadi hal yang dinantikan oleh banyak orang.

Baca Juga : Malang Night Paradise, Seru-Seruan di Lorong Waktu dan Naik Dinosaurus 

 Spesifikasi Bus Macito

 Spesifikasi Bus Macito
 Spesifikasi Bus Macito

Kini, terdapat 5 armada Macito yang siap beroperasi. Mengantar para penumpang menikmati pemandangan kota Malang. Macito versi lama merupakan bus dengan dua lantai. Bodinya berwarna hijau tua. Beroperasi pada tahun 2014, model lama ini kemudian harus dihentikan sementara karena berbagai alasan.  

Kini, dengan tetap mengusung heritage style, bus Macito versi terbaru bodinya berwarna hijau toska dan biru tua.  Meskipun tak lagi bertingkat, bus versi baru termasuk berukuran besar. Panjangnya 7,4 meter, lebarnya 2,1 meter, dan tingginya 3,1 meter. Bodi bus dibuat dari bahan khusus yang mampu bertahan selama 20 tahun tanpa keropos.

Kendaraan wisata dengan kapasitas 20 orang ini memiliki logo singa di badannya. Terdapat pula tulisan ‘Het Dorado van East Java’ yang berarti ‘Dorado dari Timur’ di sisi samping bus. Cara naik bus Macito pun semakin mudah dibandingkan dengan versi lama.

Menariknya, Macito terbaru dilengkapi tangga hidrolik. Sehingga memudahkan para penyandang disabilitas yang ingin naik bus ini juga. Dengan kecepatan 20 km/jam, Macito siap mengantar penumpang berkeliling dalam rute yang ditentukan selama 40 menit.

Baca Juga : Family Trip Bali, Cuma 2,5 Jutaan Aja!

Jadwal Bus Macito

Jadwal Bus Macito
Jadwal Bus Macito

Dengan memperhatikan cara naik bus Macito, semua kalangan masyarakat bisa menggunakannya. Tentunya sesuai dengan jadwal yang telah ada. Yaitu:

  1. Hari Senin – Kamis

Trip I: 09.00-09.40 WIB, Trip II: 09.40-10.20 WIB, Trip III: 10.20-11.00 WIB, Trip IV: 13.00-13.40 WIB, Trip V: 13.40-14.20 WIB, Trip VI: 14.20-15.00 WIB

  1. Sabtu – Minggu

Trip I: 10.00-10.40 WIB, Trip II: 10.40-11.20 WIB, Trip III: 13.00-13.40 WIB, Trip IV: 13.40-14.20 WIB, Trip V: 15.30-16.10 WIB, Trip VI: 16.10-16.50 WIB, Trip VII: 16.50-17.30 WIB

Rute Bus Macito

Rute Bus Macito
Rute Bus Macito

Sesuai dengan desain heritage nya, penumpang akan menyusuri rute bus Malang City Tour (Macito) yang memiliki nilai sejarah. Karena Malang merupakan kota yang terus mempertahankan bangunan-bangunan lama sebagai saksi sejarah. Selama 40 menit penumpang akan disuguhi pemandangan kota di ruas jalan  antara lain Jalan Basuki Rahmat atau Kayutangan, Jalan Besar Ijen, Alun-Alun Tugu, dan Stasiun Malang Kota Baru.

Baca Juga : nikmati liburanmu dengan mengunjungi Kaldera Tengger/Gunung Bromo

Cara Naik Bus Macito
Cara Naik Bus Macito
Cara Naik Bus Macito

Pantas bila animo masyarakat untuk mencoba bus Macito sangatlah besar. Bahkan banyak yang mengaku tak bosan meski sudah naik berkali-kali. Salah satu alasannya adalah gratisnya biaya dan mudahnya cara naik bus Macito.

Ya, untuk naik bus Macito pun tidaklah susah. Namun, demi kebagian kursi, diharapkan Kawanjo sudah memesan tiket dua sampai tiga hari dari jadwal rencana berlibur.

Inilah cara naik bus Macito:

  1. Mengunduh aplikasi bernama Macito di Playstore
  2. Mengisi identitas beserta nomor ponsel, KTP, dan email untuk mendaftar 
  3. Memilih jadwal perjalanan 
  4. Jika berangkat sendiri bisa memilih untuk individu, maksimal empat kursi. Sementara jika naik bersama kerabat bisa memilih pilihan rombongan, maksimal 10 kursi.  
  5. Memilih nomor kursi
  6.  Calon penumpang akan mendapatkan notifikasi kode (barcode) pemesanan. Nanti bisa ditunjukkan kepada petugas Dishub Kota Malang saat menaiki bus Macito
  7. Calon penumpang bisa mendatangi titik kumpul yang berada di Jalan Majapahit untuk menaiki bus Macito, sesuai hari dan waktu yang dipilih di aplikasi

Begitulah cara naik bus Macito. Dengan melakukan semua langkahnya, Kawanjo bisa berkeliling kota Malang. Hati riang didapat saat refreshing sambil naik kendaraan keren nan nyentrik. 

1 comment on “Cara Naik Bus Macito, Hati Riang Keliling Kota Malang

  1. shshshsh

    aplikasi macito lag banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.