karimunjawa, island hopping di karimunjawa,
Local Experiences

Pengen Wisata Seru yang Hemat Waktu? Coba Island Hopping di Karimunjawa, Yuk!

Kesibukan seolah bagai mata rantai yang susah terputus. Ambil waktu untuk berwisata Island Hopping Karimunjawa jawabannya. Bila memang kesibukan jadi hal wajib tak bisa dihindari, sempatkan sehari ambil jeda.

Kesibukan seolah bagai mata rantai yang susah terputus. Ambil waktu untuk berwisata Island Hopping di  Karimunjawa jawabannya. Bila memang kesibukan jadi hal wajib tak bisa dihindari, sempatkan sehari ambil jeda. Demi jiwa raga terjaga kesehatannya, island hopping Karimunjawa bisa jadi solusi terbaik. Tak memakan waktu lama, namun keseruannya? Juara!

Karimunjawa Jawa Tengah

Karimunjawa Jawa Tengah
Karimunjawa Jawa Tengah

The Paradise of Java adalah julukan yang diberikan pada daerah Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektar dan perairan sekitar 110.000 hektar,  terdapat 27 pulau tropis. Lingkungan yang masih hijau, alami, dan asri. Udaranya pun masih bersih dan segar. Apalagi masyarakat yang tinggal di sini sangat ramah. Maka jangan heran bila pengunjung betah berada di Karimunjawa, surganya Pulau Jawa.

Pulau-pulau di Karimunjawa memang menyimpan potensi yang membuat kagum. Dengan keindahan alam, pegunungan, pantai dengan pasir putih pantai, dan yang utama adalah dunia bawah lautnya. Karena itulah Karimunjawa dikembangkan menjadi wisata taman laut Jawa Tengah. Hingga kini tempat ini digemari banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Snorkeling Sampai Puas di Pulau Pahawang Cuma Rp700 Ribuan

Island Hopping di Karimunjawa

Island Hopping di Karimunjawa
Island Hopping di Karimunjawa

Berwisata maksimal dalam waktu singkat merupakan solusi yang diberikan oleh Karimunjawa. Tak sampai 24 jam, Kawanjo sudah bisa kembali pulang ke kediaman dengan full of energy seusai liburan.

Karimunjawa juga disebut dengan Caribbean of Java alias Karibia-nya pulau Jawa. Dimana kedua daerah berjauhan ini mirip. Sama-sama terdiri dari kepulauan kecil dimana jaraknya berdekatan satu sama lain. Karena itulah hopping island di Karimunjawa sangatlah direkomendasikan. Khususnya bagi penggemar wisata yang efektif dan efisien.

Dari 27, hanya lima pulau yang berpenghuni. Sedangkan selebihnya hanya untuk tujuan wisata. Ditambah lagi, jarak yang berdekatan memudahkan untuk melakukan hopping island di Karimunjawa.

Adapun aktivitas yang dilakukan selama di sini memang khas island hopping di Indonesia. Menikmati panorama dalam laut dengan snorkeling atau diving, berenang, mengendarai perahu atau jet ski, atau sekedar berpiknik di pinggir pantai sambil sesekali berjalan santai berkeliling. Yang unik adalah di Karimunjawa, Kawanjo bisa melihat penangkaran hiu.

Itinerary Island Hopping Karimunjawa 

Itinerary Island Hopping Karimunjawa
Itinerary Island Hopping di Karimunjawa

Dari Jepara atau Semarang, arahkan perjalanan ke pulau Karimunjawa. Perjalanan berkeliling bisa dimulai dari sini. Kawanjo bisa menyewa perahu ke destinasi tertentu. Atau bisa juga disewa seharian. Tergantung itinerary yang telah dibuat.

Sekedar saran, Kawanjo bisa mulai Island hopping saat pagi hari. Mulailah perjalanan ke penangkaran hiu. Cukup lihat dari tepian saja. Sebab sang raja laut ini tidak nyaman bila ada manusia yang mendekat. Bila begitu, bisa membahayakan nyawa seseorang.

Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan ke Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar. Puas-puaskan snorkeling di sana. Sebab terdapat banyak spot indah di dasar laut yang bisa dinikmati. Karang berbagai jenis dan bentuk dengan hewan laut yang tak kalah menggemaskan.

Puas berbasah-basah, saatnya melancong ke Pulau Gosong di bagian timur Karimunjawa. Letaknya di bagian timur Karimunjawa. Pulau seluas 5×8 ini memiliki gosong yang hanya hadir saat air laut surut.

Perjalanan selanjutnya menuju ke Pulau Menjangan Kecil. Selain memiliki spot snorkeling dan diving, tempat ini juga bisa digunakan untuk tempat mencari ketenangan. Sebab kondisinya yang masih sepi cocok bagi yang membutuhkan sesi menyendiri.

Selesai island hopping, Kawanjo bisa kembali ke Karimunjawa lagi. Sebelum pulang, jangan lupa untuk nikmati sunset di Pantai Tanjung Gelam nan cantik.

Baca juga: Koeta Toea Semarang, Rekomendasi Wisata Keluarga di Akhir Tahun 2023

Persiapan Island Hopping di Karimunjawa

Persiapan Island Hopping di Karimunjawa
Persiapan Island Hopping di Karimunjawa

Sebelum melakukan aktivitas wisata island hopping di Karimunjawa, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Pilih Destinasi

    Tentukan pulau-pulau mana yang ingin dikunjungi. Sesuaikan rencana perjalanan dengan preferensi aktivitas, seperti snorkeling, menyelam, atau hanya bersantai di pantai.

  2. Susun Rute Perjalanan

    Susun rute perjalanan atau itinerary dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh antar pulau. Pertimbangan lama  menikmati setiap destinasi juga perlu diperhatikan.

  3. Siapkan Peralatan Snorkeling

    Jika berencana untuk snorkeling, pastikan membawa peralatan pribadi. Meskipun beberapa destinasi mungkin menyediakan persewaan peralatan, tetapi lebih baik membawa sendiri untuk kenyamanan.

  4. Pakaian dan Perlengkapan

    Bawa pakaian renang, pakaian nyaman, dan perlengkapan pelindung matahari seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya. Pastikan juga membawa handuk dan pakaian ganti.

  5. Makanan dan Minuman

    Beberapa pulau mungkin tidak memiliki fasilitas makanan, jadi disarankan membawa bekal sendiri. Persiapkan bekal makanan ringan dan air minum. Hindari alkohol serta makanan pedas yang membuat perut menjadi kurang nyaman.

  6. Informasi Cuaca dan Gelombang

    Periksa perkiraan cuaca dan kondisi gelombang sebelum berangkat. Sebab hal ini dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan perjalanan.

  7. Perhatikan Waktu dan Kapal

    Pastikan Kawanjo telah memahami jadwal perjalanan kapal atau perahu yang akan digunakan. Tiba lebih awal untuk memastikan bahwa Kawanjo tidak melewatkan perjalanan.Dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, Kawanjo dapat lebih menikmati aktivitas island hopping Karimunjawa.

Baca juga: Cari Vitamin Sea Gak Harus ke Bali, Karimunjawa Juga Sama Cantiknya!

Untuk menjaga kesehatan jiwa raga, island hopping di Karimunjawa bisa jadi solusi terbaik. Meskipun tidak memerlukan waktu banyak karena bisa dilakukan dalam waktu hanya sehari, namun kebahagiaan bisa mudah didapatkan. Karimunjawa memang juaranya berwisata!

0 comments on “Pengen Wisata Seru yang Hemat Waktu? Coba Island Hopping di Karimunjawa, Yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.