Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits
Local Experiences

Naik Kereta Api Jalur Selatan, Yuk Mampir ke Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits 

Beberapa di antaranya merupakan tempat wisata Ciamis yang lagi hits.

Per 1 Juni 2023 silam, semua perjalanan Kereta Api  jalur selatan berhenti di Stasiun Ciamis. Baik itu jenis eksekutif maupun jarak jauh lainnya, kereta api akan berhenti di Stasiun Ciamis untuk melayani naik dan turunnya penumpang. Dengan ini, warga Ciamis memiliki pilihan lebih banyak dalam bepergian dengan si ular besi. Pun sebaliknya, akan lebih mudah bagi warga luar untuk datang. Terutama bagi yang hendak mengunjungi tempat wisata Ciamis yang lagi hits. Karena hal ini berdasarkan alasan KAI memutuskan menambah daftar kereta api  yang mampir di kota manis. Yaitu untuk meningkatkan kunjungan wisata di Ciamis

Kereta Api Jalur Selatan

Di pulau Jawa, jalur kereta api dibagi menjadi dua. Yaitu utara dan selatan. Khusus di jalur selatan, sepanjang perjalanannya sangat digemari para penumpang yang suka dengan keindahan alam. Hamparan sawah, gunung, sungai, dan jurang – jurang bisa dinikmati oleh penumpang kereta api yang menikmati pemandangan di jalur selatan. Ditambah lagi, stasiun kereta api yang dilewati, beberapa diantaranya merupakan bangunan cagar budaya. Sehingga bisa menambah daftar kunjungan wisata dengan kereta.

Baca Juga : WSL Krui Pro 2023 di Lampung Segera Digelar, Ratusan Atlet Mancanegara Ikut Serta

Sebagai tambahan, laju kereta di jalur selatan tidak bisa secepat di jalur utara.  Hal ini mendukung penumpang untuk menangkap secara sempurna keindahan alam sepanjang perjalanan. Alasan lainnya adalah karena harus melewati medan yang tidak mudah. Seperti tikungan yang mencapai 90 derajat, tanjakan, turunan, sehingga kereta api jalur selatan memiliki kecepatan antara 50 – 80 km/jam saja.

Kini, semua kereta api yang melewati jalur selatan akan berhenti di stasiun Ciamis. Membuka kesempatan lebih lebar untuk mempersilakan lebih banyak orang untuk menikmati alam yang tak kalah indahnya. Menjadi penyempurna betapa menariknya jalur selatan kereta api.

Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits

Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits
Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits

Seolah menjadi kado HUT Ciamis ke 381, pengumuman dari PT KAI tentang penambahan daftar kereta api sungguh menyenangkan. Karena warga kota akan lebih mudah bepergian dan wisatawan bisa gampang mengunjungi Ciamis. Apalagi daerah berjuluk kota manis ini memiliki banyak wisata di Ciamis.

Baca Juga : 3 Makanan Indonesia yang Mendunia Beserta Sejarahnya

Beberapa diantaranya merupakan tempat wisata di Ciamis yang lagi hits. Yaitu:

  1. Bukit Sampalan
Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits Bukit Sampalan
Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits Bukit Sampalan

Menikmati alam dari ketinggian merupakan pilihan tepat untuk merefresh pikiran. Begitu pula jika mampir di tempat wisata Ciamis terbaru ini. Meskipun baru buka pada Februari 2023, tempat ini sudah dijubeli orang setiap harinya.

Selain bisa menikmati panorama sambil menyesap sejuknya udara, di Bukit Sampalan juga bisa berfoto ria. Karena di sini juga disediakan spot selfie menarik. Berlokasi di Bukit Sampalan Asri ada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pengunjung juga bisa kulineran. Terdapat beberapa warung yang menjual makanan. Untuk kemudian di makan di gazebo yang tersedia. Siap-siap pulang dengan perut kenyang dan hati yang lapang. 

  1. Kampung Bungur Jalatrang
Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits Kampung Bungur Jalatrang
Tempat Wisata Ciamis yang lagi Hits Kampung Bungur Jalatrang

Tempat wisata Ciamis yang lagi hits 2023 ini mengusung konsep unik. Yang pertama adalah sebagai kawasan ketahanan pangan yang dijadikan objek agrowisata. Memiliki luas 6 hektar, Kampung Bungur ini lokasinya dekat dengan gunung Sawal. Sehingga wajar bila tanaman tumbuh subur dan menghijau. Berswa foto di sini pastilah jadi keharusan. 

Yang kedua adalah konsep edukasi tentang tanaman dilengkapi juga dengan  peternakan berbentuk villa. Bukan untuk manusia, melainkan villa domba, villa ayam, villa sapi dan kolam ikan. Sehingga Pengunjung bisa mengetahui berbagai macam hewan sekaligus hasil pertanian. Seperti kebun jagung, ubi ungu dan padi.

Berlokasi di Cipangalun Dusun Babakan, RT.007/RW.015, Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kampung Bungur Jalatrang pun menerapkan tiket masuk yang tak biasa. Yaitu, sesuai slogan main sepuasnya bayar seikhlasnya.

Baca Juga : Trip ke Tumpak Sewu dan Goa Tetes Cuma Rp950 Ribu

  1. Green Canyon Ciamis
Grand Canyon Ciamis
Grand Canyon Ciamis

Bukan di Arizona, wisata di Jawa Barat anti mainstream ini sangatlah menawan. Tidak bisa ditinggalkan, bila sedang berada di Ciamis harus datang ke sini. Sebab alamnya yang indah akan mengajak untuk melakukan kegiatan menarik. 

Body rafting adalah aktivitas yang paling pas dilakukan di Green Canyon Ciamis. Menyusuri sungai Citanduy yang dikepung oleh alam yang hijau dan teduh akan mengukir pengalaman wisata tak terlupakan.

Maka jangan ragu mampir ke lokasi Green Canyon di Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat dengan jarak 94 km dari pusat kota Ciamis.

  1. Grand Sayang Kaak
Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits Grand Sayang Kaak
Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits Grand Sayang Kaak

Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis memiliki view alam sekitar yang menarik. Panorama alam pegunungan dengan udara yang sejuk dilengkapi dengan aliran sungai Citanduy. Menjadi kenikmatan tersendiri untuk berlama-lama di tempat wisata Ciamis yang lagi hits satu ini.

Berlokasi di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi lengkap. Area rekreasi puncak bukit ini kini memiliki banyak spot selfie. Seperti dek observasi berlantai kaca dengan latar penuh warna. Tak mau yang biasa, Grand Sayang Kaak juga menawarkan pengalaman seru. Mulai dari outbound, off-road, hingga arung jeram.

Kereta api jalur selatan kini mampir ke Ciamis dulu. Fakta menyenangkan ini juga berimbas naiknya kunjungan ke tempat wisata Ciamis yang lagi hits. Sebab tak bisa dipungkiri, kota manis ini memiliki pesona alam yang indah menawan.

0 comments on “Naik Kereta Api Jalur Selatan, Yuk Mampir ke Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.