telaga pange, ambon,
Local Experiences

Pesona 3 Hidden Gem Ambon, Membayar Lunas Usaha untuk Sampai di sana

Di antara deretan daya tarik wisatanya terdapat banyak hidden gem Ambon. Tempat yang belum banyak orang tahu karena aksesnya yang tidak biasa, sehingga pas bagi pendamba ketenangan sekaligus petualangan dalam berwisata.

Ambon memiliki daya tarik yang unik, seperti keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan kehangatan masyarakatnya. Pantai-pantai yang memesona, sumber daya laut yang kaya, serta festival-festival budaya yang meriah. Di antara deretan daya tarik wisatanya terdapat banyak hidden gem Ambon. Tempat yang belum banyak orang tahu karena aksesnya yang tidak biasa, sehingga pas bagi pendamba ketenangan sekaligus petualangan dalam berwisata.

Hidden gem merupakan destinasi atau tempat yang letaknya di tengah hutan atau butuh perjuangan untuk sampai. Bisa juga destinasi yang belum begitu populer. Kedua jenis ini menawarkan pengalaman yang istimewa. Baik bagi mereka yang berhasil sampai maupun yang baru pertama kali berkunjung. Banyak wisatawan memilih berwisata di hidden gem sebuah daerah karena ingin mengalami sesuatu yang baru dan masih asli.

Meskipun Kawanjo berada di tempat yang belum terlalu terkenal, bersiaplah mendapatkan kebahagiaan dalam suasana tenang, jauh dari keramaian. Dengan berada di sini, Kawanjo bisa mengeksplorasi keindahan alam atau budaya yang belum terlalu terjamah oleh banyak wisatawan lain. Hal ini menciptakan kesan eksklusif dan memuaskan hasrat penasaran guna menjelajahi surga tersembunyi yang ada.

Baca juga: Paket Wisata Pantai Ora dan Ambon Bikin Hati Riang Gembira

Cara Menuju Ambon Kota Wisata

Cara Menuju Ambon Kota Wisata
Cara Menuju Ambon Kota Wisata

Selain potensi keindahan alamnya, Ambon juga tak mempersulit banyak orang untuk berkunjung. Menikmati kemudahan akses menuju Nusantara sisi Timur, bisa dibuktikan bila pergi wisata ke Ambon. Perjalanan menuju ke kota musik ini bisa ditempuh dengan moda transportasi laut dan udara. Bila mengambil jalur laut, perjalanan ditujukan ke pelabuhan Pelabuhan Yos Sudarso. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Honipopu, Sirimau, Kota Ambon. Pelabuhan ini melayani pelayaran antar kota antar pulau, seperti dari Surabaya, Jakarta, Makassar, Jayapura, dan Kupang.

Sedangkan bila hendak ke Ambon dengan menaiki alat transportasi udara, Kawanjo bisa menuju ke Bandara Internasional Pattimura Ambon. Yang melayani perjalanan dari beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Medan, Makassar, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Baca juga: Daya Tarik Pantai Natsepa Ambon Pengikat Rindu Bagi Para Perantau 

Hidden Gem Ambon

Surga tersembunyi di Ambon menawarkan keindahan maksimal. Meskipun aksesnya butuh perjuangan, namun segala usaha akan terbayarkan dengan suguhan panorama yang cantik. Beberapa hidden gem di Kota Ambon di antara mya:

  1. Air Terjun Telaga Pange
    Hidden Gem Ambon Air Terjun Telaga Pange
    Hidden Gem Ambon Air Terjun Telaga Pange

    Pantas bila belum banyak orang yang berkunjung. Sebab hidden gem di Kota Ambon ini terletak jauh di kedalaman hutan dengan akses yang menantang. Namun, meski begitu, minat mengunjungi tempat ini akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Apalagi artis Nadine Chandrawinata pernah ke sini untuk syuting program televisi tentang eksplorasi keindahan alam Nusantara.

    Di sini Kawanjo bisa menikmati suasana alam yang sangat asri dan terjaga kealamiahannya. Sehingga rasa damai dan tenang bisa didapatkan. Cocok bila hendak berwisata sambil healing sejenak, menepi dari keriuhan kota.

    Air terjun Telaga Pange memiliki kolam dengan air yang menarik. Memiliki warna campuran yang eksotis. Gradasi warna hijau kebiruan pasti menarik hati untuk segera masuk dan berenang atau sekedar bermain air. Apalagi alam sekitarnya yang masih teduh dan asri.

    Air Terjun Telaga Pange berada di dalam hutan Taeno. Tepatnya berada di Dusun Taeno masuk Kecamatan Teluk, Ambon, Maluku. Nah untuk masuk hingga sampai air terjun, butuh waktu sekitar sejam dengan berjalan kaki. Itupun hanya bagi orang yang sudah berpengalaman menaklukkan hutan dan telah pemanasan sebelumnya.

    Tak perlu ragu, sebab ketika menyusuri jalan hutan, Kawanjo akan disuguhi pemandangan yang menawan. Inilah mengapa hidden gem mampu membuat pengalaman  berharga, yang telah ditebus dengan rasa penasaran dan perjuangan. Ketika sampai di lokasi hidden gem Ambon, bersiaplah untuk terpesona dengan keindahan air terjun setinggi 40 meter dan kolam jernih bergradasi.

  2. Pantai Werahung Hukurila
    Hidden Gem Ambon Pantai Werahung Hukurila
    Hidden Gem Ambon Pantai Werahung Hukurila

    Pantai Werahung Hukurila merupakan salah satu wisata alam di Ambon yang jauh dari kebisingan kota. Tepatnya di Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon. Memberikan ketenangan dengan panorama sekitar yang menakjubkan.

    Dengan jarak 12 km dari pusat kota, pantai eksotik di Ambon ini tidak terletak di pinggir jalan. Harus berjalan kaki masuk hutan kecil  untuk sampai di Pantai Werahung Hukurila. Benar-benar seperti mencari sesuatu berharga yang masih tersembunyi.

    Setibanya di pantai, lelah karena menyusuri akan terbayar dengan keeksotisan pantai. Ada batu besar di kiri kanan pantai yang mengapit garis pantai sepanjang 300 meter. Pasir putih halus terhampar siap memanjakan telapak kaki Kawanjo. Silakan edarkan pandangan ke arah  laut. Lihatlah airnya yang berwarna biru muda dan jernih. Sampai-sampai bagian dasar laut terlihat dilihat bila Kawanjo berada di  atas bebatuan. Apalagi terdapat deretan pepohonan hijau yang menjadi latar belakang. Nampak indah dalam pandangan hingga merasuk memperbaiki perasaan.

    Di pantai ini, Kawanjo bisa melakukan banyak hal menyenangkan. Mulai dari sekedar berjalan-jalan hingga berenang atau menyelam. Jangan lupa mengambil foto dengan gaya terbaik, di depan latar belakang alam nan menawan.

  3. Gua Hukurila
    Hidden Gem Ambon Gua Hukurila
    Hidden Gem Ambon Gua Hukurila

    Bergeser sedikit dari hidden gem Ambon sebelumnya. Ada gua Hukurila, salah satu gua di Ambon. Istimewanya, gua ini terletak di bawah laut. Sehingga bagi para penggemar selam, objek wisata yang satu ini akan jadi primadona. Benar-benar mencari sesuatu yang sulit ditemukan. Masih di dekat wilayah pantai Hukurila, gua ini menjadi pelengkap perburuan surga tersembunyi Kota Ambon.  Setelah berada di dalam laut, Kawanjo akan langsung disuguhi oleh terumbu karang dengan beragam warna dan bentuk. Kemudian bila sampai di depan mulut gua, terdapat beberapa   tumpukan batu yang lumayan besar.

    Salah satu pintu masuk berbentuk  celah sempit dengan lebar sekitar dua sampai tiga meter saja. Sehingga menimbulkan kesan menantang untuk dieksplorasi lebih dalam. Menimbulkan sensasi tersendiri untuk para penyelam.

    Setelah masuk, Kawanjo bisa menyusuri gua bawah laut ini hingga kedalaman 20 meter. Panorama cantik khas dalam laut akan menampakkan diri. Terdapat gerombolan ikan berseliweran di tengah gua yang juga penuh dengan karang. Sungguh menarik untuk dinikmati sambil menyelam.

    Jangan khawatir tersesat, karena di gua ini terdapat satu lubang besar dan dua lubang kecil yang berfungsi sebagai jalan keluar dari gua. Bagi divers pemula pun tak perlu gentar. Sebab ada pelatihan singkat tentang diving dan bila tidak membawa peralatan, bisa menyewa di persewaan saat masih di darat.

Baca juga: Amboi! Inilah Rekomendasi Wisata Ambon Terbaru dan Harus Dikunjungi

Ternyata, masih banyak hidden gem Ambon yang belum tereksplorasi dengan maksimal. Suasananya masih tenang karena belum banyak yang mendatangi. Bisa jadi salah satu faktornya adalah akses yang tidak mudah. Namun ketika sampai di tujuan, rasa puas akan muncul menyertai kebahagiaan yang menguar.

0 comments on “Pesona 3 Hidden Gem Ambon, Membayar Lunas Usaha untuk Sampai di sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.