Hutan pinus Mangunan Yogyakarta
Local Experiences

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta yang Indah dan Tenang, Lokasi Keroncong Plesiran 2024

Butuh tempat untuk menghindar dari hiruk-pikuk kota? Perlu mencari kebahagiaan, atau bahkan hanya sekadar menikmati keindahan alam yang mempesona? Cobalah ke hutan pinus Mangunan Yogyakarta

Butuh tempat untuk menghindar dari hiruk-pikuk kota? Perlu mencari kebahagiaan, atau bahkan hanya sekadar menikmati keindahan alam yang mempesona? Cobalah ke hutan pinus Mangunan Yogyakarta. Rasakan sensasi relaksasi yang membuat jiwa raga lebih tenang. Pulang dari sini, kebahagiaan yang didulang.

Ku berlari ke hutan kemudian menyanyiku. Penggalan puisi berjudul ‘Tentang Seseorang’ karya Rako Prijanto ini sempat tenar karena dibaca salah satu tokoh dalam film Ada Apa dengan Cinta. Makna tersuratnya menjelaskan bagaimana seseorang memilih pergi ke hutan untuk melepaskan penat. Sejalan dengan pelaksanaan Keroncong Plesiran 2024 yang dilaksanakan di hutan pinus Mangunan. Pergi ke hutan dan bernyanyi, membuat hati jadi semakin hepi. 

Pesona Hutan Pinus

Berbeda dengan hutan tropis yang umumnya ditemukan di Indonesia, hutan pinus memberikan sensasi berbeda. Keindahan alam di dalamnya menawarkan suasana tenang dan sejuk. Deretan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang dengan daun-daun yang rimbun menciptakan pemandangan yang menakjubkan serta memberikan keteduhan alami bagi para pengunjung.

Suara angin yang berhembus lembut di antara dedaunan pinus dan aroma khas dari getah pohon menambah kesan magis dan menenangkan. Perlu diketahui, aroma hutan pinus memiliki ciri khas yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Getah pohon pinus mengeluarkan wangi yang mirip dengan resin atau terpentin, memberikan kesan harum yang tajam namun menyenangkan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed Central Public Health mengungkapkan bahwa aroma pinus memiliki efek menenangkan dan dapat mengurangi kecemasan pada tubuh. Tak salah jika hutan pinus Mangunan Yogyakarta menjadi favorit banyak orang untuk dikunjungi dan menjadi tempat relaksasi.

Baca Juga: 6 Aktivitas di Puncak Becici Yogyakarta, Favorit Presiden Obama

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Sebelum tempat ini menjadi tujuan wisata yang populer, ternyata kawasan hutan ini dulunya gersang. Akibat kondisi tersebut, pihak pengelola hutan melakukan upaya penghijauan dengan menanam berbagai jenis pohon, termasuk pinus, akasia, dan mahoni. Seiring berjalannya waktu, upaya penghijauan tersebut berhasil dan memberikan hasil yang positif.

Seiring dengan difungsikan nya menjadi hutan lindung, kawasan ini juga dikembangkan menjadi objek wisata. Pengelola menambahkan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, gardu pandang, dan panggung dengan kursi-kursi kayu yang ditata rapi. Jadilah tempat tepat untuk berkunjung, mendulang ketenangan dan kebahagiaan jiwa.

Hutan yang dikelola oleh RPH  (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan ini memiliki luas mencapai 500 hektar. Terdapat banyak ragam aktivitas yang bisa dilakukan dalam rangka berwisata. Mulai dari duduk santai mengedarkan pandangan sampai berfoto-foto dengan berbagai spot menarik.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Mangunan
Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Yogyakarta terkenal memiliki berbagai tempat wisatanya yang no kaleng-kaleng. Termasuk daerah Bantul dengan pesona alam nan asri. Hutan pinus Mangunan salah satu destinasi yang patut dituju. Buktinya telah dipilih menjadi lokasi Keroncong Plesiran 2024 yang  dinanti banyak orang.

Hutan pinus Mangunan berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Naik Sleeper Bus Denpasar Yogyakarta, Ternyata Banyak Untungnya

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Untuk sampai di destinasi wisata alam Bantul ini sangatlah mudah. Cukup dengan engan menuju ke arah selatan dan mengikuti Jalan Imogiri Timur. Jika berangkat dari Malioboro, perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari Terminal Giwangan di Kota Yogyakarta, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 35 hingga 45 menit.

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Sekali lagi, tak salah bila event budaya di Yogyakarta Keroncong Plesiran pada tahun ini dilaksanakan di Hutan Pinus Mangunan. Di sini sudah terdapat panggung yang lengkap dengan kursi-kursi kayu. Selain menonton pertunjukan yang ada, wisatawan dapat menikmati indahnya alam dengan duduk-duduk santai di kursi kayu tersebut. Sambil menyesap aroma pinus, dijamin rasa penat hilang. Berganti dengan pikiran yang segar dan jiwa yang bahagia.

Selain panggung, fasilitas hutan pinus Mangunan juga terdapat fasilitas yang lengkap. Seperti gardu pandang yang jadi idola, gazebo, sewa hammock, musholla, toilet, warung makan, taman bunga. Jika hendak berkemah di hutan, tak perlu khawatir karena ada camping ground di sini. Jangan lupa, ada banyak spot foto yang Instagramable. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen sekaligus mengasah intuisi dalam menghasilkan gambar nan elok.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan
Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Untuk masuk hutan pinus Mangunan, ada biaya tiket masuk yang harus dibayar. Sangatlah murah, hanya sebesar Rp 5.000 per orang. Jika membawa kendaraan, ada tambahan tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Mau Jadi Artis Tanpa Casting? Ke Wisata Gamplong Studio Alam Yogyakarta Aja! 

Jam Buka Hutan Pinus Mangunan

Jam Buka Hutan Pinus Mangunan
Jam Buka Hutan Pinus Mangunan

Lalu, hutan pinus Mangunan buka jam berapa? Cobalah datang mulai saat udara masih bersih, ketika pasokan oksigen dari alam siap mengisi tubuh. Jangan khawatir, jam buka hutan pinus Mangunan adalah pukul 06.00. Saat yang tepat untuk menghirup hawa sejuk beraroma khas yang menenangkan. Setelah itu, tak apa berlama-lama sampai waktu tutup pada pukul 18.00 petang hari.

Hutan pinus Mangunan Yogyakarta siap membantu untuk mengusir penat dan stress. Panoramanya yang indah, aroma pepohonan yang menenangkan, serta fasilitas yang mendukung, akan membantu proses refreshing. Apalagi jika bertepatan dengan event pagelaran musik seperti Keroncong Plesiran 2024, yang menyediakan nada-nada relaksasi.

0 comments on “Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta yang Indah dan Tenang, Lokasi Keroncong Plesiran 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.