Destinasi wisata Cikini
Local Experiences

Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini

Wisata sejarah bisa jadi opsi Kawanjo menghabiskan waktu di akhir tahun.

Sulit untuk mencari wisata sejarah di Jakarta. Ungkapan tersebut sepenuhnya salah. Fakta sebenarnya, Jakarta adalah gudangnya wisata sejarah. Yang lebih mengejutkan lagi, wisata sejarah di Jakarta banyak yang terletak di pusat kota. Iya, Kawanjo enggak salah baca. Jakarta Pusat yang menjadi pusat pemerintahan ternyata menyimpan beberapa lokasi wisata sejarah yang pasti buat Kawanjo terkejut. Salah satu lokasi wisata sejarah adalah Cikini.

BACA JUGA: Sambut Natal 2021, Yuk Wisata Religi Bersama Keluarga

Cikini yang merupakan Kelurahan di Jakarta Pusat ini, sekarang sedang dikembangkan oleh Disparekraf DKI menjadi salah satu tempat jagoan wisata di ibu kota. Bukan tanpa alasan, bila ditelisik lebih jauh Cikini dipenuhi gedung-gedung yang jadi saksi sejarah Bangsa Indonesia.

Nah, bagi Kawanjo yang mau wisata sejarah di Jakarta jelang Tahun Baru 2022, Cikini wajib banget jadi pilihan. Terdapat beberapa tempat yang mesti dikunjungi Kawanjo di Cikini, ini dia tempat-tempatnya, sama-sama kita simak ya:

1. Gedung Joang’45

Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini
Gedung Joang 45

Tempat bersejarah pertama yang patut dikunjungi Kawanjo di sekitar Cikini adalah Gedung Joang’45. Alamat lengkapnya di di Jalan Menteng Raya 31 Jakarta Pusat. Bangunan museum ini diresmikan untuk umum pada 1974 oleh Presiden Kedua RI Soeharto.

Pada masa kini, Gedung Joang’45 berisi catatan serta jejak perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Di Gedung Joang’45 terdapat peninggalan asli pendiri bangsa serta koleksi dioarama dan dokumentasi perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Dulunya sebelum menjadi museum, Gedung Joang’45 pada masa kependudukan Belanda bangunan adalah sebuah Hotel. Sedangkan saat Jepang berkuasa di tanah air hotel dialihfungsikan menjadi kantor propaganda Jepang.

2. Kantor Pos Cikini

Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini
Kantor Pos Cikini

Lokasi kedua yang patut Kawanjo sambangi di Cikini adalah bangunan Kantor Pos Indonesia di Cikini. Bangunan bernama asli Tjikini Post Kantoor berlokasi Jl. Cikini Raya No.2, RT.16/RW.1, Cikini.

Kantor Pos Cikini tentunya bukan bangunan sembarang. Gedung itu berdiri sejak 1920an. Bangunan tersebut merupakan saksi bisu perjalanan bangsa Indonesia dari masa kolonial hingga zaman modern ini.

BACA JUGA: Cobain Serunya Liburan Camper Van Akhir Tahun Ini Yuk!

Bangunan Kantor Pos Cikini tepatnya didirikan pada era tanam paksa yang dimulai 1870an sampai awal abad 20an. Dari awal berdiri gedung ini sudah didirikan menjadi pusat surat menyurat. Tetapi di zaman Belanda tujuan utama kantor ini adalah menjaga surat-surat. Baru pada zaman kemerdekaan tugas-tugas pelayanan pos dilakukan.

Saat ini layanan kantor pos di Cikini sudah 24 jam. Keaslian design bangunan gaya Eropa juga masih terpelihara dengan sangat baik

3. Gado Gado Bon Bin Cikini

Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini
Gado Gado Bon Bin

Bila Kawanjo lapar saat melancong di Cikini, daerah ini punya jawabannya. Tinggal ke Gado Gado Bon Bin Kawanjo bisa mengisi perut dan belajar sejarah Jakarta di Cikini. Karena warung gado gado sederhana ini sudah berdiri sejak 1960an.

Meski terbilang baru jika dibandingkan lokasi wisata sekelilingnya, Gado Gado Bon Bin di Cikini sudah mendapat predikat kuliner legendaris di Cikini.

Predikat legenda datang bukan tanpa alasan. Nama Bon Bin diambil dari singkatan kebon binatang, sebelum dipindah ke Ragunan kebun binatang Jakarta berada di Cikini. Gado gado ini pun sudah berdiri dari masa presiden pertama hingga sekarang.

Yang bikin semakin melegenda, rasa gado gado ini sangat istimewa. Bahkan sampai membuat pengunjung turun temurun dari zaman kakek nenek sampai cucu cucu tetap menjadikan gado gado Bon Bin pilihan utama.

4.Taman Ismail Marzuki

Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini
TIM

Wisata sejarah Kawanjo di Cikini harus banget ke Taman Ismail Marzuki (TIM). Tempat ini merupakan pusat kebudayaan ibu kota yang berlokasi di i jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Di dalam TIM terdapat Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta. Di TIM juga terdapat taeater modern, balai pameran, galeri, sampai gedung arsip kesenian di seluruh Indonesia.

TIM sampai saat masih menjadi pusat pegelaran seni budaya di Jakarta dan Indonesia. Jika beruntung Kawanjo bisa menyaksikan langsung pertujukan seni mulai dari teater, konser musik, puisi, wayang sampai lukisan di TIM. Itulah tadi empat tempat wisata sejarah di Cikini. Kini waktunya Kawanjo intip paket wisata menarik di sini.

BACA JUGA: Ngetrip Jalur Darat Sekarang Juga Wajib Vaksin dan Antigen

0 comments on “Menulusuri Wisata Sejarah Jakarta di Cikini, Gedung Perjuangan sampai Kuliner Lezat Ada di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.