Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia
Local Experiences

Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia, Sarat Makna Bikin Bahagia

Menempuh jarak sekitar 1km, coba luangkan waktu untuk bersenang-senang sambil menjelajah tempat menarik di Cikini dan Gondangdia

Cikini ke Gondangdia, jalan-jalan emang bikin bahagia. Karena banyak tempat yang bisa dikunjungi bila bepergian di antara dua tempat yang sedang banyak didendangkan ini. Menempuh jarak sekitar 1km, coba luangkan waktu untuk bersenang-senang sambil menjelajah tempat menarik di Cikini dan Gondangdia.

Lokasi Cikini dan Gondangdia

Lokasi Cikini dan Gondangdia
Lokasi Cikini dan Gondangdia

Sedang viral, lirik lagu Cikini ke Gondangdia banyak terdengar berseliweran di media sosial. Memang isinya menceritakan tentang kesetiaan. Namun pemilihan dua lokasi ini pasti tidak semata-mata memaksakan diksi. Sebab daerah Cikini dan Gondangdia ternyata memang penuh makna.

Tempat menarik di Cikini dan Gondangdia memang ada banyak. Bahkan Cikini ditetapkan sebagai salah satu Urban Tourism di Jakarta. Dua kelurahan di Kecamatan Menteng, Jakarta Selatan ini terhubung dalam waktu 10 menit saja dengan berkendara. Atau jika ingin berjalan kaki santai, cukup menghabiskan waktu 30 menit. Bisa terbayang, kan berapa menit kalori yang terbuang? Apalagi sambil mengunjungi satu persatu tempat menarik di Cikini dan Gondangdia.

Baca Juga : 4 Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan yang Instagramable, Mau Kemana Dulu Nih?

Tempat Menarik di Cikini

Cikini Walking Tour banyak dilakukan karena banyaknya tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini. Maka tak salah bila wisata perkotaan Jakarta di daerah ini dioptimalkan dengan penyempurnaan trotoar di pinggir jalan. Sehingga pejalan kakipun nyaman berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Menyusuri Cikini layaknya menekuni suasana Jakarta tempo dulu. Sebab masih banyak kisah masa lalu yang masih terjaga, hingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ada banyak rumah bergaya Belanda di sepanjang Jalan Cikini Raya ke Jalan Pegangsaan Timur. Karena ternyata dahulu di kawasan ini merupakan kompleks kediaman orang Eropa.

 

  • Kantor Pos Cikini
Kantor Pos Cikini
Kantor Pos Cikini

Di ujung Jalan Cikini Raya ada Kantor Pos Cikini yang telah ada sejak tahun 1920. Tempat ini merupakan pintu masuk dan keluar surat serta barang dari penduduk luar Jawa. Juga dari Indonesia ke Belanda.

  • Bakoel Koffie
Bakoel Koffie
Bakoel Koffie

Tempat menarik di Cikini selanjutnya adalah warung kopi legendaris Bakoel Coffee. Kawanjo bisa mengambil foto di teras. Keberadaan toko-toko tua di sekitarnya menjadikan kesan retro yang unik dan menarik untuk diabadikan.

Kemudian, mari berhenti sejenak untuk menikmati aneka menu yang ditawarkan. Seperti kopi, roti, es krim, serta makanan ringan lainnya.

  • Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) diresmikan oleh Gubernur DKI Ali Sadikin pada tahun 1968 sebagai pusat seni dan budaya di Jakarta. TIM menjadi saksi sejarah para budayawan dan seniman menuangkan karya-karyanya. Di dalamnya juga terdapat beberapa pertunjukan internasional yang menarik untuk dinikmati.

  • Aneka museum

Melengkapi vibes masa lampau, ada banyak destinasi belajar sejarah di dekat kawasan Cikini. Bermulai dari Taman Ismail Marzuki sebagai pusatnya, Kawanjo bisa berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia, Museum Sumpah Pemuda, Museum MH Thamrin,  Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Museum Sasmita Loka Ahmad Yani, Museum AH Nasution, Museum Proklamasi Kemerdekaan, dan lainnya.

Baca Juga : Naik Sleeper Bus Jakarta-Surabaya, Layaknya Musisi Eropa atau Amerika!

Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia

Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia
Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia

Selanjutnya, setelah puas mengeksplorasi wilayah kelurahan Cikini, Kawanjo bisa menuju Gondangdia. Nyaris serupa, di Gondangdia juga merupakan kawasan yang terkenal dengan nuansa tempoe doeloe.

 

Di sepanjang Jalan Cut Meutia,  kebanyakan bangunan di sisi kanan dan kirinya masih berarsitektur Belanda. Seperti:

  •  Masjid Cut Meutia
Masjid Cut Meutia
Masjid Cut Meutia

Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels, masjid ini dulunya merupakan kantor pengembang perumahan De Boewploeg. Seorang pengembang asal Belanda yang menjadikan Gondangdia dulunya sebagai perumahan elit bangsawan Eropa. Namun kini rumah-rumahnya telah  berubah fungsi.

  •  Gedung Joang 45
Gedung Joang 45
Gedung Joang 45

Dulunya bangunan ini merupakan  sebuah hotel. Kini Kawanjo bisa mengunjungi tempat menarik di Cikini dan Gondangdia yang satu ini. Karena di dalamnya bisa dilihat jejak perjuangan kemerdekaan RI. Seperti mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama, koleksi foto-foto dokumentasi, lukisan dan diorama [3] yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945-1950-an, serta patung para pahlawan.

  • Pusat perbelanjaan

Gondangdia juga terkenal sebagai pusat belanja. Ada beberapa mall di dekat stasiun Gondangdia yang bisa dikunjungi. Seperti Sarinah, Plaza Menteng, dan Plaza Atrium. Keberadaan stasiun Gondangdia memudahkan akses para pengunjung dari luar kota untuk menjelajahi kawasan ini, termasuk wisata shopping. 

 

Selain pusat perbelanjaan modern, ada juga pasar Gondangdia yang juga menjadi ikon bersejarah daerah ini. Sebab pasar ini telah lama ada dan menjadi perputaran ekonomi masyarakat sekitar. Di dalamnya menjadi saksi kelahiran gado-gado Boplo yang terkenal sampai sekarang. Ternyata nama Boplo diambil dari De Boewploeg, pengembang perumahan yang kantornya kini menjadi masjid Meutia.

Baca Juga : 3 Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Ternyata, menyusuri tempat menarik di Cikini dan Gondangdia menjadi pengalaman wisata yang asyik. Ada berbagai objek bersejarah dan sarat makna yang bisa dieksplorasi. Dengan jarak yang tidak jauh, Kawanjo bisa menyusurinya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dijamin badan makin bugar, hati bisa bahagia maksimal.

0 comments on “Tempat Menarik di Cikini dan Gondangdia, Sarat Makna Bikin Bahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.