Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat
Local Experiences

Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat

Dari sunset sampai spot diving semua ada di Nusa Penida

Terpisahkan dengan Selat Bandung, Nusa Penida di Provinsi Bali kini menjelma jadi spot ngetrip favorit di Pulau Dewata. Pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali punya banyak daya tarik untuk membuat Kawanjo segera datang.

Bicara tentang ngtrip di Nusa Penida, bukan cuma membahas spot-spot menyelam yang bertebaran. Nusa Penida menyimpan fakta-fakta menarik lainnya. Nusa Penida punya keanekagaraman wisata yang mengundang decak kagum pelancong. Keindahan wisata di Nusa Penida bahkan bisa diadu dengan tempat lainnya di Bali.

BACA JUGA: 5 Gunung ‘Berbahaya’ di Indonesia, Pemula Jangan Coba-Coba

Ngetrip di Nusa Penida bukan cuma wisata bahari atau spot instagramble. Nusa Penida menyajikan berbagai objek wisata lainnya. Mau wisata alam, Nusa Penida punya air terjun sampai goa. Jika Kawanjo, suka mengunjungi Pura, di Nusa Penida Kawanjo pasti akan menemukan berbagai Pura yang keindahannya serta keunikannya sampai pada titik luar bisa.

Buat Kawanjo yang penasaran, sebenarnya apa saja yang bisa dieksplor dari Nusa Penida yuk dilirik fakta-fakta Nusa Penida yang sudah kami rangkum. Tapi sebelum itu, kami enggak akan bosan buat mengingatkan Kawanjo soal disiplin protokol kesehatan dan bagi yang belum divaksin untuk segera divaksin.

1. Spot Menyelam Bertebaran

Pengalaman tak terlupakan diving di Nusa Penida
Pengalaman tak terlupakan diving di Nusa Penida

Kalau bicara tempat ngetrip buat diving di Indonesia maka tiga teratas adalah Bunaken, Raja Ampat, dan Nusa Penida. Tempat-tempat di Nusantara ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sama indahnya. Nusa Penida sendiri punya beberapa spot menyelam seperti Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh hingga Malibu Point.

Yang paling menarik saat menyelam di Nusa Penida adalah keberadaan ikan-ikan seperti Sun Fish dan Manta yang jarang ditemukan di tempat lain. Sensasi berenang dekat ikan-ikan khas tersebut bakal Kawanjo rasa bila berkesempatan ngetrip di Nusa Penida. Oh iya, saking terkenalnya ngetrip diving di Nusa Penida, beberapa kapal pesiar raksasa dunia sering berada di sekitaran spot menyelam di sekitar pulau tersebut.

2. Wisata Beragam di Tiap Daerah di Nusa Penida

Angel’s Billabong  yang menawan di Nusa Penida
Angel’s Billabong yang menawan di Nusa Penida

Seperti sudah disinggung di atas, ngetrip di Nusa Penida bukan cuma wisata Bahari. Banyak objek wisata menarik yang bisa dieksplor ada di sini. Bahkan saking banyaknya, tiap area di Nusa Penida ada pengelompokan destinasi wisata. Tujuan utama pengelompokan agar Kawanjo mudah untuk menentukan wisata apa yang sesuai dan diinginkan saat ngetrip di Nusa Penida.

Misalkan Kawanjo ingin ke ngetrip ke pantai maka pergi ke Barat. Di wilayah ini terdapat pantai ternama seperti Angel’s Billabong. Wilayah Selatan punya daya tarik berbeda. Yang ditawarkan di selatan adalah berbagai air terjun salah di antaranya Seganing dan Peguyangan. Di wilayah Timur Kawanjo bisa mengunjungi wisata khas daerah gunung seperti bukit Teletubbies. Di daerah timur Nusa Penida pula, juga terdapat pantai seperti Diamond Beach.

3. Matahari Terbenam di Nusa Penida

Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat
Sunset di Nusa Penida

Salah satu daya tarik ngetrip di Nusa Penida pada Kawanjo ialah matahari terbenam atau sunset. Indahnya sunset di Nusa Penida dijamin salah satu paling juara di Bali. Letak geografis Nusa Penida di ujung tenggara Bali membuat sunset di Nusa Penida pastinya luar biasa indah.

Kawanjo yang bertanya di mana tempat paling indah menyaksikan matahari terbenam di Nusa Penida, jawabannya adalah di Crystal Bay. Datang saat senja ke sana dan menikmati pancaran sinar matahari sebelum terbenam ketika hari berganti malam akan jadi pengalaman ngetrip yang bakal membekas dalam hidup Kawanjo sekalian.

4. Pura Menawan di Nusa Penida

Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat
Pura Paluang yang unik di Nusa Penida

Provinsi Bali yang mayoritas penduduknya pemeluk Hindu dipenuhi oleh Pura-pura menawan. Bahkan, Pura di Bali beberapa di antaranya menjadi tempat wisata spiritual. Hal serupa juga terjadi di Nusa Penida. Terdapat berbagai Pura luar biasa indah yang harus Kawanjo kunjungi saat ngetrip di sini.

Salah satu di antaranya Pura Paluang. Berusia sekitar 300 tahun, Pura di Dusun Karang Dawah di Nusa Penida punya pelinggih berbentuk mobil yang tak ada di Pura lain di Pulau Dewata. Selain Pura Paluang, terdapat pula Pura Goa Giri Putri. Sesuai dengan namanya, keunikan Pura ini adalah letaknya di dalam sebuah goa.

5. Rumput Laut Langka di Dunia

Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat
Rumput laut Nusa Penida

Nusa Penida punya kekayaan alam salah satu paling langka di dunia. Di perairan Nusa Penida terdapat rumput laut spinosum.Bukan cuma langka, spinosum punya kadar gizi tinggi sehingga keberadaan rumput laut ini dimanfaatkan pula untuk konsumsi warga sekitar.

Bukan cuma spinosum, terdapat pula berbagai jenis Rumpur Laut di Nusa Penida. Karena keanekaragaman tersebut Nusa Penida sampai mendapat julukan sebagai musuem hidup rumput laut di dunia. Keunikan tersebut membuat Nusa Penida semakin jadi tempat ngetrip favorit di Bali.

Kawanjo itu tadi paket wisata di Nusa Penida yang jadi salah satu paket wisata favorit kami. Kalau Kawanjo ingin lihat paket wisata di Nusa Penida atau tempat lainnya bisa dicek di sini.

BACA JUGA: Zodiak dan Ramalan Kesehatannya Ini Wajib Kamu Baca Sebelum Pergi Ngetrip Part 2

0 comments on “Fakta-fakta Ngetrip di Nusa Penida, Nomor 3 Bikin Makin Terpikat

Leave a Reply

Your email address will not be published.