Desa Wisata Dokan
Local Experiences

Siap Terkesan dengan Desa wisata Dokan Karo Sumatera Utara

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Desa Wisata Dokan Kabanjahe Karo untuk sajian cipta rasa yang menawan.

Berkunjung ke Sumatera Utara selalu menerbitkan kesan mendalam. Berbagai destinasi istimewa ada di sana. Mulai dari Danau Toba hingga beragam sentra budaya yang bisa dinikmati. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Desa Wisata Dokan Kabanjahe Karo untuk sajian cipta rasa yang menawan.

Lokasi Desa Wisata Dokan

Lokasi Desa Wisata Dokan
Lokasi Desa Wisata Dokan

Berada di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tempat ini dekat dengan laut dan objek air terjun Sipiso-piso. Apabila berangkat dari Medan, maka butuh waktu 2 jam untuk menempuh jarak 89 kilometer.

Beda lagi jika Kawanjo berangkat dari Berastagi. Jaraknya lebih dekat, yaitu sekitar 25 kilometer. Adapun jalan menuju desa Dokan ditandai dengan papan penunjuk arah, dan jaraknya sekitar dua kilometer dari sana. Jika Kawanjo tidak memiliki pemandu atau tidak naik kendaraan pribadi, solusi terbaik adalah naik angkot dari jalan utama Berastagi ke Kabanjahe. Dari Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan angkot menuju Merek atau Tongging dan turun di pertigaan Desa Dokan. 

Baca Juga : Ragam Wisata Payakumbuh Sumatera Barat, No 2 Tempat Para Pejuang Berkumpul

Rumah Siwaluh Jabu di Desa Wisata Dokan

Rumah Siwaluh Jabu di Desa Wisata Dokan
Rumah Siwaluh Jabu di Desa Wisata Dokan

Pada zaman dahulu, desa wisata Dokan dipenuhi dengan rumah panjang khas daerah setempat. Namun sayangnya sebagian besar dihancurkan pada masa penjajahan Belanda. Beruntung sampai sekarang  desa ini masih menyimpan beberapa rumah panjang tradisional Karo. 

Rumah panjang ini disebut dengan Siwaluh Jabu yang berarti 8. Dengan maksud, rumah panjang ini dapat menampung delapan keluarga. Mereka hidup harmonis dalam balutan adat istiadat yang bijak.

Dari fakta menariknya saja bisa dibuktikan bahwa Siwaluh Jabu adalah bangunan yang unik. Karena tak satupun ditemukan paku atau kawat untuk membangun. Meski begitu, dengN usia rumah ini yang sudah ratusan tahun, Siwaluh Jabu tetap kokoh berdiri.  

Dengan menjelajahi dalamnya, Kawanjo bisa merasakan kearifan lokal. Dan menemukan betapa uniknya gaya hidup mereka yang bersahaja. Rumah-rumah ini kaya akan simbolisme. Ada kepala kerbau yang menghiasi puncak atap dan motif tokek di sepanjang sisinya. Pilar-pilarnya bertumpu pada pondasi kayu. Terdapat beberapa helai rambut wanita yang diletakkan di antara penyangga dan pondasi. Gunanya adalah untuk melindungi dari gempa bumi. 

Di pintu masuk utama, terdapat papan datar yang memanjang sekitar satu kaki dan gagang kayu berornamen di sisi setiap pintu. Pegangan ini berfungsi sebagai penopang bagi wanita Karo saat melahirkan atau sekedar duduk di atas papan kayu. 

Di dalam, Kawanjo akan menemukan bahwa setiap keluarga memiliki area masing-masing. Ruang tidur yang ada beralaskan tikar di lantai.  Terdapat tungku kayu bakar sederhana dengan peralatan tradisional.

Baca Juga : Geopark Ngarai Sianok Sumatera untuk Generasi Mendatang 

Daya Tarik Desa Wisata Dokan

Daya Tarik Desa Wisata Dokan
Daya Tarik Desa Wisata Dokan

Selain rumah Siwaluh Jabu, jangan lupakan hal menarik lainnya yang bisa didapatkan di desa wisata Dokan Karo Sumatera Utara.

  1. Pentas Budaya

Dokan juga terkenal sebagai desa budaya di Sumatera Utara.  Karena desa ini akan melaksanakan acara budaya tiap tahunnya, dan  digelar di setiap kampung. Salah satunya adalah Merdang Merdem atau Perayaan Kerja Tahun. Sebuah ritual yang melambangkan rasa syukur setelah panen raya.

Ada lagi acara Gendang Guro-Guro Alon. Sebuah festival musik dan tarian khas Tanah Karo yang menampilkan pemuda pemudi setempat. Juga ada kegiatan memasak bersama, mengolah berbagai hidangan khas Tanah Karo.

Yang paling megah gebyarnya adalah Dokan Art Festival. Sebuah kegiatan yang berupaya mengangkat potensi budaya. Juga mempertahankan tradisi, supaya tak tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi. 

  1. Glamping

Glamorous Camping atau glamping bisa menjadi pilihan untuk tinggal lebih lama di desa wisata Dokan. Sebuah area bernama Juma Bakal Dokan menyediakan pengalaman menginap di alam dengan fasilitas yang menarik.

Dari sini Kawanjo bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Gunung serta hamparan lembah hijau nampak eksotis di mata. Udara yang sejuk menambah nyaman suasana. Apalagi bila waktu matahari terbit atau terbenam. Menyaksikan dari salah satu tenda glamping di sini benar-benar the best view holiday.

Dengan fasilitas lengkap, baik di dalam tenda maupun secara umum, Kawanjo akan terpuaskan bermalam di penginapan Dokan. Apalagi banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Selain menjelajahi desa wisata Dokan Karo Sumatera pastinya. 

Baca Juga: Panen Seru di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara!

Kawanjo bisa mencoba beragam spot wisata yang seru dan instagramable. Seperti bermain di sungai, gua, rumah pohon, dan kebun kopi.

Nah, terbukti kan, desa wisata Dokan mampu memberi pengalaman mengesankan dan tak mudah terlupakan. Yuk, langsung saja menuju ke destinasi wisata di Sumatera Utara ini!

0 comments on “Siap Terkesan dengan Desa wisata Dokan Karo Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.