Pantai Turki Kalimantan Selatan
Local Experiences

Pantai Turki Kalimantan Selatan Naik Daun Karena Pesonanya

Pantai Turki Kalimantan Selatan menawarkan keindahan alam yang eksotik dan menjadi destinasi favorit para wisatawan. Cek lebih detail yuk!

Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Sebab itulah masyarakatnya mengeksplorasi pesona wisata pantainya yang menakjubkan. Salah satunya adalah sebuah tempat wisata yang sedang naik daun. Yaitu  Pantai Turki Kalimantan Selatan. 

Alamat Pantai Turki Kalimantan Selatan

Alamat Pantai Turki Kalimantan Selatan
Alamat Pantai Turki Kalimantan Selatan

Nama pantai ini tidak menunjukkan letaknya yang berada di negara Turki, Timur Tengah ya! Namun nama Turki merupakan singkatan dari Tungkaran Kiri. Sebuah desa di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Pantai Turki menawarkan keindahan alam yang eksotik dan merupakan destinasi favorit para wisatawan yang ingin menikmati liburan di pinggir laut. Pantai Turki Kalimantan Selatan tepatnya berada di Desa Muara Satu, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Baca Juga : Anti Galau, 4 Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Guna tiba di tempat wisata hits di Tanah Laut ini, bisa menggunakan kendaraan dari Kota Pelaihari ke arah Kecamatan Jorong sekitar 45 kilometer. Dari Jorong, ambil arah lurus sampai tiba di pom bensin. Lalu belok kanan, terus lurus sampai menemukan gerbang dengan tulisan “Pantai Turki”. Lewati gerbang di jalur kiri, terus saja mengikuti jalan. 

Bila berangkat dari ibukota Kalimantan Selatan, maka jarak Banjarmasin ke adalah 113 km. Dengan waktu tempuh hampir 2 jam 30 menit. Dari Banjarmasin, arahkan kendaraan menuju Jalan Ahmad Yani. Kemudian masuk ke arah Pantai Swarangan. Setelah itu menuju ke Pos Satpolair Tanah Laut. Berjalanlah lurus saja sampai menemukan gapura Desa Tungkaran. Kemudian jalan utama ke Pantai Turki.

Daya Tarik Pantai Turki Kalimantan Selatan 

Daya Tarik Pantai Turki Kalimantan Selatan 
Daya Tarik Pantai Turki Kalimantan Selatan 

Pantai Turki Jorong menawarkan keindahan alam yang eksotik. Pasir pantainya yang putih dan lembut, ombaknya yang tenang, dan pemandangan lautnya sangat menakjubkan. Pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai atau menikmati keindahan alam bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, Pantai Turki Jorong Kalsel juga menawarkan beberapa daya tarik menarik lainnya. Seperti pemandangan langit malam yang indah, terutama pada saat bulan purnama. Terdapat pula tempat rindang di pinggiran. Berbatasan dengan laut biru, pasir putih, dan pepohonan hijau. Bila diamati dari atas, gradasi warna yang tercipta sangat menarik hati.

Baca Juga : Fakta Menarik Festival Babukung 2022 di Kalimantan Tengah

Kegiatan Menarik di Pantai Turki Kalimantan Selatan

Kegiatan Menarik di Pantai Turki Kalimantan Selatan
Kegiatan Menarik di Pantai Turki Kalimantan Selatan

Dengan keindahannya, Pantai Turki berhasil menarik minat banyak pengunjung. Di lokasi ini banyak yang melakukan kegiatan wisata berupa:

  1.  Bermain air

Laut nan jernih berwarna biru seolah mengajak sesiapa yang datang untuk segera berbasah-basah. Beruntung ombak di Pantai Turki Kalimantan Selatan tidaklah keras. Sehingga aman untuk berendam atau berenang tipis-tipis. 

Pengelola menyediakan ban atau perahu karet kecil. Sehingga bisa disewa untuk bermain air yang lebih seru. Tetap jaga kebersihan serta keamanan diri sendiri, ya!

  1. Bersantai 

Dengan bibir pantai yang lumayan luas, pengunjung bisa menikmati keindahan lautan lepas. Apalagi terdapat pohon-pohon yang teduh. Tanpa khawatir kepanasan, pengunjung bisa berpiknik di bawah pohon. Beberapa pengunjung bahkan membawa hammock untuk dipasang di sini. Jadilah bersantai sangat cocok dilakukan di Pantai Turki Kalimantan Selatan. 

  1. Berfoto

Pastilah pemandangan khas pantai jadi prioritas di Pantai Tungkaran Kiri (Turki). Bergaya dengan pose terbaik lalu abadikan momen di tempat yang indah ini.

Atau bisa juga berfoto di rumah pohon yang ada. Pengelola memang sengaja membuat spot menarik ini di beberapa pohon di pinggir pantai. Dengan latar belakang pemandangan laut, potret eksotik akan tercipta dengan apik.

  1. Menginap

Terdapat beberapa penginapan di Pantai Turki. Hal ini membuat pengunjung bisa lebih lama merasakan kedamaian suasana pantai. Tak ketinggalan menikmati momen matahari terbit dan tak khawatir kelamaan menyaksikan matahari terbenam. Dengan harga yang terjangkau, silakan pilih penginapan sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Trip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Turki Kalimantan Selatan 

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Turki Kalimantan Selatan 
Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Turki Kalimantan Selatan 

Pantai Turki buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang untuk pengunjung lokal dan Rp 15.000 untuk pengunjung asing.

Fasilitas Pantai Turki Kalimantan Selatan 
Fasilitas Pantai Turki Kalimantan Selatan 
Fasilitas Pantai Turki Kalimantan Selatan 

Pantai Turki dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman selama berada di sana. Di sepanjang pantai, terdapat beberapa tempat untuk duduk bersantai dan menikmati pemandangan. Kita juga bisa menyewa payung pantai dan tikar untuk bersantai di bawah naungan pohon kelapa.

Untuk pengunjung yang ingin berwisata kuliner, terdapat beberapa warung makan yang menyediakan hidangan laut dan makanan tradisional Kalimantan Selatan. Fasilitas toilet dan kamar mandi juga tersedia di sekitar area pantai. 

Pantai Turki Kalimantan Selatan tergolong destinasi wisata baru. Namun pesonanya sudah membius banyak orang untuk berwisata di sini. Pemandangan laut biru dan pasir putih yang membentang, dilengkapi dengan deretan pepohonan hijau nan rindang. Sungguh panorama yang menenangkan. Belum lagi bila melakukan banyak hal menarik di pantai ini. Liburan Kawanjo akan jadi makin mengesankan! 

4 comments on “Pantai Turki Kalimantan Selatan Naik Daun Karena Pesonanya

  1. Mega cake Marabahan

    semoga para pengunjung yang datang berwisata tetap menjaga keindahan dan kebersihan pantai indah ini

  2. Amazing and wonderful, siap jalan jalan ke pantai Turki, thnk by by

  3. hi kaka semuanya.. mau minta tolong.. apakah ada CP yg bisa di share utk ke Pantai Turki ini??? rencana ada acara kantor mau kesini..

  4. Marisa Mediana

    Bener bener kebantu banget dengan adanya blog ini, karna blog ini udh menyediakan banyak informasi tentang Pantai Turki Kalimantan Selatan, mulai dari alamat, Jam buka dan tiket masuk, selain itu tersedia info tentang fasilitas, daya tarik, kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Turki. Jadi kita udh ga kebingungan lagi jika ingin berwisata ke Pantai Turki ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.