Wisata Kuliner Mudik di Jalur Pantura
Local Experiences

Top 5 Wisata Kuliner Jalur Pantura, Sudah Coba?

sembari menikmati perjalanan, tak ada salahnya untuk melakukan wisata kuliner mudik di jalur Pantura. Dijamin lebaran jadi lebih mengesankan dan anti kelaparan di tengah jalan 

Jalur Pantura selalu ramai setiap tahunnya, apalagi musim mudik kemarin. Jalur ini menghubungkan ibu kota dengan kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, Gresik, Surabaya, hingga Banyuwangi. Tentunya setiap kota memiliki rekomendasi makanan khas Pantura yang bisa Kawanjo coba. Itung-itung sembari menyusuri jalan sekalian mengeksplorasi rasa.

Baca juga: Bikin Terkesan, Ini 5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Wisata Kuliner Jalur Pantura

Wisata Kuliner Mudik di Jalur Pantura
Wisata Kuliner Mudik di Jalur Pantura

Apabila Kawanjo lewat di Jalur Pantura, jangan lupa wisata kuliner. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib dicoba saat mudik lewat Jalur Pantura:

  1. Empal Gentong Cirebon
    Empal Gentong Cirebon
    Empal Gentong Cirebon

    Empal Gentong Cirebon adalah hidangan mirip gulai yang dimasak dengan kayu bakar dalam sebuah gentong besar. Salah satu tempat yang paling legendaris adalah Empal Gentong Bu Darma di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1, Cirebon. Kawanjo bisa merasakan masakan yang terdiri dari irisan daging dan bagian jeroan sapi disertai kuah santan kuning nan gurih.

  2. Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon
    Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon
    Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon

    Berlokasi di Jalan Cangkring II Nomor 34, Kejaksaan, Cirebon, Jawa Barat. Ada sekitar 50 menu dengan harga mulai Rp1.500 yang bebas Kawanjo pilih. Seperti Perkedel Kentang, Terung balado, Tempe dan Tahu Goreng, Cumi Hitam, Olahan telur, Pepes Telur Asin, Daging Sapi Laos, Paru, otak sapi goreng, dan lainnya. Ciri khas kuliner khas Cirebon ini adalah disajikan di atas daun jati. Terdiri dari nasi dan sambal goreng cabai.

  3. Sate Blengong Brebes
    Sate Blengong Brebes
    Sate Blengong Brebes

    Sate blengong terbuat dari daging bebek yang dikawin silang dengan mentok atau entok. Dagingnya terasa lembut dengan serat mirip daging bebek. Ditambah dengan siraman bumbu kacang yang gurih, sate Blengong sangat lezat disantap di tengah perjalanan mudik. Salah satu tempat yang bisa dituju adalah warung makan Sate Blengong Bu Kijah Brebes. Alamatnya di Jalan Gajah Mada, Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

    Baca juga: 6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

  4. Soto Tauco Khas Tegal
    Soto Tauco Khas Tegal
    Soto Tauco Khas Tegal

    Wisata kuliner Jalur Pantura ke empat. Jenis soto yang satu ini memadukan makanan berkuah dengan sambal tauco. Sehingga menghasilkan rasa yang gurih, pedas, manis, dan sedikit asam. Isiannya bisa berupa irisan babat, daging sapi, atau ayam. Disajikan dengan soun, tauge dan taburan bawang goreng bikin Soto semakin lengkap.

  5. Tahu Gimbal Semarang
    Tahu Gimbal Semarang
    Tahu Gimbal Semarang

    Selain lumpia, Semarang juga punya tahu gimbal. Tahu gimbal berisi tahu goreng dadu, kol, telur, lontong, dan gimbal (udang digoreng dengan tepung berukuran besar). Kemudian isian tersebut disiram dengan saus kacang yang lezat. Salah satu penjual tahu gimbal Semarang yang bisa dipilih adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. Porsinya besar dengan sambal kacang yang sengaja dibuat kasar. Wisata kuliner Jalur Pantura yang ada di Semarang ini berdiri sejak tahun 1950 hingga sekarang, lokasinya berada di Jalan Plampitan No. 54, Kota Semarang.

0 comments on “Top 5 Wisata Kuliner Jalur Pantura, Sudah Coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.