Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023
Local Experiences PigiNews

Inilah Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023!

Sudah cek daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023? Nih kita jabarin ya. Sekalian buat rencana ngetripnya yuk!

Identik dengan mudik, momen lebaran menjadi hal yang pas untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Tak peduli seberapa jauh dan seberapa besar biaya, banyak orang memprioritaskan mudik sebagai agenda di penghujung ramadan. Menjadi kebetulan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program mudik gratis. Maka, dana untuk perjalanan bisa dialokasikan pada keperluan lain. Semisal berwisata bersama keluarga pada daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023. Yuk, sekalian buat rencana nge-trip!

Program Mudik Gratis Lebaran Kemenhub 2023

Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023
Program Mudik Gratis Lebaran Kemenhub 2023

Mengingat mudik adalah tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, program mudik gratis Kemenhub sangatlah mulia. Program  ini diadakan untuk masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Adapun armada yang digunakan ada banyak pilihan. Mulai dari bus, kereta api, hingga kapal laut. Khusus transportasi bus, pendaftaran telah ditutup yaitu pada 13 Maret – 14 April 2023. Menariknya, tak hanya yang akan menggunakan bus. Kemenhub juga menyediakan armada untuk mengangkut motor para pemudik.

Mudik gratis 2023 bertujuan ke  28 kota di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dengan pusat keberangkatan dari kota DKI Jakarta, sejumlah terminal dilibatkan.  Seperti Terminal Jati Jajar Depok, Terminal Pondok Cabe Tangsel, dan Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur.

Sementara itu, untuk keberangkatan bus pada 19 April 2023, dilaksanakan dari Terminal Poris Plawad Kota Tangerang dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur. Sampai saat ini, kuota mudik gratis Kemenhub 2023 sudah penuh.

Baca Juga : Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023
Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, terdapat 28 kota pada daftar kota tujuan mudik gratis bersama Kemenhub 2023. Seluruhnya tersebar di 4 provinsi di pulau Jawa. Terdapat juga beberapa kota di pulau Sumatera.

Berikut adalah daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023:

  1. Kota tujuan Provinsi Jawa Barat 

Garut, Tasikmalaya, Cirebon 

  1. Kota tujuan Provinsi Jawa Tengah dan DIY

Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. 

  1. Kota tujuan Provinsi Jawa Timur

Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, Tulungagung.

  1. Kota tujuan Pulau Sumatra

Lampung dan Palembang.

Baca Juga : Tunda Mudik, Berikut 5 Tip Menghibur Diri ke Destinasi Wisata Lokal

Wisata ke Salah Satu Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Wisata ke Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023
Wisata ke salah satu daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023

Pariwisata jadi daya pikat sebuah kota. Begitu pula dengan berbagai kota yang masuk pada daftar tujuan mudik gratis 2023 ini. Inilah beberapa destinasi wisata di masing-masing kota dalam provinsi masing-masing:

  1. Jawa Barat
Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023
Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon masuk daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023.

Berdasarkan data dari Kemenhub, terdapat 20,72 juta orang mudik ke provinsi asalnya di tanah Pasundan. Tiga kota yaitu Garut, Tasikmalaya, Cirebon menjadi tujuan program mudik gratis Kemenhub.

Pemudik bisa mengunjungi berbagai tempat rekreasi viral di tiga kota ini. Ada objek wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, seperti Danau Lemona, Curug Ciparay, Teejay Waterpark, dan Pantai Karang Tawulan. Di Garut ada Kompleks Wisata Darajat, Kampung Sampireun, dan Kawah Talaga Bodas. 

Terakhir, beberapa tempat wisata di Cirebon untuk libur lebaran adalah Wana Wisata Ciwaringin, Apita Waterboom, Setu Patok, dan Keraton Kacirebonan.

  1. Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta 
Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023 Yogyakarta
Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023 Yogyakarta

Provinsi ini menjadi tujuan pemudik paling banyak di tahun 2023, berdasarkan data dari Kemenhub. Salah satu sebabnya karena kota tujuannya pun yang terbanyak. Di provinsi yang kental dengan budaya Jawa ini pasti akan dijubeli pemudik. Terutama di tempat wisatanya. 

Semua orang sudah tahu, bahwa Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari alam hingga budaya. Mulai Rita Park Tegal, Museum Batik Pekalongan, Lawang Sewu Semarang, Masjid Agung Demak, Karimunjawa Jepara.

Selanjutnya ada Gua Pancur Pati, Gua Terawang Blora, Bukit Gancik Selo Boyolali, Keraton Solo, Umbul Ponggok Klaten, Pantai Nampu Wonogiri, Kebun Raya Baturaden Purwokerto, Benteng Pendem Cilacap, Telaga Warna Wonosobo, Benteng Van Der Wick Kebumen, Candi Borobudur, Magelang, Kali suci Cave Tubing, dan banyak lagi tujuan wisata di Yogyakarta. Silakan list rapi, mau kemana dulu, ya!

Baca Juga : Gagal Mudik, Ini Resep Mudah dan Bikin Opor Ayam di Rumah

  1. Jawa Timur
daftar tujuan mudik gratis 2023 Jawa Timur
Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Di provinsi ujung timur pulau Jawa, terdapat 5 kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023. Mulai dari Tuban yang berjuluk bumi Wali, terdapat destinasi wisata religi yaitu makan Sunan Bonang yang berdekatan dengan masjid Agung Tuban. Jangan lupa mampir ke pantai Boom yang juga tak jauh dari lokasi ziarah. 

Kemudian kota Surabaya yang merupakan ibukota provinsi, tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ada wisata Kalimas dan pantai Kenjeran. Dua tempat ini sekaligus menyuguhkan kesempatan wisata kuliner yaitu menyantap rujak cingur dan pecel Semanggi. 

Selanjutnya adalah kota Malang yang telah menjadi destinasi wisata banyak wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka berbondong-bondong mengunjungi kota Malang maupun Batu. Terdapat beragam wisata tematik seperti Taman Safari hingga jejeran alam indah seperti pantai dan gunung. Gunung Bromo pun bisa diakses melalui Malang 

Kemudian ada dua kota yang berdekatan, yaitu Madiun dan Tulungagung. Kota Brem Madiun memiliki Suncity Water and Theme Park. Sedangkan Tulungagung terkenal mempunyai banyak pantai indah. Sangatlah menarik bila menghabiskan waktu libur lebaran untuk meningkatkan vitamin sea di Pantai Kedung Tumpang, Pantai Sanggar, Pantai Coro, Pantai Lumbung, dan lain sebagainya.

  1. Pulau Sumatera

Lampung dan Palembang adalah dua kota yang mengisi daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023 ke pulau Sumatera. Keduanya pun sama-sama memiliki pesona alam dan budaya yang mampu menarik hati para penghobi wisata.

Ada pulau Pahawang di Lampung yang keindahan lautnya tak kalah dengan Maldives. Baik di dalam maupun di pantai, semuanya sangat menarik untuk dinikmati. Selain itu, jangan ketinggalan menyelami keelokan  Batu Rinding Pesawaran Lampung, Muncak Pass Lampung, dan lainnya.

Sama halnya dengan Palembang. Kota empek-empek ini sudah terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya. Setelah puas menikmati sajian khas lebaran di Palembang seperti lakso, burgo, atau pindang patin, dan lainnya, jangan lupa wisata, ya!

Baik itu ke Jembatan Ampera, Masjid Agung Palembang, Benteng Kuto Besak,  Monumen & Patung, dan sebagainya.

Jika ternyata daerah asal Kawanjo masuk dalam daftar kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2023, maka segeralah bikin itinerary trip! Rencanakan perjalanan wisata di kampung halaman bersama keluarga tercinta di tengah libur lebaran tahun ini!

0 comments on “Inilah Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.