Wisata di Likupang
Local Experiences

Jangan Dulu Pulang Kalau Belum Eksplor 5 Tempat Ini di Likupang!

Membahas liburan ke Sulawesi ternyata tidak hanya tentang Bunaken saja, tetapi ada sesuatu yang spesial Wisata di Likupang .

Membahas liburan ke Sulawesi ternyata tidak hanya tentang Bunaken saja, tetapi ada sesuatu yang spesial juga di Likupang. Ada hidden gem yang juga wajib disambangi bagi siapa yang mendamba kesenangan dan pengalaman mengesankan dalam bertamasya. Bila Kawanjo ada rencana menjelajahi provinsi ini, berkunjunglah ke Minahasa Utara. Ada banyak rekomendasi tempat wisata yang wajib masuk bucket list liburan mendatang!

Potensi Likupang

Secara serempak, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) serta Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan program KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), telah memilih Likupang. Daerah di Kabupaten Minahasa Utara ini dikembangkan menjadi ‘Bali Baru’ sekaligus memfokuskan pembangunannya pada sektor pariwisata.

Hal yang menguntungkan dari keistimewaan ini membuat Likupang jadi mudah diakses. Sehingga secara langsung mampu meningkatkan kuantitas kunjungan pariwisatanya. Perjalanan menuju ke wilayah ini jadi semakin nyaman dengan adanya infrastruktur yang mendukung. Seperti keberadaan jalan tol yang mencakup 39 km jalan tol baru Likupang ke Bitung, juga pelebaran jalan by pass dari Bandar Udara Sam Ratulangi Manado menuju Likupang sepanjang 31,5 km.

Baca juga: Kamu Pasti Mau! 2 Hari Eksplor Pulau Harapan Nggak Sampai Rp400 Ribu

Wisata di Likupang

Wisata di Likupang
Wisata di Likupang

Dengan luas sekitar 200 hektar, Likupang memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih dan lautan yang biru. Terdapat juga bukit-bukit dan savana yang teduh dipandang. Alamnya memang sangat menarik dan menawan.

Sebab itu pula, dalam pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, pemerintah memfokuskan pada pariwisata hijau, yakni usaha menghadirkan pariwisata yang berkelanjutan tanpa meninggalkan kualitasnya.

Inilah rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Ekowisata Desa Bahoi

    Wisata di Likupang Ekowisata Desa Bahoi
    Ekowisata Desa Bahoi

    Desa Bahoi merupakan desa nelayan yang memiliki ekowisata mandiri dengan tujuan untuk menjaga ekosistem laut. Desa Bahoi memiliki perkampungan nelayan yang memiliki ekosistem mandiri untuk menjaga ekosistem laut. Terdapat hutan bakau tepi laut, keindahan ekosistem bawah laut yang indah, serta memiliki homestay yang bisa disewa oleh wisatawan. Tersedia pula perahu milik penduduk yang bisa disewa untuk snorkeling atau diving. Jasa sewa perahu juga tersedia untuk berkeliling hutan bakau.

  2. Pantai dan Bukit Pulisan

    Pantai dan Bukit Pulisan Wisata di Likupang
    Pantai dan Bukit Pulisan 

    Tempat wisata favorit di sana salah satunya ada di Pulisan. Pantainya menyuguhkan pasir putih dengan tebing batu yang mirip gua. Terdapat juga perbukitan savana yang menghijau. Berada di Pantai Pulisan, Kawanjo bisa melakukan banyak hal seperti berjemur, berkeliling menggunakan kapal nelayan, serta snorkeling atau diving. Di Bukit Pulisan, pastilah Kawanjo bisa mengolah raga dengan hiking dan trekking tipis-tipis. Ketika sampai di puncak ketinggian, nikmati sepuasnya pemandangan hamparan rumput hijau dan Samudra Pasifik yang biru.

    Baca juga: Paket Wisata Tiga Hari di Likupang, Dompet Tetap Tenang

  3. Bukit Larata, Pantai Kinunang, dan Gunung Dua Basudara

    Bukit Larata Wisata di Likupang
    Bukit Larata 

    Masih di daerah Pulisan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Ada Bukit Larata dengan hamparan savana yang luas. Dari puncak bukit nampak hamparan birunya laut dengan Gunung Dua Basudara yang menjulang.

    Sekitar 15 menit berjalan dari Bukit Larata, Kawanjo bisa sampai di Pantai Kinunang yang tak kalah menawan. Selain itu, bila ingin lebih lama menikmati daya tarik Likupang, Kawanjo bisa menginap di homestay milik masyarakat di sekitar.

  4. Pantai Paal

    Pantai Paal Wisata di Likupang
    Pantai Paal 

    Tiga tahun terakhir, pantai di Likupang yang satu ini makin hari makin meriah. Sebab pantai yang berlokasi di Marinsow, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara ini selalu menjadi venue Likupang Tourism Festival.

    Hal ini membuat semakin banyak orang jadi tahu keistimewaan Pantai Paal. Pasir putih yang terbentang di pantainya yang luas berpadu dengan laut yang jernih berair biru. Di sini Kawanjo bisa bermain air atau berenang,  mengelilingi pantai sekitar menggunakan perahu, bermain water sport, atau sekedar bersantai di gazebo sambil menikmati kuliner Likupang yang dijual di sekitar.

  5. Likupang Tourism Festival

    Likupang Tourism Festival 2023
    Likupang Tourism Festival 2023

    Bila berkesempatan berwisata saat pelaksanaan Likupang Tourism Festival, Kawanjo adalah orang yang beruntung. Sebab acara tahunan yang diadakan Pemkab Minahasa Utara dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini masuk dalam Karisma Event Nusantara.

    So, pasti pelaksanaannya keren abis. Segala potensi daerah akan ditampilkan. Baik itu tradisi, kuliner, maupun hasil kerajinan tangan. Sebab dari acara ini diharapkan kunjungan wisatawan bisa makin meningkat. Adapun pelaksanaan festival ini adalah tanggal 26 sampai 28 Oktober.

Baca juga: Rekomendasi Hotel di Likupang, Wisata Maksimal Bikin Hati Riang

Yuk, susun itinerary-nya sekarang! Supaya rencana ngetrip bisa terlaksana paripurna, hingga menghasilkan kesenangan dan pengalaman tak terlupakan. Sebab, hidden gem di Sulawesi Utara ini sangatlah indah alam dan budayanya.

3 comments on “Jangan Dulu Pulang Kalau Belum Eksplor 5 Tempat Ini di Likupang!

  1. Veronika Butet Br Situmorang

    Blog ini adalah sumber informasi yang menginspirasi dan informatif tentang potensi pariwisata Likupang, Sulawesi Utara. Pemaparan yang komprehensif mencakup aspek keindahan alam, budaya, kuliner, dan penekanan pada keterhubungan infrastruktur yang mendukung aksesibilitas wisatawan. Blog ini juga menyoroti pariwisata hijau dan pelestarian alam sebagai pendekatan yang positif, serta memberikan rekomendasi destinasi wisata populer seperti Pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, dan Ekowisata Desa Bahoi. Selain itu, informasi tentang Likupang Tourism Festival memberikan motivasi tambahan untuk menjelajahi Likupang. Secara keseluruhan, blog ini mendorong pembaca untuk mengeksplorasi Likupang sebagai destinasi pariwisata menarik.

  2. Radita Indah Permata Sari

    Blog ini membahas tentang lima tempat wisata yang menarik di Likupang, Sulawesi Utara.
    1. Pantai Kinunang: Pantai yang terletak sekitar 15 menit berjalan dari Bukit Larata ini menawarkan pemandangan yang tak kalah menawan. Pengunjung juga dapat menginap di homestay milik masyarakat di sekitar pantai.
    2. Pantai Paal: Pantai yang berlokasi di Marinsow, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara ini selalu menjadi venue Likupang Tourism Festival. Pantai ini menawarkan pasir putih yang terbentang di pantainya yang luas berpadu dengan laut yang jernih berair biru. Di sini pengunjung bisa bermain air atau berenang, mengelilingi pantai sekitar menggunakan perahu, bermain water sport, atau sekedar bersantai di gazebo sambil menikmati kuliner Likupang yang dijual di sekitar.
    3. Likupang Tourism Festival: Acara tahunan yang diadakan Pemkab Minahasa Utara dan menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Likupang.
    4. Sungai Acil: Sungai Acil terletak di Riau dan menawarkan pengalaman refreshing dengan biaya masuk yang terjangkau, yaitu 0 rupiah. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.
    5. Wisata Kampung Kerbau Situbondo: Wisata Kampung Kerbau terletak di Desa Tanjung Pecinan, Mangaran, Situbondo, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pengalaman refreshing dengan biaya masuk yang terjangkau, yaitu 0 rupiah. Pengunjung dapat melihat kerbau-kerbau yang hidup bebas di lahan terbuka dan menikmati pemandangan alam yang indah.

  3. Zeldania Marsellia

    Blog ini memberikan informasi tentang 5 tempat menarik yang dapat dikunjungi di Likupang, Sulawesi Utara dan memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang tempat-tempat tersebut, seperti lokasi, fasilitas, dan aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Selain itu, blog ini juga dilengkapi dengan beberapa foto yang memperlihatkan keindahan alam di Likupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.