Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023
Local Experiences

3 Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023

Berikut adalah 3 Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023

Di setiap sisi Yogyakarta seolah bisa dijadikan tempat wisata. Selain karena alamnya yang indah, penduduknya juga kreatif dan ramah. Sehingga mampu menyulap daerah mereka menjadi magnet kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Tiga Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023 telah membuktikan kehebatannya.

75 Besar Anugerah Desa Wisata

Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023
Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023

Baru saja dirilis, daftar desa wisata kemenparekraf menghasilkan 75 terbaiknya. Awalnya terdapat 4573 desa wisata dari berbagai daerah di Nusantara yang mendaftar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.  Kemudian setelah melalui proses kurasi, penilaian dewan juri, klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data di website Jadesta, terpilihlah jumlah 75 desa wisata terbaik Indonesia Bangkit. 

Provinsi Yogyakarta sendiri mengirimkan 5 desa wisatanya. Namun hanya 3 yang masuk daftar 75 desa wisata terbaik ADWI 2023 .

ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang berprestasi. Sesuai dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga : Desa Wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, satu-satunya Wakil Jakarta dalam ADWI 2023

ADWI 2023 menjadi salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Dalam hal ini yang menggawangi pastinya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa wisata di Yogyakarta terbaik ADWI 2023 adalah bukti bagaimana ketiganya bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan melalui proses pengelolaan sektor pariwisata.

Berikut adalah 3 Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023 tersebut:

  1. Kamwis Purbayan di Kabupaten Kotagede
Kamwis Purbayan di Kabupaten Kotagede
Kamwis Purbayan di Kabupaten Kotagede

Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan mengusung identitas sebagai kampung pusaka dan penjaga tradisi. Hal ini dikarenakan Kampung Purbayan masih menyimpan banyak situs peninggalan kerajaan Mataram Islam dan rumah tradisional khas Kotagede. Di desa wisata Purbayan terdapat pula pasar Legi Kotagede sebagai pasar tertua di Yogyakarta.

Sedangkan, sebagai kampung tradisi, Purbayan memiliki banyak pengrajin perak. Mereka masih berproduksi dan aktif menjaga tradisi Kotagede yang dikenal sebagai kota perak. Di Purbayan juga terkenal kaya akan potensi seni budaya. Terdapat pula upaya pelestarian keragaman kuliner tradisional yaitu roti kembang waru, legomoro, serta ukel dan banjar.

Desa wisata di Yogyakarta terbaik ADWI 2023 ini beralamatkan di Jalan Purbayan Nomor 3B, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memiliki fasilitas lengkap berupa homestay, area parkir, ATM, musholla, outbound area,spot foto, kios souvenir, dan tempat makan.

Baca Juga : Hidup Bersahaja di Desa Wisata Baros Bandung

  1. Desa Wisata Wukirsari di Kabupaten Bantul
Desa Wisata Wukirsari di Kabupaten Bantul
Desa Wisata Wukirsari di Kabupaten Bantul

Desa wisata di Yogyakarta terbaik ADWI 2023 selanjutnya adalah desa wisata Wukirsari. Wilayah yang terkenal sebagai sentra kerajinan batik sejak tahun 1634 silam. Sehingga paket unggulannya adalah wisata budaya dan edukasi belajar batik di Kawasan Giriloyo. 

Selain itu, ada juga atraksi lainnya. Yaitu wisata religi di kawasan Makam Raja-raja Pajimatan dan Makam Sunan Giriloyo, wisata alam di kawasan pesisir Sungai Opak, wisata ekonomi budaya di Kawasan Pasar Tradisional Sor Jati. Di desa Wukirsari juga terdapat pengembangan edu-wisata satwa burung berbasis penangkaran burung di dusun Pucung. Tak lupa desa yang juga meraih peringkat ke-100 dalam ADWI 2022 ini pun memaksimalkan potensi kerajinan tatah sungging wayang.

Beralamatkan di Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, desa wisata Wukirsari memiliki fasilitas lengkap. Berupa homestay, areal parkir, balai pertemuan, cafetaria, jungle tracking, toilet, kios souvenir, kuliner, musholla, outbound, spot foto, dan Wifi area.

  1. Desa Wisata Hargotirto di Kabupaten Kulonprogo
Desa Wisata Hargotirto di Kabupaten Kulonprogo
Desa Wisata Hargotirto di Kabupaten Kulonprogo

Terakhir, desa wisata di Yogyakarta terbaik ADWI 2023 ini cocok untuk menepi. Pergi sejenak dari keriuhan rutinitas sehari-hari yang membuat jenuh dan penuh keluh. Sebab desa wisata Hargotirto cocok untuk tujuan live in dengan alam nan tenang dan masyarakat yang ramah.

Pengunjung akan menyatu dengan warga yang terus mengembangkan  budaya lokal. Seperti membatik, bermain gamelan, melukis, dan  belajar membuat gula semut (brown sugar) di Segajih live in and education desa wisata Hargotirto Kulonprogo.

Alam yang menawan bisa dinikmati dari ketinggian. Yaitu di puncak Pule Payung dan Gunung Gajah. Pengunjung juga bisa merasakan madu asli di kampung tawon desa Hargotirto.

Baca Juga : Intip Pesona 5 Desa Wisata Tertinggi di Indonesia

Dengan fasilitas berupa homestay, parkir, balai pertemuan, toilet, musholla, outbound, tempat makan, Wifi Area, jangan ragu datang ke alamat segajih RT 15 RW 07, Hargotirto, KOKAP, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiga Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023 menunjukkan bahwa potensi alam dan kreativitas masyarakat bisa jadi keunggulan. Ya, melengkapi daftar panjang destinasi liburan menarik di kota Gudeg, Kawanjo wajib memasukkan ketiganya ke dalam itinerary trip liburan mendatang.

1 comment on “3 Desa Wisata di Yogyakarta Terbaik ADWI 2023

  1. Selamat datang di Desa Wisata Jogja, persembahan keindahan alam dan kearifan lokal! Hadirkan keajaiban budaya dan tradisi dalam setiap langkah Anda. Jelajahi pesona desa ini, dari seni dan kerajinan hingga keunikan kuliner lokal. Bersatu dengan kehangatan penduduknya yang ramah. Desa Wisata Jogja bukan sekadar destinasi, melainkan perjalanan ke dalam kehidupan sehari-hari yang penuh makna. Pesan sekarang dan saksikan keindahan desa yang memukau!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.