Wisata Domba Cilongok
Local Experiences

Wisata Domba Cilongok, Bukan Tempat Menggembala Biasa

Wisata Domba Cilongok, tempat wisata terbaru di Banyumas yang sengaja dibuat untuk mengedukasi masyarakat tentang hewan ternak. Penasaran? Yuk, baca artikelnya!

Mendekati perayaan Idul Adha milik umat muslim, pamor hewan kambing atau domba sedang naik daun. Sebab, demi menjalankan perintah berkurban, para umat Islam berburu hewan berkaki empat ini. Nah, kali ini Kawanjo akan diajak bukan untuk menyembelih, namun mengunjungi wisata domba Cilongok Banyumas. Tempat menggembala hewan ternak yang memiliki view ala New Zealand, Selandia Baru!

Lebih familiar dengan nama Menggala Ranch, wisata domba Cilongok memang memberikan konsep anti mainstream. Tak rugi bila Kawanjo menghabiskan waktu berlibur di sini. Vibes padang rumput luas di luar negeri ternyata juga ada loh di Banyumas. Jadi, tak perlu ngoyo jauh-jauh wisata ke luar negeri. Tetaplah yakin, nusantara punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Asal Usul Wisata Domba Cilongok

Asal Usul Wisata Domba Cilongok
Asal Usul Wisata Domba Cilongok

Ya, area Menggala Ranch wisata domba Cilongok Banyumas sering disebut mirip New Zealand. Sedangkan masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama bukit teletubbies. Namun, jangan kaget bila area menggembala ini bukanlah tempat yang biasa.

Setiba di sana, Kawanjo bisa membuktikan sendiri. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan rumput nan hijau. Di atasnya banyak sapi dan domba yang bebas berkeliaran. Dengan background perbukitan dan pepohonan rindang, berada di sini seolah mampu mengisi tangki ketenangan dan kebahagiaan. Apalagi hawa sejuk udara yang siap dihirup sebanyak-banyaknya!

Baca Juga : Cuma 2,5 Jutaan Aja sudah bisa Family Trip Bali, cek yuk!

Sebab potensi alamiah itulah, awal mula adanya wisata di Banyumas viral ini. Karena sebelumnya area ini hanya merupakan tempat penelitian dan pengembangan hewan ternak. Hingga kemudian tercetuslah ide untuk sekalian mengemas sebuah tempat wisata domba Cilongok dan membukanya untuk umum pada sebagian area.

Sekalian menonjolkan keindahan alamnya, Menggala Ranch Cilongok pun memberi poin plus untuk pengunjung. Yaitu proses edukasi merawat dan mengembang biakkan hewan ternak. Khususnya kambing, domba, dan sapi. Di sini, Kawanjo bisa berinteraksi dengan para hewan yang bebas bergerak mencari makan. Bahkan bila ingin mengelus anak sapi, ini jadi hal yang mudah.

Ke depan, pengelola merencanakan akan terus melengkapi lokasi dengan berbagai fasilitas wisata. Seperti cottage, cafe,  hall, dan lainnya. Namun, lokasi pemeliharaan hewan ternak tetap ada, termasuk dengan fasilitas penelitian dan pengembangan. Jadi, jangan lagi berkata sekedar tempat menggembala biasa.

Lokasi Wisata Domba Cilongok 

Lokasi Wisata Domba Cilongok 
Lokasi Wisata Domba Cilongok 

Dengan luas total 11 hektar, alamat wisata domba berada di desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dari kecamatan Purwokerto yang menjadi pusat pemerintahan kabupaten Banyumas, cukup membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Menggala Ranch wisata domba Cilongok. 

Lokasinya yang menjadi bagian dari perbukitan Menggala,  memberi kesempatan Kawanjo untuk berpuas-puas menikmati keindahan alam. Tak lupa juga berfoto dengan berbagai gaya sesuai yang dimau. 

Baca Juga : 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Hal yang Menarik di Wisata Domba Cilongok

Hal yang Menarik di Wisata Domba Cilongok
Hal yang Menarik di Wisata Domba Cilongok

Tempat wisata terbaru di Banyumas ini sengaja dibuat untuk mengedukasi masyarakat tentang hewan ternak. Terutama sapi dan domba. Ada sekitar 500 ekor hewan yang dibiarkan hidup bebas di alam terbuka. Domba-domba yang ada di sini merupakan jenis Priangan dari Garut dan Barbados dari Afrika. 

Kawanjo dan pengunjung bebas mendekati mereka. Namun,  dihimbau untuk tidak terlalu berlebih-lebihan. Supaya hewan yang ada tidak stress dikarenakan tingkah manusia. Berjalan dan berlari di dekat kerumunan domba yang sedang merumput sudah cukup memberikan pengalaman mengesankan. Juga menjadi objek foto menarik di wisata Banyumas instagramable.

Setiap hari domba akan dilepas pada pukul 8.30 di pagi hari. Mereka digiring keluar dari kandang di area bawah lokasi wisata. Kemudian hewan berbulu tebal ini dikandangkan kembali pada pukul 16.30 sore harinya. Sebagai jaminan, domba-domba ini di cek kesehatannya setiap hari. Domba yang sedang sakit tidak ikut merumput. Baru ketika kondisi domba sehat, kembali bisa ikut teman-temannya yang lain.

Selain mengamati domba, Kawanjo juga bisa melihat ayam-ayam hias dengan kandangnya yang berbentuk rumah-rumahan. Terdapat pula kolam besar berisi ikan di area wisata domba Cilongok.

Baca Juga : Liburan Keluarga di Wisata Pereng Cilongok Banyumas 

Anak-anak pun tak kalah merasa senang berada di sini. Terdapat area playground yang berisi mainan mengasyikkan. Seperti ayunan, jembatan, mini bukit, rumah kurcaci, dan lainnya.

Wisata domba Cilongok Menggala Ranch memang bukan tempat menggembala biasa. Hewan-hewan yang bebas mencari ternak justru menjadi nilai lebih penarik hati pengunjung. Ditunjang dengan view alam yang sangat indah, tak salah memilih tempat ini untuk berlibur dan menambah stok foto instagenic.

0 comments on “Wisata Domba Cilongok, Bukan Tempat Menggembala Biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.