Pariwisata Likupang
Local Experiences

2 Pariwisata Likupang Istimewa, Mau Tau Apa Saja?

Memang sebelumnya Bunaken dan Manado menjadi primadona bagi yang berkunjung ke Pariwisata Likupang Sulawesi Utara.

Memang sebelumnya Bunaken dan Manado menjadi primadona bagi yang berkunjung ke Pariwisata Likupang, Sulawesi Utara. Namun kini, Kawanjo bisa menikmati sektor pariwisata Likupang dengan mudah. Sehingga bisa membuktikan bahwa daerah ini layak menjadi idola sebagaimana destinasi wisata yang sebelumnya sudah terkenal.

Likupang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Dengan luas sekitar 200 hektar, daerah ini banyak memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. Otomatis banyak pantai di Likupang yang bisa jadi rekomendasi destinasi wisata.

Namun, ternyata tak hanya tentang lautan. Pariwisata Likupang juga memiliki potensi lain sehingga bisa menjadi dambaan para turis mancanegara sekalipun. Bukitnya juga indah, budayanya juga menarik dan mulia, serta kulinernya pun sedap disantap.

Baca juga: Paket Wisata Tiga Hari di Likupang, Dompet Tetap Tenang

Keistimewaan Pariwisata Likupang

Keistimewaan Pariwisata Likupang
Keistimewaan Pariwisata Likupang

Dengan potensinya, Likupang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo,  Borobudur, serta Likupang. Kelimanya diharapkan menjadi ‘Bali Baru’ sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. Harapannya, kualitas dari kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional bisa meningkat. Mereka bisa lebih lama tinggal di lima daerah tersebut. Sehingga secara tidak langsung, hal ini memberi dampak baik bagi produk-produk ekonomi kreatif yang menyokong wisata di sekitarnya.

  1. DPSP Likupang

    DPSP Likupang 
    DPSP Likupang

    Likupang sendiri memiliki perbedaan dengan empat DPSP lainnya. Bila lainnya sudah memiliki infrastruktur yang terbangun, pembangunan pariwisata Likupang justru tidak difokuskan pada infrastruktur. Di Likupang harus ada kesepakatan dan integritas dengan seluruh ekosistem, termasuk masyarakat. Tujuannya guna membuka peluang usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk.

    Pada intinya pembangunan Likupang terfokus kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, yakni harus memperhatikan bagaimana aspek kelestarian lingkungan. Bagaimana supaya peningkatan pariwisata sejalan dengan upaya pelestarian alam. Karena selain memiliki keindahan alam, kebetulan Likupang adalah kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace sehingga dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif pariwisata hijau.

    Baca juga: Menparekraf Bakal Ajak Coldplay ke 3 Destinasi Super Prioritas

  2. KEK

    Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ialah kawasan dengan batasan tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kawasan ini ditetapkan dengan tujuan menyelenggarakan fungsi dari manfaat perekonomian tertentu. KEK dikembangkan dengan menyiapkan kawasan yang berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain hingga bisa memiliki daya saing internasional dan nilai ekonomis tinggi. Kini, dari seluruh wilayah Indonesia terdapat 18 KEK. Salah satunya adalah dari Sulawesi Utara yakni KEK Likupang. Yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Likupang.KEK Likupang memiliki keunggulan di sektor pariwisata bertema resort dan wisata budaya (cultural tourism). Berbeda dengan lainnya, KEK Likupang didukung oleh berbagai keindahan yang ditawarkan alam dan penduduknya, termasuk Wallace Conservation Center.

    Dari Kota Manado, KEK Likupang berjarak tempuh kurang lebih 50 km dengan waktu 1,5 sampai 2 jam perjalanan mengendarai kendaraan bermotor. Pemerintah telah membangun infrastruktur seperti Tol Manado – Bitung, untuk memudahkan mobilitas wisatawan dikarenakan, Likupang termasuk KEK.

    Perjalanan dijamin akan terasa nyaman dan menyenangkan. Hal ini pun mempermudah akses untuk menuju daerah ini. Hingga lama kelamaan Likupang semakin dikenal oleh wisatawan. Berbagai jenis destinasi wisata alam Likupang bisa dikunjungi. Selain pantai dan pemandangan bawah laut, ada juga savana, bukit hutan bakau, dan berbagai pilihan wisata lainnya. Jangan khawatir bila ingin berlama-lama, sebab ada banyak resort atau penginapan di Likupang yang nyaman. Lengkapi pula cerita liburan dengan menikmati festival budaya mencicipi kuliner di Likupang yang lezatnya tiada tara!

Baca juga: Dijamin Seru! 4 Hari 3 Malam Berkelana di Gorontalo

Pariwisata di Likupang Minahasa Utara dari hari ke hari semakin dikenal. Dengan adanya potensi keindahan alam dan keluhuran budaya, pemerintah secara sigap memberi keistimewaan pada daerah ini. DPSP Likupang dan KEK Likupang telah mendukung peningkatan kualitas pariwisata dan jumlah kunjungan ke dalamnya.

33 comments on “2 Pariwisata Likupang Istimewa, Mau Tau Apa Saja?

  1. Blog ini membahas tentang salah satu destinasi wisata di Sulawesi Utara yaitu Likupang, di Likupang ini terdapat banyak kekayaan alam salah satunya yaitu banyaknya pesisir dengan pantai putih,dan juga bukit yang indah, dan juga budayanya juga menarik dan mulia, serta kuliner di Likupagn pun sedap untuk disantap,.di blog tersebut juga menjelaskan bagaimana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, serta Likupang.Yang dimana keliman destinasi tersebut diharapkan menjadi ‘Bali Baru’ sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. Di blog tersebut juga menjelaskan bagaimana pembangunan DPSD Likupang tidak berfokus pada Infrastruktur tetapi lebih kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, yakni harus memperhatikan bagaimana aspek kelestarian lingkungan.

  2. Blog ini membahas tentang destinasi Pariwisata Likupang, Likupang juga adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.daerah ini memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih,tetapi juga memiliki bukit yang tidak kalah indah,budayanya juga menarik dan mulia, serta kulinernya pun sedap disantap,sehingga bisa menjadi dambaan para turis mancanegara.Dengan potensinya, Likupang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, serta Likupang. Kelimanya diharapkan menjadi ‘Bali Baru’ sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. Harapannya, kualitas dari kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional bisa meningkat.Pada intinya pembangunan Likupang terfokus kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, yakni harus memperhatikan bagaimana aspek kelestarian lingkungan,Tujuannya guna membuka peluang usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk.Pariwisata di Likupang Minahasa Utara dari hari ke hari semakin dikenal. Dengan adanya potensi keindahan alam dan keluhuran budaya, pemerintah secara sigap memberi keistimewaan pada daerah ini. DPSP Likupang dan KEK Likupang telah mendukung peningkatan kualitas pariwisata dan jumlah kunjungan ke dalamnya.

  3. Veronika Butet Br Situmorang

    Blog ini memberikan gambaran positif dan informatif tentang potensi pariwisata Likupang, Sulawesi Utara. Poin-poin utama yang disampaikan adalah daya tarik Likupang, pengakuan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, fokus pada pariwisata hijau, dan perkembangan infrastruktur yang memudahkan akses wisatawan.

    Pemaparan ini menunjukkan bahwa Likupang memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata yang menarik dan berkelanjutan. Fokus pada pelestarian alam dan infrastruktur yang ditingkatkan adalah langkah positif dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut. Semua ini membuat Likupang menjadi tempat menarik bagi para pelancong yang mencari pengalaman pariwisata yang unik dan berkesan.

  4. Radita Indah Permata Sari

    Blog ini memberikan informasi mengenai keistimewaan pariwisata Likupang. Dimana Likupang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Priotias. Kawasan Likupang memiliki pesisir dengan pantai berpasir putih. Selain itu, Likupang mempunyai bukit yang indah, budaya yang menarik dan kuliner yang sedap untuk disantap. Pembangunan Likupang lebih berfokus kepada aspek kelestarian lingkungan karena Lingkupang merupakan kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace sehingga dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif pariwisata hijau.

  5. Sangat menarik, Destinasi pariwisata Likupang. Menyuguhkan banyak pemandangan dan daya tarik yang indah. Dengan perpaduan alam pantai, perbukitan serta adat dan budaya yang ada disana dan tentu kuliner khas yang ada di pulau tersebut. Likupang juga merupakan salah satu dari 5 destinasi super prioritas yang sedang digencar-gencarkan untuk dipromosikan oleh pemerintah. Alam yang indah dan masih terjaga. Harus masuk whislist Pulau yang dikunjungi jika saya bepergian ke Sulawesi Utara suatu saat nanti

  6. Marisa Mediana

    Pada blog ini para pembaca bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa menambah wawasan mengenai pariwisata, dan pada blog ini membahas mengenai banyaknya potensi dan keistimewaan dari pantai Likupang yang direkomendasikan sebagai destinasi wisata tujuan. Dengan potensinya, Likupang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu pada blog ini juga terdapat informasi mengenai DPSP Likupang. pembangunan Likupang terfokus kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, yaitu harus memperhatikan bagaimana aspek kelestarian lingkungan. Cara peningkatan pariwisata sejalan dengan upaya pelestarian alam. Selain itu Likupang juga ditetapkan sebagai salah satu wilayah dari 18 wilayah Indonesia yang termasuk ke KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Dengan potensi dan keistimewaan yang dimiliki oleh Likupang menjadi salah satu faktor pendukung dalam peningkatan kualitas pariwisata dan jumlah kunjungan ke Likupang.

  7. Ria Zetira

    Terdapat informasi baru yang didapatkan setelah membaca blog ini, dimana pada awalnya yang diketahui banyak orang terkait Pariwisata di Likupang mungkin hanya destinasi wisaata Bunaken saja, tapi sekarang kita jadi tahu bahwa terdapat juga destinasi wisata Kawanjo dan lainnya. Potensi yang terdapat di Likupang juga ternyata bukan hanya dari segi wisata laut nya saja, namun disebutkan juga terdapat wisata savana, bukit hutan, dan bahkan terdapat Wallace Conservation Center. Apalagi terdapat keterlibatan masyarakat di dalam setiap kegiatan pariwisata yang ada di Likupang, hal ini juga menjadi nilai plus untuk peningkatan SDM di wilayah tersebut. Dengan perkembangan wisata nya yang semakin baik, diharapkan bisa dibarengi dengan pembangunan infrastruktur nya yang bisa lebih ditingkatkan lagi kedepannya agar lebih banyak wisatawan yang dapat menjangkau destinasi-destinasi wisata yang ada di Likupang

  8. Zahrani Salsabila

    pada blog ini menjelaskan secara rinci mengenai potensi pariwisata Likupang, yang ternyata tidak hanya selalu mengenai laut, namun terdapat potensi yang lain salah satunya adalah bukitnya yg indah, budayanya yg menarik, dan kulinernya. namun pada pembangunannya pariwisata likupang tidak difokuskan pada infrastruktur, namun lebih difokuskan pada pariwisata hijau yakni menyatu dengan alam dan harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungannya. Sementara itu pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang memiliki keunggulan pada sektor pariwisata yang bertemakan resort dan wisata budaya atau cultural tourism, tentunya hal ini didukung dengan keindahan alam dan penduduknya

    • Likupang merupakan salah satu daerah destinasi wisata yanh ada di sulawesi utara. Likupang menawarkan banyak pantai dengan pesisir yang berpasir putih. Dalam pengembangannya Likupang masuk Destinasi Super Prioritas untuk pengembangan pariwisata Indonesia.  Pembangunan Likupang juga berfokus kepada pariwisata hijau dengan memperhatikan aspek lingkungan. Likupang juga masuk kedalam kawasan ekonomi khusus dimana sektor unggulan pariwisata yang dimiliki adalah resort dan wisata budaya. Wisatawan tidak perlu khawatir sulit untuk sampai ke Likupang karena Pemerintah telah membangun infrastruktur bagi wisatawan yang ingin mengunjungi likupang baik untuk berlibur, mengunjungi festival budaya, ataupun mencicipi kuliner yang ada di Likupang

  9. Alika Tsabita

    blog ini sangat informatif dengan mengenalkan Likupang sebagai salah satu daerah di Sulawesi Utara, yang tidak hanya menarik karena lautnya, namun juga memiliki budaya dan kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Pembangunan Likupang sendiri mengimplementasikan konsep regeneratif pariwisata hijau dengan memperhatikan kelestarian lingkungan disamping peningkatan pariwisatanya. Dengan segala potensi yang dimiliki oleh Likupang, tidak heran jika Likupang ini menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas

  10. Zeldania Marsellia

    Blog ini memberikan informasi yang menarik tentang destinasi wisata di Likupang, Sulawesi Utara. Memberikan gambaran tentang keindahan pantai berpasir putih di Likupang dan juga potensi wisata lainnya seperti bukit, budaya, dan kuliner. Selain itu, blog ini juga menyebutkan bahwa pemerintah telah membangun infrastruktur seperti Tol Manado-Bitung untuk memudahkan mobilitas wisatawan.
    Blog ini sangat informatif dan memberikan gambaran yang jelas tentang potensi wisata di Likupang. Informasi yang diberikan sangat berguna bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Likupang.

  11. Likupang merupakan salah satu daerah destinasi wisata yanh ada di sulawesi utara. Likupang menawarkan banyak pantai dengan pesisir yang berpasir putih. Dalam pengembangannya Likupang masuk Destinasi Super Prioritas untuk pengembangan pariwisata Indonesia.  Pembangunan Likupang juga berfokus kepada pariwisata hijau dengan memperhatikan aspek lingkungan. Likupang juga masuk kedalam kawasan ekonomi khusus dimana sektor unggulan pariwisata yang dimiliki adalah resort dan wisata budaya. Wisatawan tidak perlu khawatir sulit untuk sampai ke Likupang karena Pemerintah telah membangun infrastruktur bagi wisatawan yang ingin mengunjungi likupang baik untuk berlibur, mengunjungi festival budaya, ataupun mencicipi kuliner yang ada di Likupang

  12. Azizah Azifa Dimartia

    blog ini memberikan informasi mengenai pariwisata Likupang. Likupang sendiri juga termasuk dalam 5 destinasi superprioritas, yaitu sebagai fokus pengembangan pariwisata di indonesia dengan tujuan untuk dapat menarik kunjungan wisatawan internasional. Pembangunan Likupang terfokus kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, selain memiliki keindahan alam Likupang adalah kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace sehingga dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif pariwisata hijau

  13. Farhansyach Ertho Ariestha Yudhistira

    Artikel ini menggambarkan keistimewaan pariwisata Likupang, sebuah destinasi wisata yang menjadi salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia. Keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengangkat Likupang sebagai DPSP menunjukkan potensi besar daerah ini dalam pengembangan pariwisata. DPSP ini termasuk Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, dan Likupang, yang diharapkan akan menjadi fokus utama pengembangan pariwisata, mirip dengan peran Bali.

    Likupang membedakan diri dari destinasi lain dalam DPSP karena pembangunan pariwisatanya tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga pada kesepakatan dan integritas dengan seluruh ekosistem, termasuk masyarakat setempat. Tujuannya adalah menciptakan peluang usaha dan meningkatkan kesejahteraan penduduk, dengan penekanan pada pariwisata berkelanjutan yang lebih menyatu dengan alam dan pelestarian lingkungan.

    Keindahan alam Likupang, yang meliputi wilayah yang dilintasi oleh garis Wallace, memungkinkan untuk menerapkan konsep regeneratif pariwisata hijau. Ini menunjukkan komitmen untuk menjaga alam sambil memanfaatkannya sebagai daya tarik wisata.

    Selain sebagai destinasi wisata, Likupang juga memiliki status sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diatur oleh peraturan pemerintah. KEK Likupang memiliki keunggulan dalam sektor pariwisata dengan tema resort dan wisata budaya, dan didukung oleh berbagai keindahan alam serta penduduknya.

    Infrastruktur yang dibangun, termasuk Tol Manado – Bitung, memudahkan akses untuk mencapai Likupang, menjadikan perjalanan nyaman dan menyenangkan. Ada berbagai destinasi wisata alam yang dapat dinikmati, termasuk pantai, pemandangan bawah laut, savana, bukit hutan bakau, dan banyak lagi. Penginapan dan resort yang nyaman juga tersedia, membuat Likupang menjadi tujuan liburan yang menarik.

    Artikel ini memberikan gambaran positif tentang Likupang sebagai destinasi wisata unik yang menggabungkan keindahan alam dengan fokus pada keberlanjutan, serta kemudahan akses untuk wisatawan. Itu juga menggarisbawahi peran KEK dalam mengembangkan ekonomi daerah.

  14. Setelah saya membaca Blog ini saya mengetahui bahwa Likupang adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Sulawesi Utara yang memiliki banyak kawasan pesisir pantai dengan pantai berpasir putih.Namun ternyata Likupang tidak hanyak memiliki Pesisir Pantai yang indah ternyata juga memiliki bukitnya juga indah, budayanya juga menarik dan mulia, serta kulinernya pun sedap disantap,dan ternyata Likupang menjadi salah satu destinasi dari lima Destinasi Super Prioritas.
    Dari Hari kehari wisata Likupang semakin banyak dikenal oleh banyak masyarakat karena memiliki potensi keindahan alam dan keluhuran budaya,serta pemerintah secara sigap memberi keistimewaan pada daerah ini.

  15. Nabillah Hulwa

    sangatt menarikk!!! blog ini memberikan informasi sekaligus memperkenalkan kepada pembaca destinasi Likupang sebagai salah satu daerah di Sulawesi utara yg dimana destinasi ini termasuk dalam 5 destinasi superprioritas sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. dengan potensi yang dimiliki hal ini akan banyak menarik perhatian dari wisatawan yang akan berkunjung baik itu domestik maupun internasional. maka dengan demikian dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut.

  16. Nabillah Hulwa

    sangatt menarikk!!! blog ini memberikan informasi sekaligus memperkenalkan kepada pembaca tentang destinasi Likupang sebagai salah satu daerah di Sulawesi utara yg dimana destinasi ini termasuk dalam 5 destinasi superprioritas sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. dengan potensi yang dimiliki hal ini akan banyak menarik perhatian dari wisatawan yang akan berkunjung baik itu domestik maupun internasional. pembangunan Likupang terfokus kepada pariwisata hijau, lebih menyatu dengan alam, kebetulan Likupang adalah kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace sehingga dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif pariwisata hijau. maka dengan pengembangan pariwisata ini dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut.

  17. Fajar Ridwan

    Sudah pernah ke Sulawesi Utara, tapi sayang sekali belum sempat ke Likupang. Sejauh ini kalau mengingat Likupang hanya terbesit terhadap keindahan alamnya apalagi yang hijau dan sangat menyatu dengan alam, tapi ternyata disinggung tentang kulinernya jadi penasaran

  18. Fajar Ridwan

    yah sayang banget, ke sulawesi utara tapi ga sempet coba ke Likupang. Jadi penasaran buat kesana dan menikmati alam terbuka hijau dan pantai birunya yang sangat indah. Bakalan jadi hal yang luarbiasa sih liburan kesini. Kayanya kalau kesini bakalan betah nih gamau pulang

  19. Bintang Mahardika

    ternyata Likupang mempunyai landscape² yang sangat indah namun juga tidak lupa dengan budaya – budaya yang juga selalu dijaga dan dilestarikan hingga terus disajikan pada festival – festival yang diselenggarakannya

    blog ini sangat bermanfaat karna memberikan kita informasi bahwa wisata bahari di Likupang terus berkembang

  20. Laura Nurmaya

    Sangat luar biasa cipataan tuhan yang harus kita jaga, kerennn!!!
    Sulawes, memiliki destinasi ini termasuk dalam 5 destinasi superprioritas sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. dengan potensi yang dimiliki hal ini akan banyak menarik perhatian dari wisatawan yang akan berkunjung baik itu domestik maupun internasional.

  21. Angely Antony Noor

    Melalui blog ini saya menjadi lebih mengetahui Likupang dan keunikkan nya. Likupang sendiri tak kalah indah dengan destinasi wisata di Indonesia yang telah di kenal di mata dunia. Likupang sendiri memang pantas menjadi destinasi prioritas karna keindahan dan keunikkan nya. Harapan nya melalui blog ini Likupang semakin dikenal oleh wisatawan domestik dan internasional.

  22. Elsarah Putri Syam

    Destinasi wisata ini sangat indah dan menarik, saya berharap saya dapat diberi kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Sebuah pilihan yang sangat tepat tentunya untuk menjadikan tempat ini sebagai wisata prioritas, karena keindahannya yang harus diberi perhatian lebih agar terjaga dengan baik.

  23. Visera Angelia Perangin-angin

    Dari artikel ini memberikan informasi terkait bahwa Likupang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, serta Likupang. Kelimanya diharapkan menjadi ‘Bali Baru’ sebagai fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. Pariwisata Likupang yang dari hari ke hari semakin terkenal dimana wisatawan nya tidak lagi dalam negeri tetapi turis dari mancanegara. sehingga memberikan dampak memperkenalkan keindahan alam yang di miliki Indonesia.

  24. Pemilihan Likupang menunjukkan potensi besar dalam pengembangan pariwisata dan memperlihatkan fokusnya pada kesepakatan dengan seluruh ekosistem, termasuk masyarakat setempat. Ini menggambarkan komitmen pada pariwisata berkelanjutan dan kesejahteraan lokal. Keunikan Likupang terletak pada pendekatannya yang menyeluruh, bukan hanya infrastruktur tapi juga pada pelestarian lingkungan dan integrasi dengan masyarakat. Keindahan alamnya, yang meliputi wilayah garis Wallace, memberikan dasar yang kuat untuk konsep regeneratif pariwisata hijau yang memprioritaskan pelestarian lingkungan.

    Likupang juga punya status KEK yang mengatur sektor pariwisata dengan tema resort dan wisata budaya. Didukung oleh berbagai keindahan alam, penduduk, dan infrastruktur, KEK ini menjadi landasan kuat bagi pengembangan ekonomi pariwisata di sana.

    Infrastruktur, seperti Tol Manado – Bitung, membuat perjalanan menuju Likupang jadi lebih mudah. Dan destinasi alamnya yang beragam, mulai dari pantai hingga pemandangan bawah laut, memberikan daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Ketersediaan penginapan yang nyaman juga membuatnya jadi tujuan liburan yang menarik.

    Secara keseluruhan, artikel itu memberikan pandangan positif tentang Likupang sebagai destinasi wisata yang unik, dengan fokus pada keberlanjutan, keindahan alamnya, dan kemudahan akses. Selain itu, artikel itu menyoroti peran penting KEK dalam mengembangkan ekonomi regional. Sungguh luar biasa!

  25. Siti Adelia Muafa Fadilul Ihza

    Sangat memberikan informasi yang sangat insightfull karena likupang merupakah salah satu daerah dari 5 Daerah superprioritas.seperti 2 destinasi wisata yang ada di likupang yaitu,kek dan DPSD Likupang.hal ini tentunya memberikan pengembangan yang lebih besar terhadap pariwisata yang ada di indonesia untuk terus mengglobal.

  26. Sheila Nurhaliza

    Pada blog ini sangat bermanfaat karena memberikan informasi menarik mengenai wisata di daerah sulawesi yaitu likupang. Dan dijelaskan bahwa likupang memiliki potensi wisata yang sangat menarik dan berkelanjutan. Sepertinya Likupang bisa dijadikan kedalam wishlist untuk jalan jalan

  27. Rivaldi Thio Darmawan

    Likupang emang keren banget ya, apalagi menjadi destinasi super prioritas Indonesia. Keindahan alam dan dukungan pariwisata nya harus terus ditingkatkan agar semakin baik lagi

  28. Amah Laviona

    Pariwisata Likupang sungguh memukau! Dua destinasi istimewa yang diulas di blog ini benar-benar menggoda untuk dikunjungi. Saya sangat tertarik untuk mengeksplor lebih lanjut. Terima kasih atas berbagi informasi yang menarik!

  29. Amah Laviona

    Pariwisata Likupang sungguh memukau! Dua destinasi istimewa yang diulas di blog ini benar-benar menggoda untuk dikunjungi. Saya sangat tertarik untuk mengeksplor lebih lanjut, semoga suatu saat dapat berkunjung langsung ke Likupang! Terima kasih atas berbagi informasi yang menarik!

  30. Amah Laviona

    Pariwisata Likupang sungguh memukau! Dua destinasi istimewa yang diulas di blog ini benar-benar menggoda untuk dikunjungi. Saya sangat tertarik untuk mengeksplor lebih lanjut. Terima kasih atas berbagi informasi yang menarik!

  31. samuel briyen fernando

    Blog ini membahas tentang wisata Likupang . Likupang adalah destinasi yang sedang naik daun di Indonesia. Dikenal karena keindahan alamnya yang memukau, pantai pasir putih, serta keberagaman hayati bawah lautnya yang menarik bagi para penyelam dan pecinta alam. Upaya pengembangan pariwisata yang terencana dan berkelanjutan di Likupang dapat menjadi potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi lokal dan kesadaran lingkungan.

  32. rahmi tazkiya

    artikel ini menarik bangett karna aku pribadi jadi mengetahui destinasi lain yang indah selain pantai pantai yang sudah terkenal seperti Bali dan semacamnya. rangkaian katanya pun mudah dipahami sehingga gakerasa udah selesai bacanya! ditunggu artikel menarik lainnya pigiblog ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.