event daerah bulan Juli 2024
Local Experiences

Event Daerah Bulan Juli 2024 Mendatang, Jangan Sampai Terlewatkan

Masih ada event daerah bulan Juli 2024 mendatang. Bila Kawanjo tertinggal acara budaya beberapa waktu lalu, jangan khawatir.

Masih ada event daerah bulan Juli 2024 mendatang. Bila Kawanjo tertinggal acara budaya beberapa waktu lalu, jangan khawatir. Bulan ini masih panjang, masih ada kesempatan mengukir pengalaman berwisata. Dijamin lebih seru dan lebih sulit dilupakan!

Event Daerah Bulan Juli 2024 Mendatang

Event Daerah Bulan Juli 2024
Event Daerah Bulan Juli 2024

Tetap mengacu pada rekomendasi event wisata bulan Juli 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut adalah festival budaya mendatang di Indonesia:

  1. Banyuwangi Ethno Carnival
    Banyuwangi Ethno Carnival
    Banyuwangi Ethno Carnival

    Yuk mulai dari kota di ujung timur Pulau Jawa. Ada Banyuwangi Ethno Carnival yang dilaksanakan pada 10 hingga 14 Juli 2024. Dengan mengangkat tema The Revival of Village,  pertunjukan budaya kontemporer yang dikemas melalui karnaval busana ini dilaksanakan pada malam hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Harapannya acara ini bisa mengenalkan potensi berbagai desa wisata di Banyuwangi, ke taraf nasional dan internasional.

  2. Payakumbuh Botuang Festival
    Payakumbuh Botuang Festival
    Payakumbuh Botuang Festival

    Pada tanggal 11 hingga 13 Juli 2024, Kawanjo disarankan untuk pergi ke Kota Payakumbuh. Sebab di sini akan diselenggarakan event budaya yang unik dan
    menarik. Ya, Payakumbuh Botuang Festival menjadikan bambu (botuang) sebagai ruh acara.

    Berbagai agenda dihelat untuk mengeksplorasi keunggulan bambu sebagai tanaman yang banyak kegunaannya untuk manusia. Mulai dari pameran instalasi botuang, pementasan musik dan seni dari botuang, Manyurek ka botuang atau pementasan puisi dan kriya yang romantis. Ada juga street botuang fashion show, marandang robuang alias memasak rendang di tunas bambu, serta seminar botuang. Tak ketinggalan adalah pergelaran permainan rakyat dan pameran UMKM ekonomi kreatif sebagai bentuk pemberdayaan komunitas lokal.

    Baca Juga : Sejarah Grebeg Suro Ponorogo, Eventnya Sebulan Penuh, Masih Ada Waktu, Loh! 

  3. Manakarra Fair
    Manakarra Fair
    Manakarra Fair

    Acara ini merupakan ruang bagi komunitas-komunitas lokal Mamuju untuk bisa berekspresi dan mempromosikan diri. Begitu juga bagi UMKM, instansi, brand, dan daerah. “The Heritage of Mamuju” adalah tema yang dipilih dalam acara yang berlangsung mulai tanggal 12 hingga 14 Juli 2024 ini. Menampilkan karya-karya terbaik dari berbagai kelompok dan komunitas. Termasuk penampilan spesial dari The Manakarra, salah satu band senior dari Mamuju. Kawanjo juga bisa menikmati karya tenun, makanan khas, karya seni, dan kopi khas Kalumpang.

  4. Solo Keroncong Festival
    Solo Keroncong Festival
    Solo Keroncong Festival

    Bergeser ke Provinsi Jawa Tengah, ada event untuk penggemar musik. Terutama keroncong. Bukan main-main, acara ini berskala internasional dan menghadirkan tidak hanya seniman lokal. Melainkan artis internasional pun ikut beraksi. Pada tanggal 19 dan 20 Juli, SKF ke-15 ini mengusung tema Keroncong Experience dengan slogan Becik Ketitik, Keroncong Ketara. Adapun acara yang dilaksanakan adalah lomba keroncong, pameran industri UMKM alat musik keroncong, event aktivitas berbasis fashion (membatik, nail art tattoo  heyna, serta barber & hairstylist). Ikuti juga city tour staycation package.

  5. Keroncong Plesiran
    Keroncong Plesiran
    Keroncong Plesiran

    Belum puas menikmati musik keroncong? Yuk segera berpindah ke festival musik di Yogyakarta! Tak perlu jauh-jauh, karena Solo- Yogyakarta hanya berjarak sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam saja. Bedanya, Keroncong Plesiran hanya dilaksanakan sehari pada tanggal 20 Juli 2024 di Yogyakarta. Namun tak kalah menarik. Dalam event ini Kawanjo bisa menyaksikan pertunjukan musik keroncong progresif dengan nuansa yang lebih segar dan santai. Ada penampilan keroncong asli, modern, juga dalam konsep orkestra . Dimana akan ada kolaborasi dengan cabang seni lain dalam penampilannya. Tak lupa terdapat juga bazar produk kreatif dari UMKM dan camping serta piknik ground yang seru.

  6. Jogja International Kite Festival
    Jogja International Kite Festival
    Jogja International Kite Festival

    Sama- sama di Yogyakarta, waktunya pun hampir bareng. Jadi, alangkah lebih lengkap jika Kawanjo tetap stay. Sebab pelaksanaan Jogja International Kite Festival adalah tanggal 20 hingga 21 Juli 2024. Tema Unity For Love and Peace on Earth-Persatuan dan Perdamaian Dunia tercermin dalam berbagai  kegiatan seperti pameran, lomba layang-layang, kontes, fly pass, kite surfing, aeromodelling, dan jadilah saksi dalam pencatatan Rekor MURI  penerbangan 99 tray naga secara bersama-sama.

Itulah 5 rekomendasi acara menarik. Memang, event daerah bulan Juli 2024 masih banyak yang menunggu! Para pemburu pengalaman mengesankan dalam berwisata perlu terus berkunjung!

Baca Juga: Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru yang Memikat Kalbu

0 comments on “Event Daerah Bulan Juli 2024 Mendatang, Jangan Sampai Terlewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.