Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang
Local Experiences

3 Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Berikut rekomendasi wisata di dekat stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung yang bisa dipilih untuk liburan mendatang

Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang adalah salah satu titik pemberhentian si ular besi yang memiliki kecepatan 385 km/jam ini. Tiga lainnya adalah Stasiun  Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Meski masih dalam proses penyelesaian, Stasiun KCJB Karawang mampu menjadi pusat perhatian.Sebelum coba, ada baiknya kamu tau info wisata di dekat stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung, khususnya yang ada di Karawang

Sebagai stasiun pemberhentian KCJB dari Jakarta, Stasiun Karawang sangat membanggakan. Meski saat ini belum jadi 100%, bangunannya nampak megah di tengah sawah. Apalagi saat langit malam datang, lampu yang dinyalakan menampilkan eksotisme stasiun yang mulai dikerjakan sejak tahun 2019 ini.

Fasilitas Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Fasilitas Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Fasilitas Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Stasiun KCJB Karawang memiliki dua lantai pada bangunannya. Fasilitas lengkap mulai terpasang menjelang beroperasinya. Area ticketing, ruang tunggu dan area komersial ditempatkan di lantai satu. Dimana tenant-tenant kuliner dan kafe akan beroperasi. Terdapat pula ruang tunggu VIP, ruang laktasi, dan  beberapa toilet yang ramah difabel.

Baca Juga: Daftar Jenis dan Harga Kereta Wisata Non Priority, Mau Pilih yang Mana?

Di lantai dua terdapat ruang tunggu dengan layar navigasi dan informasi yang terpasang. Di masing-masing sisi peron terdapat tangga dan lift  untuk satu akses naik serta satu akses turun. 

Stasiun KA Cepat Karawang menggunakan desain bangunan open station atau stasiun yang memiliki atap terbuka pada bagian platform. 

Terdapat dua tipe rel di stasiun ini. Masing-masing memiliki dua track rel. Tipe ballastless track untuk laju rel kereta cepat, berada di sisi kanan dan kiri. Tipe kedua adalah ballasted track, untuk dua rel di tengah yang berfungsi sebagai lajur parkir dan lintasan darurat. 

Lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Stasiun Kereta Cepat Karawang tak kalah besar dari Stasiun Halim di Jakarta. Luasnya mencapai 19 ribu meter persegi. Dengan ketinggian 52,216 meter di atas tanah, stasiun KA Cepat Karawang berada  persawahan tepatnya di Jalan Neglasari, Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Naik Kereta Api Jalur Selatan, Yuk Mampir ke Tempat Wisata Ciamis yang Lagi Hits 

Spot Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Spot Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Spot Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Ternyata, Stasiun KCJB di Karawang dekat dengan beberapa tempat menarik. Termasuk spot wisata yang bisa dipilih untuk liburan mendatang. Mumpung ada program tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kawanjo bisa mengunjungi spot wisata di Karawang dekat Stasiun KA Cepat. Dari stasiun, Kawanjo  menaiki angkutan umum untuk menuju ke tempat-tempat di bawah ini. Yaitu:

  1. Taruma Leisure Waterpark
Taruma Leisure Waterpark, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Taruma Leisure Waterpark

Berlibur bersama keluarga naik kereta api cepat akan jadi pengalaman menarik. Apalagi Taruma Leisure Waterpark menyajikan kolam renang terbesar di Karawang. 

Terdapat beragam wahana yang menantang dan seru, termasuk di dalamnya adalah outbound dan Animal Education Farm. Di tengah alam yang menawan, wisata terbaru di Karawang ini menjadi tempat berlibur keluarga yang nyaman, segar, dan mengasyikkan.

Adapun lokasinya berada di Perum Grand Taruma Jalan Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kawanjo bisa datang pada jam operasional Taruma Leisure Park mulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB (hari kerja) 09.00 – 20.00 (akhir pekan).

Baca Juga : Yuk Mampir, 13 Wisata di Jalur Kereta Api Sulawesi!

  1. Wonderland Adventure Waterpark
Wonderland Adventure Waterpark, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Wonderland Adventure Waterpark

Bak sedang berada di negeri dongeng, berlibur di Wonderland Adventure Waterpark siap menghibur seluruh anggota keluarga. Terutama anak-anak pastinya. Sejak dari gerbang masuk, nuansa dunia ajaib atau Wonderland akan terasa. Apalagi ketika masuk dan mengedarkan pandangan.

Adapun tema yang disajikan oleh spot wisata keluarga di Karawang ini adalah petualangan air di negeri dongeng. Maka tak heran bila terdapat banyak macam kolam renang sesuai ukuran dan kedalaman. 

Terdapat pula berbagai wahana permainan air. Seperti Super Bowl Slide, Gorila Slide, dan lain sebagainya. Yang paling seru adalah kolam ombak. Karena di kolam berukuran 30×40 meter dan kedalam 1,2 meter, terdapat tujuh macam ombak yang berbeda setiap satu jam.

Bila Kawanjo ingin seru-seruan bermain air, datang segera setelah naik kereta cepat Jakarta Bandung. Tepatnya di alamat Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur,  Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pada jam buka Wonderland Adventure Waterpark Karawang, pukul 09.0-17.00.

  1. Wisata Alam Kaliwungu
Wisata Alam Kaliwungu, Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Wisata Alam Kaliwungu

Bila spot wisata terdekat dari stasiun KA cepat Karawang sebelumnya berkonsep tematik, yang ini mengusung potensi alamnya. Berupa hutan lindung, di wisata alam Kaliwungu Kawanjo bisa berjalan santai di antara pepohonan yang berbaris rapi. Suasananya teduh dan udaranya segar.

Di wisata alam Kaliwungu Karawang juga terdapat berbagai resto dengan menu yang menarik. Tak lupa ada juga gazebo tempat menyantap makanan yang dipesan sambil bersantai menikmati alam. Puas bersantai, saatnya menuju danau buatan, dimana Kawanjo bisa mencoba menyusurinya dengan cara naik perahu kayuh. 

Bila ingin merasakan keheningan suasana hutan, cobalah menginap dengan mendirikan tenda di sini. Jangan khawatir, pengelola menyediakan fasilitas camping yang lengkap. Segera saja datang ke lokasi wisata alam Kaliwungu di Desa Sirnabaya, Telukjambe Timur, Karawang. Pada pukul 09.00-20.00 setiap harinya. 

Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang ternyata dekat dengan beberapa spot wisata yang menarik. Maka, mumpung liburan ini masih bisa merasakan kenikmatan naik kereta cepat secara gratis, buruan Kawanjo susun jadwalnya dan pesan tiketnya! Berlibur dengan naik kereta cepat Jakarta-Bandung gratis pasti jadi pengalaman yang mengesankan! 

0 comments on “3 Wisata di Dekat Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.