PigiNews

Cerita Sashya Subono Di Balik Layar Kingdom of the Planet of the Apes

Cerita Sashya Subono Di Balik Layar Kingdom of the Planet of the Apes

Film terbaru dari franchise Planet of the Apes, Kingdom of the Planet of the Apes, telah resmi dirilis di Indonesia pada 8 Mei 2024, menyambut antusiasme penggemar yang telah lama menantikannya. Salah satu elemen kunci dalam pembuatan film ini adalah kontribusi dari seorang animator berbakat asal Indonesia, Sashya Subono. Meskipun film ini dipuji karena visualnya yang memukau, banyak yang tidak menyadari bahwa ada sentuhan kreatif dari Sashya dalam animasi wajah karakter-karakter kera yang menjadi fokus utama dalam cerita.

Baca juga: Sejarah Tari Kecak yang Menginspirasi Soundtrack Film Avatar: The Last Airbender

Sashya Subono, Kingdom of the Planet of the Apes,
Poster Film Kingdom of the Planet of the Apes.

Sashya Subono, seorang perempuan asal Jakarta yang telah menetap di Selandia Baru untuk mengejar karier di industri film, memiliki latar belakang yang mengesankan. Setelah menyelesaikan studinya, ia memulai karier sebagai pengajar sebelum akhirnya melanjutkan studi S2 dan menemukan passion-nya dalam bidang efek visual film. Setelah bergabung dengan WetaFX, perusahaan efek visual terkemuka di Selandia Baru, Sashya Subono mulai terlibat dalam produksi beberapa film Hollywood terkemuka.

Baca juga: Ajang Balap Sepeda Bergengsi BOB Downhill 2024 Siap Digelar di Borobudur

Sashya Subono,
Sashya Subono. (dok. Walt Disney Studio)

Tugasnya sebagai facial motion animator dalam Kingdom of the Planet of the Apes membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang gerakan dan ekspresi wajah kera. Untuk mempersiapkan diri, Sashya Subono melakukan riset ekstensif dan bahkan bertemu langsung dengan kera-kera asli di kebun binatang untuk mengamati perilaku mereka. Menurutnya, salah satu tantangan terbesar adalah membuat animasi wajah karakter kera terlihat alami dan meyakinkan bagi penonton.

Baca juga: Bali Spirit Festival Hadir 1-5 Mei 2024, Ubud Jadi Pusat Wisata Spiritual Dunia!

Sashya Subono,
THE KINGDOM OF THE PLANET OF THE APES (Hak Cipta: 20th Century Fox / Disney)

Meskipun Kingdom of the Planet of the Apes bukan proyek Hollywood pertamanya, Sashya telah terlibat dalam beberapa produksi besar sebelumnya, termasuk film-film dan serial Marvel serta proyek seperti Avatar: The Way of Water dan Godzilla x Kong: The New Empire. Namun, tugasnya dalam film ini menawarkan tantangan tersendiri, terutama dalam hal detail animasi wajah yang memerlukan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Baca juga: Geopark Kebumen Siap Masuk Jajaran UNESCO Global Geopark

Sashya Subono,
Sashya memegang piala Oscar.

Prestasi Sashya dalam industri animasi tidak dapat dipandang remeh. Bahkan, ia memiliki pengalaman langka sebagai salah satu animator Indonesia yang pernah memegang Piala Oscar, berkat kontribusinya dalam film Avatar: The Way of Water. Kariernya yang gemilang menjadi salah satu alasan mengapa penonton mungkin lebih tertarik untuk menonton Kingdom of the Planet of the Apes di bioskop.

0 comments on “Cerita Sashya Subono Di Balik Layar Kingdom of the Planet of the Apes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.