lomba, lomba 17an, lomba unik, hari kemerdekaan, hari kemerdekaan ri, hari merdeka, kemerdekaan, indonesia, republik indonesia, lomba menyambut hari kemerdekaan, 17 agustus, agustus, gebuk bantal, kalimalang, telok abang, palembang, jakarta timur, estafet, lari estafet di semarang, semarang, pacu kude, aceh, lomba dayung, banjarmasin, dayung banjarmasin, sungai martapura,
Local Experiences

Lomba Unik dari Berbagai Daerah Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Jika kalian hanya tahu balap karung, makan kerupuk atau memasukkan paku ke dalam botol, main kalian kurang jauh Kawanjo. Berikut lomba unik dari berbagai daerah di Indonesia dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

Memasuki bulan Agustus pengurus RT dan RW tertangkap sibuk mempersiapkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Berbagai lomba dan acara disiapkan guna memeriahkan Hari Merdeka negara tercinta.

Biasanya, sebelum memulai lomba, kita melakukan upacara sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang berjuang sampai titik darah penghabisan. Perlombaan 17-an ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu karena banyak hadiah menanti. Tapi tahukah kalian bahwa setiap daerah memiliki perlombaan yang khas dan unik. Berikut beberapa perlombaan 17-an yang unik khas beberapa daerah di Indonesia!

1. Gebuk Bantal, Jakarta

lomba, lomba 17an, lomba unik, hari kemerdekaan, hari kemerdekaan ri, hari merdeka, kemerdekaan, indonesia, republik indonesia, lomba menyambut hari kemerdekaan, 17 agustus, agustus, gebuk bantal, kalimalang, telok abang, palembang, jakarta timur, estafet, lari estafet di semarang, semarang, pacu kude, aceh, lomba dayung, banjarmasin, dayung banjarmasin, sungai martapura,
Buat yang takut air, jangan coba-coba ya.

Perlombaan unik yang pertama datang dari ibu kota Jakarta, tepatnya di Kalimalang, Jakarta Timur. Sudah jadi tradisi, warga Kalimalang memiliki perayaan unik setiap 17 Agustus yaitu lomba gebuk bantal di bantaran sungai buatan. Perlombaan ini dilakukan oleh dua peserta yang duduk di sebilah kayu yang membentang di atas sungai, kemudian masing-masing dari peserta berusaha menjatuhkan lawan dengan bantal yang disediakan khusus. Simpel saja, siapa peserta yang jatuh terlebih dahulu, dia lah yang dinyatakan kalah.

Baca juga: Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta

2. Telok Abang, Palembang

Lomba Unik dari Berbagai Daerah Menyambut Hari Kemerdekaan RI
Hasil kegiatan telok abang yang dipajang saat festival Hari Kemerdekaan di Palembang

Perlombaan unik berikutnya datang dari tanah Palembang. Setiap perayaan 17 Agustus, warga Palembang mengadakan kegiatan yang disebut dengan Telok Abang, dalam bahasa Palembang telok berarti telur dan abang berarti merah. Kegiatan telok abang ini merupakan sebuah lomba menghias wadah telur merah dan menghias telur menyerupai kapal, pesawat ataupun mobil-mobilan yang berukuran mini. Pemenangnya mutlak ditentukan juri Kawanjo. Siapa yang paling kreatif dan bagus hiasannya, dialah pemenangnya.

3. Lari Estafet, Semarang

Lomba Unik dari Berbagai Daerah Menyambut Hari Kemerdekaan RI
Kurang semangat apa nih, baju merah-merah bawa obor sambil berlari di Semarang?

Dari Palembang kita ke Semarang Kawanjo. Ada apa di Semarang? Dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, warga Semarang ini cukup rajin menggelar berbagai macam lomba, dan kegiatan yang terbilang unik bahkan tak biasa. Kota yang khas dengan jajanan lumpia ini mengadakan lomba berupa kompetisi lari estafet sambil membawa obor. Lomba ini dilakukan dengan maksud terus menjaga semangat perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan dari penjajah. Seperti halnya harapan warga Semarang, semoga semangat kita di masa pandemi terus menyala sampai saat ini ya Kawanjo.

4. Pacu Kude, Aceh

Lomba Unik dari Berbagai Daerah Menyambut Hari Kemerdekaan RI
Balap kuda namun tanpa pengaman. Jangan ditiru ya Kawanjo, ini hanya untuk yang sudah berpengalaman.

Lanjut ke daerah paling timur dari Indonesia yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Jika kalian main ke Nanggroe Aceh Darussalam, kalian akan melihat tradisi yang cukup unik saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia, yakni balap kuda. Selain memang meramaikan Hari Kemerdekaan, warga Aceh ini nampaknya dalam usaha mencipta atlet pacuan kuda ya. Di Nanggroe Aceh Darussalam, balap kuda lebih dikenal dengan nama pacu kude. Yang berbeda dengan balap kuda pada umumnya, dalam perlombaan pacu kude ini joki dan kuda tidak diwajibkan untuk menggunakan perlengkapan khusus Kawanjo, hal ini dimaksudkan agar perlombaan terasa lebih tradisional. Wah siapkan kamera, kita bisa hunting foto di sini.

5. Lomba Dayung, Banjarmasin

lomba, lomba 17an, lomba unik, hari kemerdekaan, hari kemerdekaan ri, hari merdeka, kemerdekaan, indonesia, republik indonesia, lomba menyambut hari kemerdekaan, 17 agustus, agustus, gebuk bantal, kalimalang, telok abang, palembang, jakarta timur, estafet, lari estafet di semarang, semarang, pacu kude, aceh, lomba dayung, banjarmasin, dayung banjarmasin, sungai martapura,
Terdengar suara mereka Kawanjo? Kalian harus ke sini untuk mendengar semangatnya.

Daerah lainnya yang memiliki lomba atau tradisi unik adalah Banjarmasin. Di kota Banjarmasin para warganya mengadakan lomba dayung. Tak heran memang, Kota dengan julikan Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 kmĀ² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai. Nah, lomba dayung ini diadakan di sungai Martapura yang biasanya diikuti oleh ratusan peserta. Setiap tim yang ikut berkompetisi akan mengadu kecepatan menggunakan perahu khas dari Banjarmasin.

Tradisi ini terus bergulir dan tiap tahunnya mereka bersaing memperebutkan hadiah uang tunai dan piala bergilir. Perahu khas dari Banjarmasin ini memiliki ukuran yang panjang dan dihiasi dengan ornamen naga khas Banjarmasin Kawanjo. Kebayang dong bagaimana serunya mereka jaga kekompakan dan semangat dalam mendayung? Wah ini seru sih.

Ya, itulah beberapa lomba unik dan tradisi yang biasa dilakukan di daerah tertentu dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Banyak kok wisatawan yang mengincar tradisi unik ini untuk hunting foto di daerah-daerah tertentu. So Kawanjo, apa tradisi unik dalam menyambut Hari Kemerdekaan di daerahmu? Tulis di kolom komentar ya.

Kalau sudah seru begini, hal paling dini yang bisa kita lakukan adalah cek paket wisata untuk bertemu tradisi-tradisi unik barusan. Ingat, itenerary yang tepat adalah kunci Kawanjo. Liburan itu nggak cuma leyeh-leyeh dipenginapan aja. Yuk eksplor lebih jauh! Buat kalian yang bingung, coba deh cek di sini biar dapat referensi dan inspirasi ciamik untuk menentukan paket wisata yang tepat. Selamat mencoba Kawanjo!

Baca juga: 4 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Perayaan Hari Kemerdekaan RI

0 comments on “Lomba Unik dari Berbagai Daerah Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.