Tempat Healing di Solo
Local Experiences

Gempur Burn Out, Healing di Solo dan Sekitarnya!

Kota Solo didapuk sebagai percontohan wellness tourism atau pariwisata kebugaran di Indonesia. Yuk Healing di Solo!

Sedang merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional? Sering merasa kekurangan energi dan mudah lelah? Atau merasa tidak berdaya dan melihat rutinitas sehari-hari sebagai penjara? Parahnya adalah apakah sedang suka berfikiran negatif terhadap orang lain? Jika jawabannya kebanyakan iya, bisa jadi Kawanjo sedang mengalami burn out! Yuk  jeda sejenak, pergi ke tempat healing di Solo! Ambil cuti dan gempur burn out! Maka energi positif yang lebih kuat akan didapat sesudahnya.

Apa itu Burn Out?

Burn out adalah kondisi seseorang mengalami stres kronis karena kelelahan bekerja. Burn out tidak bisa disepelekan, karena bisa mempengaruhi produktivitas dalam bekerja maupun kualitas hidup.

Penyebab Burn Out 

Semua orang berpotensi mengalami burn out. Sebuah kondisi yang bisa membuat hari-hari semakin tidak nyaman. Biasanya sindrom ini disebabkan oleh rasa ambisius mencapai target sehingga pekerjaan menumpuk tanpa disadari. Atau, bagi yang menjadi karyawan, burn out hinggap pada mereka yang mendapat beban kerja diluar kemampuan.

Baca Juga : 6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Terlebih lagi, suasana kerja atau aktivitas yang monoton juga bisa memicu burn out. Termasuk diantaranya adalah kurang apresiasi dan dukungan dari lingkungan sekitar. 

Cara Mengatasi Burn out

mengatasi burn out dengan mengunjungi Tempat Healing di Solo
mengatasi burn out dengan mengunjungi Tempat Healing di Solo

Tentulah tidak ada yang mau mengalami kondisi mental buruk ini. Sebab itulah, jika burn out terlanjur dirasa, Kawanjo perlu melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Beribadah membuat manusia lebih tenang hati dan jiwanya. 
  2. Tidur yang nyenyak dan cukup. Istirahat bisa mengendorkan otot-otot dan syaraf yang tegang akibat terlalu keras bekerja
  3. Minum air putih sesuai aturan yaitu minimal 8 gelas sehari bisa memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini bisa membuat pikiran jadi lebih jernih dan rileks
  4. Mengisi waktu dengan melakukan hobi dan aktivitas yang membuat bahagia. Berkumpul dengan keluarga atau sahabat terkasih termasuk di dalamnya. Yang barangkali karena kesibukan, justru tersisihkan dan tak pernah dilakukan. 
  5. Berlibur ke tempat wisata yang cocok untuk healing. Sesuaikan dengan budget dan kemampuan fisik Kawanjo. Jangan sampai berlibur justru membuat semakin stress karena permasalahan yang dialami selama berwisata.
  6. Evaluasi diri kembali, apa kesalahan yang jadi penyebab stress. Sehingga masalah tak lagi terulang.

Tempat Healing di Solo

Healing adalah proses untuk menghilangkan kondisi buruk pada psikis, dimana keadaan tersebut bisa jadi mempengaruhi kesehatan fisik. Kota Solo sebagai percontohan wellness tourism atau pariwisata kebugaran di Indonesia, memiliki beberapa tempat healing. Kawanjo mengunjunginya untuk tujuan menghilangkan stress atau burn out. Diharapkan selesai healing kondisi jiwa dan raga semakin prima. Siap untuk kembali menjadi pribadi yang dinamis dan produktif.

Baca Juga : Tebet Eco Park Raih Singapore Landscape Architecture Awards 2022

Inilah beberapa tempat healing di Solo yang bisa dikunjungi:

  1. Masjid Agung Keraton Surakarta 
Masjid Agung Keraton Surakarta
Masjid Agung Keraton Surakarta

Tempat healing di Solo yang pertama adalah sebuah destinasi wisata religi. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas hampir 1 hektare, dengan bangunan utama masjid yang berukuran 34,2 meter x 33,5 meter ini mampu menampung sekitar 2.000 jamaah. 

Arsitektur bangunan yang bergaya Jawa milik masjid Agung Keraton Surakarta cocok untuk dinikmati keindahannya. Kubahnya juga unik,  berbentuk seperti paku bumi khas budaya Jawa. Tidak seperti kubah pada umumnya yang bergaya Timur Tengah.

  1. Rumah Budaya Keratonan Solo
Rumah Budaya Keratonan Solo
Rumah Budaya Keratonan Solo

Kawanjo punya hobi membaca buku?  Atau gemar mengamati sejarah? Di sinilah tempat yang tepat. Rumah Budaya Keratonan Solo yang menyajikan informasi tentang kota dari masa ke masa,  dalam format kekinian.

Di sini ada museum sekaligus super info di dinding yang menarik untuk disimak. Adapula koleksi buku yang asyik untuk dibaca sambil bersantai di tempat yang disediakan. Bila lapar bisa memesan makanan di kafe yang tersedia. 

Benar-benar paket aktivitas lengkap di rumah budaya Keratonan Solo yang beralamatkan di Jalan Manduro nomor 6, Gang Kartotiyasan, Kecamatan Serengan, Kota Solo ini.

  1. Hotel Grand Mercure Solo
Hotel Grand Mercure Solo
Hotel Grand Mercure Solo

Hotel dengan layanan spa dan yoga ada beberapa di Solo. Mengingat kota ini memang mencanangkan konsep wellness tourism. Salah satunya adalah hotel Grand Mercure yang bisa jadi pilihan tempat healing di Solo. 

Layanan spa dan yoga di hotel ini bisa jadi alternatif menghilangkan burn out. Selain itu kamar yang nyaman juga menunjang aktivitas istirahat Kawanjo untuk meredam gejolak stress dalam diri. Ada AC, TV kabel layar datar, Wi-Fi, dan kursi untuk bersantai di setiap kamar hotel Grand Mercure Solo.

Baca Juga : Buruan Cek, Ini Syarat Dapatkan Diskon Tiket Kereta Api!

  1. Pasar Jamu Nguter
Pasar Jamu Nguter
Pasar Jamu Nguter

Dekat dengan Solo, kota Sukoharjo bisa jadi tujuan wisata selanjutnya. Dalam rangka healing, tak ada salahnya Kawanjo mencoba untuk mampir ke Pasar Jamu Nguter di Jalan Raya Solo-Wonogiri, Pasar Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah

Dari luar pasar ini memang nampak seperti biasanya. Namun ketika masuk akan terlihat bedanya. Aroma khas jamu akan menguar. Di sini hampir semua penjual menjajakan aneka jamu. Mulai dari bahan hingga yang sudah siap minum. Terlihat deretan lapak yang menggelar empon-empon (rempah-rempah) ataupun jamu yang sudah jadi. Mereka telah berjualan di pasar Nguter Sukoharjo sejak puluhan tahun silam.

Asyiknya, di area pasar terdapat kafe jamu. Tempat nongkrong asyik kekinian yang menawarkan jamu. Menu khas minuman kesehatan tradisional dikemas dengan apik, seperti susu jahe, kunyit asam, jamu beras kencur, wedang uwuh, golden sparkling kunyit soda hingga air kelapa. Sambil menemani minum jamu, ada menu makanan yang bisa dipilih. Semisal beef/chicken toast, dan roti bakar. 

  1. The Heritage Palace
The Heritage Palace
The Heritage Palace

Masih di kawasan Sukoharjo. Bila pilihan mengusir burn out ala Kawanjo adalah berkumpul bersama keluarga, The Heritage Palace bisa jadi pilihan. Tempat healing di Solo sekitarnya ini memberikan pengalaman menggembirakan sekaligus bisa menghangatkan hubungan kekeluargaan. Berwisata di sini bikin sekeluarga jadi kompak senangnya!

Kawanjo bisa mengeksplorasi keindahan wisata di Sukoharjo viral ini. Wahana yang disajikan mulai dari area outdoor hingga indoor. Ada wahana-wahana menarik yang siap bikin hari-hari semakin menyenangkan dan stress jadi hilang. Seperti museum 3D, omah kwalik, museum transportasi, dan area outdoor dengan view menawan.

Yuk, datang langsung ke The Heritage Palace, di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Dari kota Solo sekitar 10 km jaraknya.

Tempat healing di Solo bisa jadi solusi untuk menghilangkan burn out. Jangan lupa selama healing sempatkan mengevaluasi diri, supaya kesalahan yang jadi penyebab stress tak lagi diulangi. Pikiran yang fresh selama berwisata akan mudah digunakan untuk mencari solusi atas permasalahan yang timbul. Sehingga selesai healing benar-benar siap menyongsong hari baru tanpa burn out memburu.

0 comments on “Gempur Burn Out, Healing di Solo dan Sekitarnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.