pangandaran,
Local Experiences

Mulai dari Snorkeling Hingga Lihat Bangkai Kapal Buronan, Begini Serunya Pantai Pasir Putih Pangandaran 

Berbagai destinasi wisata nan elok pemandangannya, masuk dalam wilayah Jawa Barat. Termasuk di salah satunya adalah pantai pasir putih Pangandaran.

Berbagai destinasi wisata nan elok pemandangannya, masuk dalam wilayah Jawa Barat. Termasuk salah satunya adalah pantai pasir putih Pangandaran. Bukti nyata betapa alam di daerah ini memang indah tiada tara. Berkunjung ke pantai tersebut, selain untuk melakukan aktivitas menarik, sekaligus juga untuk membuktikan kedigdayaan dunia maritim Nusantara.

Pangandaran berada di dekat perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Daerah ini memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keindahan alamnya. Salah satunya, ya, pantai pasir putih Pangandaran. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Pangandaran tanpa mampir ke pantai terkenal di Jawa Barat ini.

Lokasi Pantai Pasir Putih Pangandaran

Lokasi Pantai Pasir Putih Pangandaran
Lokasi Pantai Pasir Putih Pangandaran

Ternyata, bukan hanya keindahan alam yang bisa dinikmati. Setiap pengunjung yang datang bisa membuktikan keberanian mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Siapa lagi kalau bukan Susi Pudjiastuti dengan kata saktinya,  “Tenggelamkan!”

Bila semakin penasaran, segera saja jadwalkan untuk datang ke sana. Tepatnya berlokasi di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Baca juga: 6 Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran, No 3 Terpanjang se-Indonesia

Sejarah di Pantai Pasir Putih Pangandaran

Sejarah di Pantai Pasir Putih Pangandaran
Sejarah di Pantai Pasir Putih Pangandaran

Kawasan Pantai Pangandaran adalah tempat bersandar perahu nelayan yang mencari ikan. Apalagi pantainya landai, sehingga  memudahkan nelayan dalam mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah.

Keindahan alam yang tersaji membuat kawasan pantai ini menjadi salah satu wisata di Pangandaran yang populer. Banyak orang yang berkunjung untuk bersantai dan mendulang kebahagiaan. Nah, selain itu, pantai pasir putih Pangandaran juga menjadi saksi bisu bahwa dunia maritim Indonesia pernah berjaya dan memiliki taring.

Di perairan pantai pasir putih Pangandaran, ada sebuah bangkai kapal besar yang ternyata merupakan FV Fiking, buronan perairan kelas dunia. Singkat cerita, kapal yang memiliki daftar kejahatan laut berderet ini sedang berlayar di perairan Riau, Indonesia. Tanpa mereka sadari, ternyata saat itu justru akhir dari penjelajahan mereka dalam melakukan tindak penangkapan ikan ilegal dari satu negara ke negara lain.

Dengan tegas, menteri Kelautan dan Perikanan pada waktu itu, Bu Susi mengatakan, “Tenggelamkan!”

Tak menunggu lama, setelah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, seperti dari interpol atau polisi kelautan internasional hingga Satgas IUU Fishing, sanksi tindakan tegas negara dilakukan..

Dari perairan Kepulauan Riau, FV Viking langsung dikawal oleh kapal TNI AL KRI 376 menuju lokasi penenggelaman, yakni perairan Laut Timur Pangandaran, tepatnya di lokasi pantai pasir putih Pangandaran.

Dengan 136 kilogram peledak, FV Viking akhirnya tenggelam. Dengan kondisi sebagian kapal tenggelam di dalam laut. Serta sisanya masih terlihat di atas permukaan air. Dengan ini, kapal tak lagi berfungsi. Namun saat air laut surut, bangkainya akan muncul. Hal ini menjadi monumen peringatan perlawanan dan tindak tegas pemerintah pada pencurian ikan ilegal.

Ternyata, wujud bangkai kapal yang terlihat seperti karam itu masih membentang di pesisir Pantai Pasir Putih hingga sekarang. Hal ini justru mampu menarik minat pengunjung pantai. Banyak yang menikmati pemandangan tak biasa yang tak akan dijumpai di pantai lainnya.

Baca juga: 5 Pantai Penuh Misteri Ini Jarang dikunjungi Loh!

Aktivitas di Pantai Pasir Putih Pangandaran

Aktivitas di Pantai Pasir Putih Pangandaran
Aktivitas di Pantai Pasir Putih Pangandaran

Dekat dengan lokasi konservasi alam, Pantai Pangandaran memiliki keistimewaan tersendiri. Banyak hal menarik bisa dilakukan yang berhubungan dengan proses healing sambil menikmati keindahan alam. Di antaranya:

  1. Trekking 

    Pantai pasir putih Pangandaran identik dengan alamnya yang masih otentik. Salah satu sebabnya adalah dekat dengan Cagar Alam. Dengan ini, Kawanjo bisa menikmati pemandangan alam, sekaligus menghirup udara segar dan menikmati gerak gerik hewan seperti monyet ekor panjang.Bila lebih jauh berjalan menyusuri wilayah konservasi, Kawanjo bisa menemukan beberapa gua, salah satunya gua Cirengganis. Yang mana menurut kepercayaan, mata air di dalamnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

  2. Eksplorasi PantaiBila ingin sekedar berdiam diri, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di atas pasir berwarna putih. Selain berjemur, bisa juga mengisi waktu dengan bermain pasir atau mencari kerang. Terdapat pula beragam wahana yang bisa disewa. Seperti ATV dan perahu untuk berkeliling di laut pinggir. Jika sore tiba, pemandangan matahari terbenam menjadi golden view yang tak rugi untuk ditunggu.
  3. Bermain AirIngin berbasah-basah? Cobalah berenang di perairan dangkal. Atau sekalian melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan dalam laut sekitar Pantai Pangandaran. Jika hendak menguji adrenalin, cobalah melakukan olahraga surfing. Namun pastikan memang sudah terlatih ya, demi keamanan yang maksimal.
  4. BerfotoDengan keindahan alam yang berpadu dengan beragam aktivitas mengasyikkan, hunting foto di salah satu pantai Jawa Barat ini menjadi kewajiban. Apalagi keunikan tersendiri bila mengabadikan momen di depan bangkai kapal FV Viking yang terguling tanpa daya. Kabarkan pada dunia betapa pantai pasir putih Pangandaran sangatlah menarik. Dengan keindahan alamnya, serta keunikan bangkai kapalnya.
  5. Wisata BelanjaBelum lengkap rasanya bila wisata tanpa belanja. Beruntung di lokasi pantai pasir putih Pangandaran terdapat beragam kios. Mulai dari penjual makanan hingga cindera mata. Jangan lupa nikmati seafood khas Pangandaran sambil bersantai menikmati keindahan. Beli juga berbagai barang yang cocok untuk oleh-oleh. Misalnya kaus, topi, kerajinan kulit kerang, dan lainnya.

Baca juga: Eksplor Belitung Cuma Sejuta, Yakin Mau Lewatkan Paketnya Begitu Saja?

Pantai pasir putih Pangandaran terkenal dengan alamnya yang indah tiada tara namun masih terjaga kelestariannya. Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini. Termasuk untuk membuktikan kedigdayaan dunia maritim Indonesia pada beberapa tahun terakhir.

0 comments on “Mulai dari Snorkeling Hingga Lihat Bangkai Kapal Buronan, Begini Serunya Pantai Pasir Putih Pangandaran 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.