Selamat Hari Laut Sedunia! Yuk, Lakukan 5 Upaya Berikut!
PigiNews

Selamat Hari Laut Sedunia! Yuk, Lakukan 5 Upaya Berikut!

Dalam memperingati Hari Laut Sedunia, saatnya melakukan 5 upaya berikut ini untuk melestarikan laut.

Dalam rangka Hari Laut Sedunia, kita mau kasih tahu dulu nih. Laut memiliki luas 361,1 juta kilometer persegi, atau bisa dikatakan bahwa 71% luas bumi ditutupi oleh air, yang di mana bisa dikatakan dari luas air itu terbagi 97% nya merupakan air laut dan 3% air tawar. Wah, luas sekali bukan?

Nah, kalau di Indonesia sendiri luas lautnya berdasarkan hasil UNCLOS pada 10 Desember 1982 yang diadakan di Montego Bay, Jamaica, luas wilayah laut Indonesia mencapai 3.257.357 km2 dengan laut teritorial sesuai dengan aturan yang udah gue tulis sebelumnya, yaitu sejauh 12 mil dari garis pantai. Nah, karena laut memiliki luas yang mendominasikan permukaan bumi, jadi laut memiliki peran yang besar juga lho! Laut berperan juga dalam menyediakan oksigen bagi makhluk hidup.

Dilansir dari NOAA’s National Ocean Service, lautan menyediakan sekitar 50 hingga 80% oksigen di bumi. Artinya, sebagian besar oksigen yang ada di bumi diproduksi oleh laut. Produksi oksigen di laut dilakukan oleh fitoplankton, bakteri fotosintetik, dan juga alga atau ganggang. Selanjutnya laut juga berperan dalam mengatur iklim karena laut menutupi sebagian besar permukaan bumi. Maka dapat diartikan bahwa sebagian besar sinar matahari yang jatuh ke bumi diserap oleh laut.

Tidak hanya itu, air laut memiliki kemampuan memerangkap panas dari atmosfer. Sehingga, laut berperan penting dalam penyerapan panas dan pengaturan iklim di bumi kita. Selain itu lau juga berperan menjadi jalur transportasi, laut menyediakan transportasi bagi manusia baik untuk berpergian ataupun mengirim barang dalam jumlah besar, dan masih banyak lagi peran laut yang lainnya.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Bahari Sabang, Surganya Taman Laut

Hari Laut Sedunia
Taman Laut Bunaken
Sumber: ksmtour.com

So, karena laut sudah banyak berperan untuk kehidupan kita di bumi ini dan memberikan manfaat yang banyak, maka dari itu kita perlu melestarikan laut. Kira-kira apa aja ya upaya untuk melestarikan laut? Dalam rangka Hari Laut Sedunia, berikut upaya yang bisa kamu lakukan!

5 Upaya Untuk Melestarikan Laut di Hari Laut Sedunia

  1. Menghemat air
    Kawanjo, ada baiknya kamu menggunakan lebih sedikit air ya, sehingga nantinya tidak akan menyebabkan kelebihan limbah air yang kotor. Limbah air kotor dapat mengancam ekosistem laut, jika air kotor ini mengalir ke laut, lho. Banyak dari kita tidak menyadari hal ini tetapi cara ini sangat penting untuk dilakukan. Kita perlu mengendalikan konsumsi air agar tidak berlebih, sehingga air kotor yang terbuang ke laut semakin berkurang.
  2. Mengurangi penggunaan produk kimia atau limbah cair
    Apakah kamu tahu? Ketika menggunakan produk kimia, limbah cair usai penggunaannya akan terbuang ke laut.  Limbah ini dapat mengancam apabila mengandung zat kimia berbahaya. Maka dari itu, kita perlu membantu kelestarian laut dengan mengurangi penggunaan zat kimia beracun dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan produk yang bebas dari racun berbahaya dan buanglah limbah kimia dengan benar agar tidak mencemari laut.

Baca juga: Nginep di Gelembung sampai Tinggal di Desa Bajak Laut, Inilah 5 Hotel Unik di Bali

Hari Laut Sedunia, Riset dan Inovasi Kelautan di Wakatobi Jadi Referensi di ASEAN
Taman Nasional Laut Wakatobi
Sumber: asiatoday.id
  1. Mendaur ulang sampah
    Laut sering menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Ini terjadi karena sampah di bumi sudah semakin menumpuk sehingga banyak orang memilih membuangnya ke laut. Padahal, tindakan itu sangat merusak dan mengancam kehidupan bawah laut. Usahakan memilah sampah dengan menyisihkan produk-produk tertentu yang dapat didaur ulang supaya jumlah sampah tidak menumpuk.
  2. Mengurangi penggunaan plastik
    Laut di bumi saat ini sudah cukup tercemar karena banyaknya sampah plastik. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak menambahnya dengan mengurangi penggunaan plastik. Misalnya, jika kita ingin berbelanja kita bisa mengganti penggunaan plastik dengan tas ramah lingkungan untuk menaruh barang-barang belanja. Selain itu, kita bisa mengganti bahan plastik yang biasa digunakan untuk kemasan produk dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.
  3. Menjaga kelestarian laut
    Laut adalah habitat bagi banyak hewan air di bumi. Sebagai sesama makhluk hidup, kita seharusnya menghargai habitat laut sebagai tempat tinggal hewan-hewan di bawahnya. Kita dapat melestarikan habitat laut dengan menjaganya secara hati hati dan tidak menggunakan bahan berbahaya ke laut, seperti bahan peledak atau zat kimia berbahaya.

Baca juga: Menjadi Incaran Turis Untuk Wisata Bahari, Ini Dia Keindahan Ekosistem Bawah Laut Nusa Penida

Hari Laut Sedunia
Indahnya bawah laut jika laut terjaga
Sumber: aruna.id

Nah, dalam momen Hari Laut Sedunia, itu tadi 5 upaya yang bisa kamu lakukan untuk turut melestarikan laut. Semoga tak hanya saat Hari Laut Sedunia saja ya. Pentingnya menjaga laut agar laut selalu bisa memberikan peran dan manfaat yang positif untuk kita semua. By the way, untuk kamu yang ingin up to date tentang artikel pariwisata, pantau terus Pigijo, ya!

Penulis: Juwita Qhalby H

0 comments on “Selamat Hari Laut Sedunia! Yuk, Lakukan 5 Upaya Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.