Kereta Wisata Non Priority
Local Experiences PigiUpdate

Daftar Jenis dan Harga Kereta Wisata Non Priority, Mau Pilih yang Mana?

Kereta wisata telah menjadi pilihan masyarakat untuk pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Berikut daftar jenis dan harga kereta wisata non priority!

Kereta wisata telah menjadi pilihan masyarakat untuk pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Kereta wisata merupakan bentuk layanan pariwisata berbasis kereta api di Indonesia. Dalam pengoperasiannya, ada jenis kereta api priority dan non priority yang bisa dipilih. Dikarenakan fasilitas yang lebih banyak dibanding kereta api reguler, wajar bila harga kereta wisata non priority dan priority menjadi lebih mahal.

Kereta wisata didesain khusus dengan produk dan layanan istimewa. Di dalam gerbongnya akan ditemui berbagai macam fasilitas mewah dan interior yang menarik. Hal ini yang membuat harga kereta wisata lebih mahal. Bahkan saat di stasiun keberangkatan, penumpang kereta wisata akan menunggu di ruangan VIP dengan petugas khusus.

Kereta yang dikelola PT KAI Wisata inipun bisa dipesan untuk penggunaan yang disesuaikan permintaan. Jadi berbeda dengan kereta api reguler yang jadwalnya pasti, tidak bisa diubah. Meskipun dalam perjalanannya kereta wisata masih dirangkai dengan kereta api reguler. Sehingga stasiun keberangkatan dan pemberhentian mengikuti jadwal kereta api reguler.

Baca Juga : G Train : Inilah Kereta Pribadi Mewah dan Cepat Pertama di Dunia Seharga 5 Triliun 

Tipe Kereta Wisata

Tipe Kereta Wisata
Tipe Kereta Wisata

Kereta wisata terbagi menjadi dua tipe yaitu non priority dan priority. Masing-masing memiliki fasilitas dan ciri khas tersendiri yang siap memberi pengalaman mengesankan.

Kereta wisata Tipe Priority memiliki 30 tempat duduk. Sehingga disebut sebagai kereta wisata dengan kapasitas terbesar. Di setiap tempat duduk ada LCD TV touchscreen. KAI Wisata Priority juga dilengkapi mini bar, ruang karaoke, ruang makan, bagasi, dan toilet ekslusif. Tipe ini juga dilengkapi dengan audio video on demand (AVOD). 

Tujuh jenis kereta wisata non priority

Tujuh jenis kereta wisata non priority
Tujuh jenis kereta wisata non priority

Tipe selanjutnya adalah kereta wisata non Priority. Berbeda dengan  Priority, tipe yang ini memiliki banyak jenis dan bisa dibedakan satu sama lain berdasarkan ciri khasnya. Nama yang disematkan pun bisa menunjukkan kebudayaan yang diangkat untuk interiornya. 

Baca Juga : Berwisata di Rute Kereta Panoramic Indonesia

Tujuh jenis kereta wisata non priority adalah:

  1.  Nusantara

Kereta api Nusantara hadir dengan mengusung tema budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Di dalamnya terdapat 19 kursi dan 1 tempat tidur berkapasitas 2 orang. Terdapat balkon besar yang membuat penumpang bisa melihat pemandangan dari bagian belakang kereta.

  1. Sumatera

Jenis kereta wisata yang satu ini menampilkan pernak-pernik ranah Minang. Jumlah kursi di dalamnya adalah 22 buah.

  1. Bali

Berisi 20 kursi, tipe kereta wisata non priority ini menunjukkan gaya pulau Dewata. Interiornya ditata rapi dengan lukisan dan ukiran khas Bali.

  1. Toraja

Terdapat lukisan dan ukiran juga di tipe kereta wisata yang satu ini. Hanya saja, sesuai namanya, kereta wisata ini mengusung budaya Toraja. Di dalamnya memuat 22 kursi.

  1. Jawa

Feeling like home berupaya disajikan oleh jenis kereta wisata yang satu ini. Dengan pernak-pernik khas budaya  Jawa, terdapat 19 kursi dan 1 tempat tidur berkapasitas 2 orang. Berada di dalamnya seolah bisa merasakan kehangatan rumah masing-masing.

  1. Retro

Seperti namanya, kereta wisata non priority ini menunjukkan gaya klasik pada interiornya. Dengan 20 kursi di dalamnya, siap memberikan sensasi unik pada penumpang.

  1. Imperial

Yang terbaru adalah tipe Imperial. Dimana ke-20 kursinya bisa direbahkan hingga 135 derajat. Dilengkapi pula dengan headrest fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan posisi yang nyaman untuk istirahat, serta meja portabel. Di sebelah kursi juga dilengkapi dengan  power socket di sebelah dan lampu baca pada atap kursi.

Baca Juga : Yuk Mampir, 13 Wisata di Jalur Kereta Api Sulawesi!

Harga Kereta Wisata Non Priority

Harga Kereta Wisata Non Priority
Harga Kereta Wisata Non Priority

Adapun terkait fasilitas, kereta wisata non priority memang berbeda dengan jenis priority. Tujuh jenis kereta wisata non priority pada umumnya memiliki tambahan fasilitas berupa audio dan video di ruang utama, ruang makan, ruang karaoke dan nonton film, bagasi, serta toilet. 

Nah selain kapasitas, fasilitas juga yang membedakan harga kereta wisata non priority dengan kereta wisata priority. Lalu, masing-masing harga yang ada pastilah berbeda disesuaikan dengan jarak tempuh masing-masing jurusan. 

Berikut adalah daftar beberapa harga kereta wisata non priority sesuai jurusannya:

  1. Jakarta-Cirebon 

Harga Kereta Wisata Non Priority: Rp 26,5 juta

Kereta Wisata Priority: Rp 28 juta

  1. Jakarta-Semarang

Harga Kereta Wisata Non Priority: Rp 32 juta

Kereta Wisata Priority: Rp 33,5 juta

  1. Jakarta-Yogyakarta 

Harga Kereta Wisata Non Priority: Rp 33,5 juta

Kereta Wisata Priority: Rp 35 juta

  1. Jakarta-Surabaya

Harga Kereta Wisata Non Priority: Rp 37 juta

Kereta Wisata Priority: Rp 39,5 juta

  1. Jakarta-Malang 

Harga Kereta Wisata Non Priority: Rp 42 juta

Kereta Wisata Priority: Rp 43 juta 

Untuk diketahui, jumlah yang dibayarkan adalah harga sewa gerbong kereta wisata. Sehingga berapapun jumlah penumpangnya, nominal itulah yang dibayarkan untuk satu gerbong. Sehingga bila ingin lebih hemat,  satu gerbong harus diisi oleh jumlah maksimal kursi yang ada di tiap-tiap jenis kereta wisata non priority. 

Di sisi lain, ada perbedaan dengan kereta wisata priority. Dimana tipe priority bisa dibayarkan dengan harga minimal perseorangan, sehingga satu orang tidak harus membayar biaya sewa satu gerbong kereta wisata. Tipe ini pun memiliki keunggulan bisa dipesan untuk waktu dan rute tertentu. 

Untuk pengalaman perjalanan yang lebih mengesankan, kereta api wisata hadir di Indonesia. Terdapat 2 tipe yaitu priority dan non priority, masyarakat bisa memilih sesuai budget. Sedangkan dengan harga kereta wisata non priority yang lebih murah, terdapat tujuh jenis gerbong yang diberi nama sesuai desain interiornya. Mau pilih yang mana?

25 comments on “Daftar Jenis dan Harga Kereta Wisata Non Priority, Mau Pilih yang Mana?

  1. Kereta wisata menjadi pilihan masyarakat untuk perjalanan menyenangkan dengan fasilitas lebih lengkap. Terdapat kereta wisata priority dan non-priority, dengan harga lebih mahal. PT KAI Wisata mengelola kereta tersebut dan ada tujuh jenis kereta wisata non-priority dengan tema budaya yang berbeda. Harga kereta wisata tergantung pada rute perjalanan. Kereta wisata non-priority memiliki fasilitas tambahan dan harga yang dibayarkan adalah harga sewa gerbong. Kereta wisata priority bisa dibayarkan secara individu dan dapat dipesan sesuai kebutuhan.

    • Devi sopiani UN

      Wahh kereta ini akan menjadi satu pilihan untuk semua masyarakat dengan fasilitas yg cukup lengkap selain itu cukup murah

  2. Happy Dwi Aprilia

    naik kereta wisata priority ini pasti bakal membawa ke suasana liburan yang baru dan mengesankan!

  3. Syuhada Khairunnisa

    Wahh jadi pengen cobain kereta wisata, baru tau kalau ada kereta wisata priority dan non priority ini. apalagi fasilitasnya lebih banyak dari kereta reguler. Uniknya pada kereta non priority ini ada 7 macam dan menampilkan beberapa kebudayaan^^

  4. Ryandika Dafariza

    tidak kepikiran untuk hal ini dikarenakan dengan adanya bus pariwisata saja sudah bisa dibilang menjamin untuk turis apalagi ini kereta yang fasilitas dan jarak tempuh yang lebih bagus lagi

    • Wildan Abdul Nasir

      Dengan adanya wisata kereta ini menjadi hal yang unik,apalagi dengan adanya beberapa tema dari tipe keratanya bakal menjadi pengalaman yang mengesankan

  5. Ini adalah terobosan unik yang bisa dijadikan pilihan sebagai objek wisata, karena menggunakan kereta dengan rombongan akan lebih menyenangkan

    • Bima A

      Jenis-jenis kereta yang banyak dan berbeda membuat orang-orang tertarik untuk menggunakan kereta bersama keluarga maupun teman

  6. Salma Najwa Anjani

    sudah lama tidak memakai kereta kalau bepergian jauh ke kampung, next time liburan ini akan mencoba naik kereta lagi bersama keluarga

  7. Ternyata ada banyak jenis kereta wisata, terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat^^

  8. Fazar Risyda

    Hmm unik juga mulai Rp26,5 juta udah bisa nyobain kereta priority. Suatu ide yang baik untuk membawa wisatawan dalam menikmati sesuatu yang baru di dalam kereta, pastinya ngga kalah dengan hotel bintang 5. Menarik mari kita coba

  9. Muhammad Mumtaz

    dengan adanya kereta wisata non priority ini sangat amat membantu kita yang ingin berwisata, kereta wisata non priority juga bisa membantu menghubungkan kita antar pulau dan daerah, mulai dari 26,5jt – 43jt kita sudah bisa merasakan sensasi dan pelayanan dari kereta wisata non priority ini.

  10. Setelah ada kereta wisata non priority dapat sangat membantu, karena dengan harga yang relatif kita bisa mengujungi antar pulau dengan sangat mudah

  11. Intan Dliya Setiawan

    Wah ternyata ada kereta wisata ada yang priority dan ada yang non priority. saya baru mengetahui hal itu, terima kasih atas informasinya ^^

  12. Dwi Puspitasari

    sebuah inovasi yang sangat unik tentunya akan memberikan experience mengagumkan

  13. Muhammad Daffa Irawan

    Wah artikel yang sangat menarik. Selain kereta reguler ternyata ada juga kereta wisata. Fasilitas yang ditawarkan sangat bagus. Sangat recommended

  14. nasywa nabilah

    wah keren bangettt, kapan kapan mau ah coba pakai kereta ini, pasti worth the price banget inii

  15. Riyanti Rahmawati

    Dengan hadirnya kereta api wisata dapat membuat masyarakat merasakan perjalanan wisata yang menyenangkan, fasilitas yang menarik dari kereta api wisata priority maupun non priority dapat menarik minat masyarakat untuk memilih kereta api wisata sebagai akomodasi transportasi ketika akan berwisata

  16. ternyata banyak juga ya tipe dan berariasj dari tiket harga fan fasilitas yng di tawarkan ayo apa lgi kita berangkat guys

  17. Salsabila Hanandita

    Ingin sekali mencoba kereta wisata!!! Terlihat keren dan seru sekaligus menikmati perjalanan saat akan berwisata

  18. Nabila haura yumna

    ternyataa kereta bervariasi juga yaaa…. harus banget cobain kereta wisata sekali seumur hidup nih seenggaknyaaaa…..

  19. Moch Rizky Tinova P

    ternyata tak hanya kereta reguler saja yang bisa kita pakai untuk jalan-jalan dan berwisata tetapi ada kereta khusus untuk berwisata yaitu kereta priority dan non priority. Kereta wisata ini didesain khusus dengan produk dan layanan istimewa. Di dalam gerbongnya akan ditemui berbagai macam fasilitas mewah dan interior yang menarik. Hal ini yang membuat harga kereta wisata lebih mahal. Bahkan saat di stasiun keberangkatan, penumpang kereta wisata akan menunggu di ruangan VIP dengan petugas khusus

  20. Unik sekalii yaa ada kereta wisata seperti ini….

  21. Sandrina Mettawangi

    sekali kali Self Reward travel dengan naik kereta yang berfasilitas dan pelayanan mevvah kayaknya asik banget nih.

  22. Reza Zulkipli

    Kereta wisata menjadi pilihan masyarakat untuk perjalanan menyenangkan dengan fasilitas lebih lengkap.Kereta wisata ini didesain khusus dengan produk dan layanan istimewa. Di dalam gerbongnya akan ditemui berbagai macam fasilitas mewah dan interior yang menarik. harus banget cobain kereta wisata sekali seumur hidup nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.