Wisata di Balige F1H2O Toba 2023
Local Experiences

Nonton Powerboat Lanjut Wisata Balige F1H2O Toba 2023

Tak ada yang menyangkal keindahan Danau Toba. Dengan diselenggarakannya kejuaraan F1H2O akan menjadi magnet tambahan bagi sektor wisata lain seperti wisata Balige F1H2O Toba 2023.

Balapan di jalan beraspal? Mandalika jagonya. Balapan di atas air? Nah, yang ini di Danau Toba adanya! Yap, event bergengsi balap perahu super cepat atau F1H2O Toba 2023 akan dilaksanakan di kawasan Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba pada tanggal 24-26 Februari 2023 nanti. Ajang kompetisi internasional yang merupakan rangkaian Grand Prix dari delapan acara yang berlangsung di Timur Tengah, Eropa, dan Asia ini secara tak langsung akan mendongkrak wisata Balige F1H2O Toba 2023.

Serba-serbi F1H2O Toba 2023

wisata Balige F1H2O Toba 2023
Serba-serbi F1H2O Toba 2023

Kejuaraan F1H2O adalah kelas tertinggi dalam perlombaan perahu super cepat atau powerboat internasional. Sehingga disebut sebagai F1-nya balap powerboat. Kompetisi powerboat tahunan tingkat dunia ini diselenggarakan oleh Union Internationale Moto Nautique dan disponsori H2O. Sebab itulah nama  F1H2O disematkan.

F1H2O yang diselenggarakan di Toba tahun ini dihadiri oleh 20 pembalap dunia powerboat. Mereka beradu kecepatan dengan format atau aturan dalam kelokan tajam 140 kilometer/jam dan lintasan Lurus 220 kilometer/jam. Balapan berlangsung selama 45-60 menit dalam beberapa putaran. 

Baca Juga : Libur Telah Tiba, Danau Toba Pilihannya!

Bisa dibayangkan bagaimana serunya melihat powerboat saling berkejaran mengungguli satu sama lain. Apalagi dengan panorama danau Toba yang mempesona, menonton perlombaan bergengsi ini pasti menarik hati. Hal inilah yang menjadi keuntungan bagi danau Toba sebagai destinasi super prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia. 

Wisata Balige F1H2O Toba 2023

Wisata Balige F1H2O Toba 2023
Wisata Balige F1H2O Toba 2023

Jika balap mobil atau sepeda motor, para penonton harus duduk rapi di tribun penonton, balap powerboat berbeda. Selain di tempat yang dipersiapkan, penonton bisa dengan mudah menyaksikan balapan dari pinggir danau. Pantas bila kelak saat pelaksanaan, diharapkan banyak wisatawan yang datang ke danau Toba. 

Untuk mensukseskan acara F1H2O Toba 2023, panitia pelaksana termasuk jajaran kementerian yang bertanggung jawab, telah melakukan persiapan infrastruktur dengan baik. Seperti persiapan lokasi, penyempurnaan akomodasi dan penginapan, juga peningkatan kebersihan dan kenyamanan daerah. Mereka yang datang harus tak hanya puas menonton balapan. Mengunjungi tempat wisata di dekat venue acara menjadi pilihan untuk berlama-lama di sekitar danau Toba.

Baca Juga : Ingin Kembangkan Danau Toba Serius, Sandiaga Uno Lantik Pejabat

Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu di Balige, Kabupaten Toba akan berfungsi sebagai media center, trauma center, serta area perkantoran bagi panitia F1H2O. Di sini juga menjadi hospitality suite untuk tamu-tamu VVIP. Maka, kawasan Balige menjadi penting untuk acara tahunan ini. Lalu, apa saja wisata Balige F1H2O Toba 2023? KBeberapa daftar berikut bisa kamu kunjungi selama pelaksanaan kompetisi F1H2O lho. Simak selengkapnya, ya!

  1. Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul
wisata Balige F1H2O Toba 2023
Wisata Balige F1H2O Toba 2023, Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul

Tepian Danau Toba di daerah Balige ini menjadi favorit masyarakat. Mereka menyebutnya sebagai pantai, meski sebenarnya adalah tepian danau sehingga airnya tidaklah terasa asin seperti laut. Airnya justru terasa tawar. Lumban Bulbul memiliki area dengan pasir berwarna putih bersih. 

Aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan Lumban Bulbul tak hanya bermain pasir. Dari sini juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan Danau Toba beserta bukit-bukit hijau yang mengelilingi. Jika ingin menaiki perahu kano atau banana boat pun bisa asal sudah membayar sewanya. Penghobi foto juga terpuaskan dengan objek bidikan berupa ornamen selfie sekaligus panorama yang mempesona.

  1. Pantai Lumban Silintong
wisata Balige F1H2O Toba 2023
wisata Balige F1H2O Toba 2023 yang bisa dikunjungi, Pantai Lumban Silintong

Satu lagi area tepian Danau Toba yang wajib dikunjungi kala berada di Balige. Orang menyebutnya sebagai pantai Lumban Silintong, dengan ombak yang tenang sehingga cocok untuk berenang. Berkunjung ke sini bersama keluarga menjadi momen yang hangat.

Di Pantai Lumban Silintong selain cocok untuk berenang, juga pas untuk bersantai di pinggir pantai. Sambil menikmati pemandangan sekitar pastinya. Dan yang istimewa, di sekitar Lumban Silintong terdapat banyak cafe yang bisa digunakan untuk nongkrong santuy. Sebagian besar bahkan instagramable, sehingga bisa jadi spot foto menarik. 

  1. Bukit Pahoda
Wisata di Balige Bukit Pahoda
wisata Balige F1H2O Toba 2023, Bukit Pahoda

Keindahan Danau Toba yang bisa dinikmati dari wisata Balige F1H2O Toba 2023 selanjutnya adalah sebuah bukit, tepatnya berada di Lumban Silintong, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Sebut saja Bukit Pahoda, tempat yang cocok untuk menikmati danau Toba dari ketinggian, tanpa halangan.

Bukit Pahoda adalah area dengan rumput yang terbentang. Sungguh asyik melakukan piknik di sini. Menggelar tikar kemudian mengeluarkan perbekalan, menyantapnya sambil bersantai menikmati eloknya danau Toba. Untuk sampai di puncak, perjalanan naik akan melewati persawahan yang juga menyegarkan mata. 

  1. Museum TB Silalahi
Wisata di Balige Museum TB Silalahi
Wisata Balige Museum TB Silalahi

Wisata bersejarah juga bisa jadi alternatif menghabiskan waktu dengan berfaedah di daerah Balige. Salah satunya adalah dengan mengunjungi museum TB Silalahi. Sebuah bangunan yang merekam keluhuran hidup seorang menteri dan Jenderal dari pulau Sumatera. Mulai beliau kecil dengan kehidupan sederhana sebagai penggembala kerbau hingga menjadi orang penting di Republik ini.

Baca Juga : Legenda Danau Toba yang Selalu Jadi Daya Tarik Pariwisata

Museum TB Silalahi juga menampilkan produk kebudayaan Batak seperti kain ulos, baju tradisional Batak, aksara Batak, boneka Sigale-gale, hingga silsilah keluarga Batak. Benda-benda bersejarah tersebut disertai informasi lengkap dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sangat cocok sebagai tempat wisata di Balige untuk wisatawan asing yang terlibat dalam perhelatan akbar F1H2O Toba.

Kabar akan dilaksanakannya F1H2O di Indonesia telah santer digaungkan. Publik dunia pun berpaling pada Danau Toba. Hal ini sangatlah menguntungkan bagi kemajuan wisata Balige F1H2O Toba 2023. Bila Kawanjo hendak menonton kejuaraan powerboat internasional ini, jangan lupa lanjut ngetrip ke beberapa destinasi di sekitar venue acara, yaa!

0 comments on “Nonton Powerboat Lanjut Wisata Balige F1H2O Toba 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.