Local Experiences

3 Produk Cokelat Lokal Paling Berkualitas

cokelat lokal,

Memberi hadiah akan menambah rasa sayang. Apalagi isinya berupa cokelat lokal Indonesia. Tak perlu menunggu hari spesial, Kawanjo bisa memberikannya di sepanjang waktu yang ada. Akan jadi momen sweet dan membahagiakan bagi Si Penerima. Hingga pastinya gelombang rasa senang akan terpantul pada sang pemberi pula.

Memprioritaskan Produk Lokal Indonesia 

Memprioritaskan Produk Lokal Indonesia 
Memprioritaskan Produk Lokal Indonesia

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri sana atau membeli dan menjadikan produk bangsa lain sebagai sumber kebahagiaan. Cokelat lokal Indonesia ada banyak dan beragam. Kawanjo tinggal memilih sesuai keinginan.

Membeli produk lokal bangsa banyak manfaatnya. Seperti produk kuliner seperti cokelat ataupun barang lainnya. Dengan memprioritaskan pembelian produk lokal, Kawanjo dapat memberikan kontribusi positif pada ekonomi, lingkungan, dan masyarakat sekitar. Tentunya sambil menikmati manfaat dari produk berkualitas dan beragam.

Memilih produk cokelat lokal Indonesia ataupun barang lainnya, memberi beberapa kelebihan. Di antaranya:

  1. Dukungan Ekonomi Lokal
    Membeli produk lokal membantu mendukung perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja daerah. Dengan membeli produk lokal, Kawanjo dapat berpartisipasi dalam program kemitraan dan memberikan dampak positif pada masyarakat setempat. Termasuk pula bila mendukung produk lokal, dapat membantu dalam membangun ketahanan pangan dan keberlanjutan. Terutama dalam situasi krisis atau pasokan global yang terganggu.
  2. Pengurangan Jejak Karbon
    Produk lokal cenderung memiliki jejak karbon yang lebih rendah karena perjalanan pengirimannya lebih pendek. Hal ini merupakan berkontribusi pada perlindungan lingkungan. Di sisi lain, Kawanjo cenderung mendapatkan produk yang lebih segar dan berkualitas karena seringkali dibuat dengan bahan baku lokal yang lebih mudah dipantau dan dikontrol.
  3. Keanekaragaman Produk
    Produk lokal sering mencerminkan budaya dan kekayaan alam suatu daerah. Ini dapat memberikan beragam pilihan produk yang unik dan khas. Dengan membeli produk lokal, identitas dan rasa kebanggaan terhadap daerah atau negara dapat diperkuat. Tambahannya, dengan mempercayakan pada produsen lokal, Kawanjo akan mendapatkan pelayanan yang lebih responsif. Terhadap kebutuhan dan keinginan sehingga memungkinkan Kawanjo bisa mendapatkan produk yang lebih sesuai dengan preferensi.

Baca juga: 5 Khasiat Buah Senna untuk Tubuh Tetap Fit dan Anti Sembelit

Manfaat Mengkonsumi Cokelat Lokal Indonesia

Tidak main-main, cokelat Indonesia adalah produk yang istimewa. Seperti diketahui, negara kita adalah salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Kakao ditanam di berbagai daerah, seperti Sulawesi, Sumatra, Jawa, dan Papua.

Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi besar dalam industri cokelat. Beberapa produsen cokelat Indonesia telah berhasil menghasilkan produk berkualitas dunia dan mendapatkan pengakuan internasional. Termasuk beberapa produk cokelat yang menggunakan biji kakao Indonesia dengan rasa yang unik. Yang tergantung pada wilayah tempat kakao tersebut ditanam. Misalnya, kakao dari Sulawesi dikenal dengan rasa buah yang kaya.

Adapun mengkonsumi cokelat itu sendiri ternyata membawa manfaat bagi kesehatan. Cokelat mengandung gula yang dapat memberikan energi cepat, baik sebelum atau setelah aktivitas fisik. Cokelat juga kaya antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Selanjutnya, mengkonsumsi cokelat  sama dengan memberikan  magnesium ke dalam tubuh. Zat ini penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot. Cokelat juga menjadi sumber serat yang dapat membantu kinerja organ pencernaan.

Nah, yang terakhir adalah yang menjadi alasan untuk menjadikan cokelat sebagai hadiah, yakni kenyataan bahwa cokelat dapat merangsang pelepasan endorfin dalam otak, sehingga bisa meningkatkan mood. Cokelat juga sering dianggap sebagai makanan penghilang stres. Karena dipercaya membantu meredakan kecemasan dan memberikan perasaan relaksasi.

Baca juga: 7 Manfaat Anggur Hijau Shine Muscat, Buah Nikmat Kaya Manfaat

Cokelat Lokal Indonesia

Cokelat Lokal Indonesia
Cokelat Lokal Indonesia

Dengan alasan-alasan di atas, cokelat produksi dalam negeri bisa jadi salah satu hadiah yang populer dan prestisius. Cocok untuk mewakili beragam apresiasi positif pada orang lain. Ada beberapa rekomendasi cokelat lokal khas Indonesia yang bisa Kawanjo pilih. Yaitu:

  1. Junglegold Bali
    Junglegold Bali Cokelat Lokal Indonesia
    Junglegold Bali Cokelat Lokal Indonesia

    Sebelum akhirnya re-branding, jenama cokelat khas Bali ini adalah Podchocolate. Sebuah hasil karya seniman lokal Bali yang memadukan harmoni tradisional dan modern. Dilengkapi dengan kertas foil keemasan sebagai pelindung kesegaran dan cita rasa setiap batang cokelat, kemasan Junglegold sangat menarik. Kawanjo tak perlu berpikir lebih dalam untuk mewujudkan hadiah nan cantik.

    As you know,  Junglegold merupakan produsen cokelat pertama di dunia yang berbahan baku fully plant-based atau sepenuhnya nabati. Kakao yang diambil dari perkebunan langsung diolah tanpa susu hewani sehingga menjadi produk vegan premium. Adapun jenis yang dimiliki adalah cokelat dalam bentuk serbuk, batang, hingga olahan seperti biskuit dan selai.

  2. Chocodot
    Chocodot Cokelat Lokal Indonesia
    Chocodot Cokelat Lokal Indonesia

    Kombinasi menarik hadir dalam chocodot. Dua produk kuliner  Nusantara yakni cokelat dan dodol Garut bersatu menjadi sebuah hadiah manis untuk orang tersayang. Ada sejak 2009,  produk cokelat unik khas Garut ini memiliki lebih dari 300 varian cokelat.

    Selain citarasa yang anti mainstream, keunikan produk ini juga terletak pada kemasannya, yakni bertuliskan kata-kata hingga gambar-gambar khas wayang. Seperti pada salah satu variannya, ‘Chocodot Up Date Series’. Pada bungkus luarnya terdapat frase  menggelitik seperti Chocodot Anti Galau, Obat Stres,Rasa Sayang, Enteng Jodoh, hingga Tolak Miskin.

  3. Pipiltin Cocoa
    Pipiltin Cocoa Cokelat Lokal Indonesia
    Pipiltin Cocoa Cokelat Lokal Indonesia

    Satu lagi brand lokal cokelat yang bisa Kawanjo gunakan untuk persembahan bagi orang kesayangan. Apalagi produk Pipiltin Cocoa ini beragam dan selalu up to date. Belum lagi kemasannya yang eksklusif dan Indonesia banget.

    Dengan menggunakan biji kakao berkualitas dunia dari tiga daerah di Indonesia, Pipiltin Cocoa memiliki beberapa varian, yaitu cokelat batang, biskuit, crack chocolate, minuman hangat dalam kemasan,  soft ice cream dan lainnya. Varian rasanya pun unik, seperti cokelat dengan rasa kentang, rasa garam laut, rasa jeruk, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Serbu! One Day Trip Suspension Bridge Situ Gunung Cuma 300 Ribu

Adapun produk cokelat dari Pipiltin Cocoa terbuat dari hasil panen kokoa dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Banyuwangi, Pidie Jaya, dan Bali. Hal ini menyebabkan rasa dan karakternya berbeda-beda sesuai kondisi asal daerahnya. Seperti Chocolate Bar Bali 70%, Chocolate Bar Aceh 73%, dan Chocolate Bar East Java 65%.

Produk cokelat lokal Indonesia menawarkan beragam rasa dan pengalaman. Alih-alih membeli barang luar negeri, akan lebih bijak bila Kawanjo mengunggulkan kekayaan negeri sendiri. Momen makan cokelat atau memberikan sebagai hadiah untuk orang terkasih akan jadi lebih istimewa. So sweet!

0 comments on “3 Produk Cokelat Lokal Paling Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.